10 Masjid Terbesar di Dunia, Nomor 4 Ada di Indonesia

10 Masjid Terbesar di Dunia, Nomor 4 Ada di Indonesia

Berita Utama | sindonews | Kamis, 9 Mei 2024 - 06:10
share

JAKARTA - Masjid dibangun sebagai tempat ibadah orang Muslim sejak pertama kali dibuat pada zaman Rasullulah SAW. Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga dapat menjadi tempat wisata religi dengan menawarkan keindahan arsitekturnya dan sejarah di balik dibangunnya masjid tersebut.

Saat ini, konstruksi masjid terus berkembang di seluruh dunia mulai dari berbagai ukuran, seni, hingga desain arsitektur yang unik. Bangunan masjid yang nyaman dan megah menjadi ketertarikan suatu negara dengan keindahannya. Lantas dimana saja letak 10 masjid terbesar di dunia? Simak daftar berikut.

10 Masjid Terbesar di Dunia

1. Masjidilharam

Masjidilharam terletak di pusat Kota Makkah, Arab Saudi dan menjadi masjid terbesar di dunia dengan kapasitasnya yang mencapai 2 juta orang untuk beribadah. Masjid ini dibangun di sekitar Kabah dan menjadi tempat yang sangat suci bagi umat Islam dengan luas masjid sekitar 357 ribu meter persegi. Saat ini Masjidil Haram terus mengekspansi luas masjid agar dapat menampung lebih banyak umat Islam untuk beribadah.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi menjadi masjid terbesar kedua di dunia yang terletak di kota Madinah, Arab Saudi. Luasnya mencapai 400 ribu meter persegi dengan kapasitasnya yang dapat menampung 600 ribu hingga 1 juta orang. Makam Rasulullah SAW sendiri terletak di bawah kubah hijau yang ada di dalam masjid Nabawi.

3. Masjid Faisal

Masjid Faisal terletak di kota Islamabad, Pakistan dan menjadi masjid terbesar ketiga di dunia. Bangunan masjid Faisal yang unik terinspirasi dari tenda Suku Badui dan menjadi daya tarik wisata di Pakistan. Masjid Faisal memiliki luas 5 ribu meter persegi dengan kapasitas mencapai 300 ribu orang.

4. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal menduduki urutan keempat masjid terbesar di dunia yang terletak di Jakarta Pusat, Indonesia. Masjid yang terdiri dari lima lantai ini pertama kali dibangun pada tahun 1961 dengan luas 10 hektar dan dapat menampung sekitar 120 ribu orang.

5. Masjid Hassan II

Masjid Hassan II terletak di kota Casablanca, Maroko dengan keindahannya yang dikenal menakjubkan, yakni dibangun menghadap Samudra Atlantik sehingga dapat terlihat pemandangan laut yang indah. Masjid Hassan II memiliki luas 9 hektar dengan kapasitas mencapai 105 ribu orang.

6. Imam Reza Mausoleum

Masjid Imam Reza yang terletak di Iran ini menjadi masjid terbesar keenam di dunia dengan luas sekitar 331 meter persegi dan kapasitas tampung 100 ribu orang. Masjid ini dinamai setelah seorang imam besar, yaitu Imam Reza yang juga dimakamkan di masjid ini. Selain menjadi tempat beribadah, masjid Imam Reza juga menjadi daya tarik wisata Iran dengan menyediakan perpustakaan dan museum.

7. Masjid Badshahi

Masjid Badshahi menempati posisi ketujuh masjid terbesar di dunia. Terletak di Lahore, Pakistan, masjid ini memiliki kapasitas mencapai 60 ribu orang di dalamnya. Masjid Badshahi dibangun pertama kali pada tahun 1671 saat kekuasaan Dinasti Mughal Agung.

8. Masjid Al-Saleh

Masjid Al-Saleh terletak di kota Sanaa, Yaman dan menjadi masjid terbesar kedelapan di dunia. Masjid Al-Saleh memiliki kapasitas mencapai 44 ribu orang. Masjid dengan gaya arsitektur yang indah ini juga memiliki perpustakaan dan kelas pendidikan untuk belajar.

9. Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dan menempati urutan kesembilan masjid terbesar di dunia. Kapasitas tampungnya mencapai 40 ribu orang dengan luas mencapai 22 ribu meter persegi. Masjid ini terkenal dengan keindahannya yang megah dan desain interiornya yang menakjubkan, termasuk lampung gantung terbesar dan termewah di dunia yang ada di dalam masjid Sheikh Zayed.

10. Masjid Jami

Masjid Katedral Delhi atau dikenal juga dengan nama masjid Jami terletak di India dan menduduki posisi kesepuluh masjid terbesar di dunia. Masjid ini memiliki kapasitas sampung mencapai 25 ribu orang. Pembangunan masjid Jami pertama kali dimulai pada masa pemerintahan Shah Jahan I dari Kerajaan Mughal dan rampung pada 1656.

MG/ Kayla Nathaniel Bilbina

Topik Menarik