Profil Sekte Seks David Berg dan Anak-anak Tuhan, Kultus Sesat yang Didirikan Pengkhotbah

Profil Sekte Seks David Berg dan Anak-anak Tuhan, Kultus Sesat yang Didirikan Pengkhotbah

Global | sindonews | Rabu, 8 Mei 2024 - 15:01
share

Sekte Seks David Berg dan anak-anak Tuhan atau yang lebih dikenal The Children of God, sempat jadi salah satu sensasi besar yang berawal dari gerakan hippie Kristen sekitar 64 tahun yang lalu.

Sebelum kemunculan Sekte Seks David Berg, Amerika sempat dihebohkan dengan berbagai prediksi jika kiamat akan segera dekat.

Salah satunya berkaitan dengan Komet Kohoutek yang semakin dekat dan munculnya tuduhan bahwa orang Yahudi dan kulit hitam berkonspirasi untuk menghancurkan dunia.

Dari situlah David Berg muncul sembari mengenalkan ajaran sesat yang berkaitan dengan pelecehan seksual dan seks bebas.

Hal tersebut lantas membuatnya dikecam berbagai pihak di New York. Menurut Los Angeles Times, The Children of God mulai tak lagi terdengar pada pertengahan tahun 1970-an.

Profil Sekte Seks David Berg dan Anak-anak Tuhan

Sekte Seks David Berg dan Anak-anak Tuhan didirikan pada tahun 1960-an, dan kemudian menjadi terkenal karena memanfaatkan gerakan cinta bebas Amerika untuk mempromosikan hubungan yang tercela secara moral.

Dalam ajaran aliran sesat ini, Tuhan adalah cinta, dan cinta adalah seks. Sehingga para anggotanya diberitahu bahwa tidak masalah melakukan hubungan seks dengan anak-anak dan anggota keluarga mereka sendiri.

Pendiri sekte sesat yang bernama David Berg yang kala itu berusia 49 tahun, menafsirkan ulang agama Kristen dengan memperingatkan akan terjadinya kiamat.

Membuat hukum-hukum duniawi tidak penting bagi mereka karena sebentar lagi mereka akan menemui akhir dunia.

Berg sendiri merupakan pengkhotbah keliling, yang orang tuanya adalah penginjil, awalnya beroperasi di sebuah kedai kopi dekat Dermaga Pantai Huntington di mana ia mengkhotbahkan sebuah apokaliptik, anti-Pembentukan Injil.

Pada tahun 1969, ia dan sekitar 50 muridnya dibagi menjadi beberapa tim yang melintasi negara mengadakan peringatan hari kiamat yang menakutkan.

Ketika gerakan ini berkembang, ajaran Berg yang dituangkan dalam surat-surat yang bertele-tele dan mengandung kata-kata kotor kepada para pengikutnya menjadi semakin aneh.

Berg meramalkan Kohoutek akan menghancurkan Amerika, mengatakan kota berbentuk piramida berada di dalam bulan, dan mengaku dibimbing oleh roh Rasputin, Martin Luther, MacArthur dan Pied Piper.

Dilansir dari All Thats Interesting, Organisasi ini pernah memiliki anggota global sebanyak 25.000 orang dan dan hampir 15.000 di antaranya adalah anak-anak.

Seks adalah topik lain yang sering dibicarakan. “Tidak ada yang salah dengan seks selama dilakukan dalam cinta. . . tidak peduli dengan siapa (dengannya) atau umur berapa atau saudara apa atau sikap apa!” Berg menyatakan dalam surat tahun 1980 yang masih menghantui kelompok tersebut.

Tidak hanya itu, dia juga menyarankan agar orang tua melakukan masturbasi pada anak laki-laki mereka sebelum tidur dan menginstruksikan pengikut perempuan bagaimana memikat laki-laki ke dalam kelompok.

Beberapa hal tersebut hanya sebagian kecil saja dari ajaran yang disampaikan oleh Berg pada sektenya. Aktris Rose McGowan dan aktor Joaquin Phoenix menghabiskan sebagian masa kecil mereka di aliran sesat sebelum keluarga mereka pergi.

Baca juga: Serangan Israel ke Rafah Dapat Restu Amerika Serikat

Topik Menarik