Memori, Fitur Baru ChatGPT yang Perlu Dijajal

Memori, Fitur Baru ChatGPT yang Perlu Dijajal

Terkini | sindonews | Rabu, 8 Mei 2024 - 19:05
share

Para pengguna setia layanan ChatGPT Plus bakal dimanjakan dengan peningkatan kemampuan (Artificial Intelligent/AI) untuk mengingat detail pengguna.

Fitur memori eksperimental OpenAI dalam chatbot-nya memberikan pengalaman yang lebih canggih melalui personalisasi bot. Kemampuan fitur ini sanggup melakukan percakapan secara lebih lancar dan nyata.

WIRED melansir, Rabu (8/5/2024) OpenAI baru saja meluncurkan fitur baru untuk pelanggan ChatGPT Plus yang disebut Memori. Bentukannya berupa chatbot AI penyimpan detail pribadi dalam percakapan. Semuanya mengacu pada informasi dan selama obrolan berikutnya. Fitur Memori ChatGPT hanya tersedia untuk sekelompok kecil pengguna untuk diuji hingga akhir April 2024.

Fitur tersebut sayangnya belum tersedia secara masif dan diharapkan akan tersedia untuk pelanggan korporasi dan Tim OpenAI. Fitur ini tersedia terlebih dahulu untuk pelanggan Plus. Namun, pelanggan di Eropa atau Korea saat ini tidak dapat menggunakan Memori ChatGPT. Itu juga belum terintegrasi dengan GPT Store.

Baca Juga: OpenAI Akan Bertransformasi Jadi Toko Kelontong Digital

WIRED menerima akses awal ke fitur ini dari OpenAI dan telah melakukan percobaan selama beberapa waktu terhadap fitur baru ini, berikut ulasannya:

Cara Menavigasi Fitur Memori ChatGPT

Saat Memori ChatGPT masuk ke akun berbayar, terdapat pemberitahuan pop-up yang menjelaskan alat baru ini dan cara menggunakannya untuk mengingat detail tertentu di seluruh percakapan. Perlu dicatat Memori diaktifkan secara otomatis. Pengguna dapat dengan mudah memilih untuk tidak ikut serta dengan membuka Pengaturan, lalu Personalisasi, lalu mengalihkan opsi Memori dengan menggerakkan penggeser ke kiri.

Menambahkan fakta tentang diri pengguna ke Memori ChatGPT sangatlah mudah. Cukup melakukan chat dengan bot. Saat menggunakan perangkat lunak OpenAI, ChatGPT mengumpulkan wawasan pribadi dari percakapan, seperti nama dan tempat tinggal, serta lebih banyak pengamatan khusus, seperti film favorit dan makanan yang paling tidak disukai. Setiap kali beberapa informasi ditambahkan oleh chatbot, mungkin terdapat pemberitahuan Memori diperbarui. Ketuk notifikasi untuk memeriksa apa yang disertakan.

Meskipun chatbot secara pasif mengumpulkan data ini, pengguna juga dapat mencoba pendekatan langsung. Mulai perintah dengan “Harap diingat bahwa…” atau gunakan bahasa serupa untuk menambahkan informasi yang ingin pengguna masukkan ke Memori ChatGPT.

Menghapus kenangan dari ChatGPT juga sama mudahnya. Untuk melihat semua hal yang diingat bot secara aktif, klik nama pengguna. Buka Pengaturan dan Personalisasi, lalu ketuk tombol Kelola di bagian bawah layar. Selanjutnya, pilih ikon tempat sampah di sebelah memori manapun yang ingin pengguna hapus. Pengguna juga dapat beralih ke nuklir dengan memilih Hapus Memori ChatGPT, yang memungkinkan pengguna memulai dari awal lagi.

Jika sudah memahami apa yang diingat bot, pengguna dapat meminta agar hal-hal tertentu dihapus atau disesuaikan melalui percakapan dengan AI. Minta ChatGPT untuk mengubah apa yang disimpan di Memori dengan perintah seperti “lupakan semua yang diingat dari obrolan ini” atau “sesuaikan kota saya saat ini dari San Francisco ke Sacramento.”

Baca Juga: Pengguna Terus Anjlok, OpenAI Kenalkan ChatGPT untuk Android

Saran untuk Berinteraksi dengan Memori ChatGPT

Reaksi pertama terhadap fitur baru ini, yaitu kekhawatiran atas OpenAI yang menyimpan informasi pribadi tentang pengguna dan berpotensi menggunakan detail pribadi untuk meningkatkan model AI di masa depan. FAQ OpenAI untuk fitur tersebut bahkan berbunyi, “Kenangan dapat digunakan untuk melatih model kami tergantung pada pilihan dan rencana Anda.”

Ingin menghindari fitur Memori untuk beberapa obrolan tetapi tidak mematikannya sama sekali? OpenAI juga sedang menguji alat obrolan sementara. Jika tersedia di akun pengguna, aktifkan dengan membuka menu model AI, berlabel ChatGPT 3.5 atau ChatGPT 4, dan pilih opsi Obrolan sementara . Percakapan ini akan tetap disimpan hingga satu bulan oleh OpenAI, namun tidak akan disertakan dalam pelatihan model, Memori bot, atau riwayat obrolan.

Apakah bisa berbagi akun ChatGPT Plus berbayar dengan teman atau anggota keluarga? Maka mungkin yang terbaik dengan mematikan opsi Memori. Melalui Memori yang diaktifkan, chatbot mungkin memadukan semua detail dari berbagai interaksi menjadi satu pemahaman gabungan tentang siapa penggunanya.

OpenAI akan terus bereksperimen dengan ChatGPT dan tidak boleh mengingatnya, namun topik tertentu sudah dilarang. Misalnya, tidak dapat meminta chatbot untuk mengingat nomor Jaminan Sosial atau kata sandi.

Salah satu masalah utama dalam memanfaatkan chatbot untuk produktivitas, yaitu kurangnya retensi otomatis. Harus mengingatkan ChatGPT tentang detail penting berulang kali menjadi hal yang menyebalkan, dan hanya pengguna tingkat lanjut yang cenderung masuk dan mengubah instruksi khusus secara manual.

Perusahaan chatbot kemungkinan akan melanjutkan tren personalisasi ini dengan menawarkan fitur tambahan yang menyesuaikan keluaran berdasarkan apa yang diketahui perangkat lunak tentang pengguna. Untuk saat ini, penggunalah yang dapat meningkatkan kemampuan AI dengan berpartisipasi dalam beberapa percakapan menggunakan alat tersebut. Di masa depan, chatbot mungkin akan membalasnya dan menjadi lebih baik dalam memberikan jawaban yang memuaskan dan kaya konteks terhadap pertanyaan.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Topik Menarik