Deretan Makanan Pemicu Sakit Perut, dari Tomat hingga Cokelat

Deretan Makanan Pemicu Sakit Perut, dari Tomat hingga Cokelat

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 6 Mei 2024 - 11:09
share

JAKARTA - Makanan yang memicu sakit perut perlu dihindari. Namun, banyak orang yang kurang memerhatikan masalah ini.

Untuk itu, perlu memerhatikan makanan yang harus dihindari saat sakit perut termasuk produk susu, alkohol dan makanan ultra-olahan. Dikutip uhhospitals, berikut makanan yang memicu sakit perut dan baiknya dihindari.

Baca Juga: Celana Dalam Bisa Jadi Penyebab Infeksi Vagina, Waspadai Motif Renda

Makanan yang Memicu Sakit Perut

Bagi banyak orang, makanan dan minuman tertentu terkenal dapat memicu ketidaknyamanan pencernaan, seperti mulas – atau refluks asam – masalah umum yang terjadi ketika asam lambung berlebih naik ke kerongkongan.

“Makanan bisa menjadi faktor yang memperburuk gejala, tapi itu tidak selalu menjadi satu-satunya alasan pasien mengalami gejala,” kata ahli gastroenterologi Rumah Sakit Universitas Fady Haddad, MD.

Secara umum, dibutuhkan waktu sekitar 24 hingga 72 jam agar makanan dapat melewati saluran pencernaan. Namun hal ini bisa sangat bervariasi, tergantung pada jenis makanan, metabolisme, masalah kesehatan yang mendasarinya, dan faktor lainnya.

Jika Anda makan sesuatu dan harus lari ke kamar mandi, kemungkinan penyebabnya adalah refleks gastro-kolik, yang menyebabkan keinginan untuk buang air besar setelah kita makan.

“Ini memberi ruang bagi lebih banyak makanan untuk datang, tapi yang keluar bukanlah apa yang baru saja kita makan,” kata Dr. Haddad.

Penyebab gangguan pencernaan (sakit perut) dan kembung yang semakin dikenal, yaitu sindrom iritasi usus besar (IBS), setidaknya dapat diatasi sebagian dengan perubahan pola makan.

Orang dengan IBS disarankan untuk mengikuti diet rendah FODMAP dan menghindari makanan yang menghasilkan gas, kata Dr. Haddad.

“Makanan praktis yang harus dihindari antara lain brokoli, kembang kol, kubis, kubis Brussel, kubis, kacang-kacangan, bawang bombay, seledri, aprikot, plum, wortel, kismis,” ujarnya.

Intoleransi MakananOrang-orang tertentu, terutama mereka yang memiliki intoleransi laktosa, disarankan untuk menghindari produk susu, sedangkan pasien dengan sensitivitas gluten atau penyakit celiac disarankan untuk menghindari gluten dalam makanannya.

Aktivitas fisik dan pengurangan stres juga akan membantu memperbaiki gejala gangguan pencernaan dan kembung.

Makanan pemicu sakit perut

Makanan pedas Jus Soda Buah sitrus Kafein (kopi dan teh) Tomat Cokelat Makanan yang digoreng dan berlemak Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin, ibuprofen, dan obat pereda nyeri lainnya. Alkohol

Baca Juga: Awas! Sering Begadang Bahaya untuk Kesehatan Hati

“Ini adalah makanan paling umum yang kami sarankan untuk dihindari oleh pasien. Kami memahami bahwa sulit bagi sebagian orang untuk sepenuhnya menghindari makanan tertentu,” kata Dr. Haddad.

“Itulah mengapa kami memiliki alternatif seperti meminum kopi tanpa kafein atau mengencerkan sedikit soda atau jus dengan air,” ujar dia lagi.

Topik Menarik