4 Alasan Jerman Tarik Dubesnya dari Rusia

4 Alasan Jerman Tarik Dubesnya dari Rusia

Global | sindonews | Rabu, 8 Mei 2024 - 21:21
share

Jerman telah mengatakan pihaknya menarik kembali duta besarnya untuk Rusia untuk konsultasi selama seminggu di Berlin. Itu menyusul dugaan serangan peretas terhadap partai Kanselir Olaf Scholz. Itu memicu ketegangan kedua negara.

Penarikan duta besar tersebut merupakan salah satu klimaks dalam hubungan Jerman dan Rusia. Padahal, banyak isu lain yang melingkupi ketakutan Jerman terhadap Rusia.

4 Alasan Jerman Tarik Dubesnya dari Rusia

1. Serangan Siber yang Dilakukan Rusia

Foto/AP

Jerman pekan lalu menuduh agen militer Rusia meretas eselon teratas partai Sosial Demokrat pimpinan Scholz dan target sensitif pemerintah serta industri lainnya. Berlin bergabung dengan NATO dan negara-negara Eropa lainnya dalam memperingatkan bahwa spionase dunia maya Rusia akan mempunyai konsekuensi.

Kementerian Luar Negeri di Berlin mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintah menanggapi insiden terbaru ini dengan serius dan Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock telah memutuskan untuk memanggil kembali Duta Besar Jerman Alexander Lambsdorff. Dia akan kembali ke Moskow setelah seminggu, katanya.

Pemerintah Jerman menganggap peristiwa ini dengan sangat serius sebagai tindakan yang menentang demokrasi liberal dan lembaga-lembaga yang mendukungnya, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman Kathrin Deschauer.

Baerbock mengatakan pekan lalu bahwa operator siber militer Rusia berada di balik peretasan email Partai Sosial Demokrat, partai terkemuka dalam koalisi pemerintahan. Para pejabat mengatakan para peretas telah mengeksploitasi Microsoft Outlook.

Kementerian Dalam Negeri Jermanmengatakan dalam sebuah pernyataanpekan lalu bahwa kampanye peretasan dimulai pada bulan Maret 2022, sebulan setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, dan email di markas besar Partai Sosial Demokrat dapat diakses mulai bulan Desember tersebut. Dikatakan perusahaan-perusahaan Jerman, termasuk di sektor pertahanan dan kedirgantaraan, serta target yang terkait dengan perang di Ukraina menjadi fokus serangan peretasan.

Pernyataan itu mengatakan upaya internasional yang dipimpin oleh FBI pada akhir Januari menutup botnet perangkat jaringan yang disusupi yang digunakan oleh peretas Rusia yang dikenal sebagai APT28 atau Fancy Bear. Kelompok ini memiliki sejarah perilaku jahat dan mengganggu stabilitas, menurut Departemen Luar Negeri AS.

Para pejabat Jerman mengatakan serangan-serangan itu berlangsung selama berbulan-bulan.

Hubungan antara Rusia dan Jerman tegang sejak serangan Moskow terhadap Ukraina. AS, Jerman, dan banyak negara Eropa lainnya telah memberikan dukungan militer kepada Ukraina dalam perang yang sedang berlangsung.

Di Kopenhagen, Perdana Menteri Finlandia Petteri Orpo mengatakan bahwa sebagian orang Eropa masih berpikir bahwa perang hanya terjadi di Ukraina, namun saat ini kita melihat semakin banyak agresivitas dari Rusia.

Kita mungkin akan melihat serangan hibrida di berbagai wilayah. Ini bisa menjadi infrastruktur yang penting, tambahnya setelah pertemuan dengan timpalannya dari Denmark, Mette Frederiksen. Apa yang dilakukan dan direncanakan Rusia tidak dapat diterima. Rusia siap menggunakan segala cara untuk merugikan masyarakat kita.

3. Misil Taurus

Foto/AP

Jerman menolak klaim Moskow bahwa mereka merencanakan serangan terhadap wilayah Rusia, dan menyebutnya sebagai propaganda yang tidak masuk akal.

Melansir Financial Times, Rusia membuat klaim tersebut setelah media yang dikontrol Kremlin menerbitkan rekaman yang menunjukkan personel senior angkatan udara Jerman membahas bagaimana rudal jarak jauh Taurus dapat digunakan oleh Kyiv untuk melawan pasukan Rusia.

Wolfgang Bchner, wakil juru bicara pemerintah, mengatakan: Klaim bahwa percakapan tersebut membuktikan Jerman sedang mempersiapkan perang melawan Rusia [adalah] propaganda Rusia yang tidak masuk akal dan terkenal.

Penyadapan tersebut telah menyebabkan badai politik di Jerman, meningkatkan kekhawatiran mendalam mengenai keamanan komunikasi pemerintah.

Hal ini juga memicu kembali perselisihan mengenai apakah Berlin harus memberikan Taurus ke Kyiv, yang telah mengalami serangkaian kemunduran di medan perang dalam beberapa bulan terakhir di tengah kekurangan senjata dari Barat dan terhentinya bantuan AS.

Kanselir Olaf Scholz telah mengesampingkan pengiriman Taurus karena khawatir hal itu akan menyebabkan Jerman terlibat langsung dalam perang tersebut.

Dia mengatakan akhir bulan lalu bahwa penggelaran rudal di Ukraina akan memerlukan serangan darat Jerman, dan tentara Jerman perlu memprogramnya.

Inggris dan Perancis telah memasok rudal jarak jauh mereka masing-masing ke Kyiv, Storm Shadow dan Scalp.

Tapi Taurus memiliki jangkauan dan kecanggihan yang lebih besar dan akan mampu mencapai Moskow sambil menghindari sebagian besar pertahanan anti-pesawat Rusia.

Juru bicara Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan kepada wartawan bahwa Inggris akan terus bekerja sama dengan Jerman untuk mendukung Ukraina.

Namun dia menambahkan bahwa Inggris adalah negara pertama yang menyediakan rudal serangan presisi jarak jauh ke Ukraina dan kami akan mendorong sekutu kami untuk melakukan hal yang sama. Kementerian Pertahanan Inggris tidak memberikan komentar tambahan.

John Foreman, mantan atase pertahanan Inggris untuk Moskow, mengatakan keengganan Scholz mengirim rudal Taurus ke Kyiv adalah contoh lain bagaimana kanselir Jerman mengikuti, bukan memimpin ketika menyangkut perang di Ukraina.

Kombinasi dari kehati-hatian politik, keragu-raguan, dan sikap Jerman yang berpuas diri telah membawa kita ke kondisi saat ini, kata Foreman.

4. Ketakutan Jerman terhadap Rusia

Sebuah rencana rahasia pemerintah Jerman yang mempersiapkan potensi agresi Rusia terhadap NATO telah bocor, mengungkapkan bahwa Kementerian Pertahanan Jerman bersiap menghadapi kemungkinan perang besar-besaran di Eropa dalam waktu dekat.

Menurut surat kabar Jerman Bild, yang telah melihat rencana tersebut, skenario latihan yang dibuat oleh pemerintah Jerman memperkirakan akan ada penambahan pasukan Rusia di Belarus dan eksklave Kaliningrad, wilayah paling barat Rusia, sehingga memberikan tekanan pada perbatasan Polandia. .

Menanggapi meningkatnya ancaman ini, rencana tersebut memperkirakan bahwa NATO akan mengerahkan pasukannya ke Eropa Timur, sehingga meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Apa yang mungkin terjadi selanjutnya sulit untuk diprediksi, namun pemerintah Jerman telah memberikan gambaran tentang kemungkinan eskalasi konflik, dimana Rusia sekali lagi menggunakan Belarus sebagai landasan peluncuran militer.

Topik Menarik