13 Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui, Bisa Turunkan Kolesterol

13 Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui, Bisa Turunkan Kolesterol

Berita Utama | sindonews | Senin, 6 Mei 2024 - 07:20
share

Kulit pisang menyimpan banyak manfaat dan kegunaan yang jarang diketahui banyak orang. Kulit buah dan sayur bahkan lebih sehat dibandingkan bagian intinya, dan salah satu contohnya adalah pisang.

Menurut para ahli, kulit pisang berkhasiat tinggi dan sarat manfaat. Kulit pisang bisa digoreng untuk dijadikan keripik, jika tidak, bisa dikonsumsi dalam smoothie, digoreng sebagai lauk, atau digunakan dalam kue.

Dianjurkan untuk mencuci kulit pisang secara menyeluruh sebelum memakannya karena permukaannya mungkin mengandung pestisida dan debu berbahaya. Berikut manfaat kulit pisang dan kegunaannya yang jarang diketahui dilansir dari Times of India, Minggu (5/5/2024).

Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

Baca Juga: Berapa Kalori dalam 1 Mangkuk Kolak Pisang? Cek Faktanya!

1. Mengurangi Risiko Kanker

Kulit pisang diketahui kaya akan polifenol, karotenoid, dan antioksidan lain yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Mengonsumsi lebih banyak kulit pisang dapat meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kemungkinan terkena kanker.

2. Mengurangi Depresi

Vitamin B6 dan kandungan triptofan yang tinggi pada pisang dapat membantu mengatasi beberapa gejala depresi dan gangguan mood lainnya.

3. Menurunkan Kolesterol

Kulit pisang memiliki serat larut dan tidak larut, yang menurunkan kolesterol dan mencegah kolesterol menempel pada dinding arteri. Ini membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

4. Baik untuk mata

Kulit pisang baik untuk mata dan mengurangi kemungkinan katarak. Menempatkannya di dekat mata dikatakan dapat membantu mengurangi bengkak. Selain itu, kulitnya membantu meringankan lingkaran hitam di bawah mata dan mengurangi munculnya garis-garis halus.

5. Meredakan Sembelit

Kulit pisang tinggi serat, yang membantu pergerakan usus secara teratur. Serat membantu pertumbuhan bakteri baik di usus, yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

6. Memutihkan Gigi

Menurut para ahli, menggosok kulit pisang setiap hari selama seminggu selama sekitar satu menit dapat membantu mendapatkan gigi bersih dan putih. Kaya akan potasium dan magnesium, dan ketika digosok, mineralnya diserap ke dalam email dan memutihkan gigi.

Baca Juga: Resep Kolak Pisang untuk Takjil Buka Puasa Ramadan, Mudah dan Simpel

7. Menyembuhkan Jerawat

Jika Anda merasa kesal dengan jerawat membandel, mulailah menggosokkan kulit pisang ke wajah Anda dan lihat perbedaannya dalam seminggu. Kulit pisang membantu mengurangi peradangan pada kulit, dan juga kaya akan fenolik yang mengandung antimikroba untuk mengobati jerawat.

8. Mengurangi Kerutan

Kaya akan antioksidan dan vitamin C, kulit pisang membantu mempertahankan elastisitas sehingga mengurangi munculnya kerutan.

9. Mengurangi Rasa Sakit

Menurut penelitian yang dilakukan pada 2011, kulit pisang kaya akan senyawa bioaktif, seperti karotenoid dan polifenol. Mereka juga kaya akan sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi nyeri tubuh.

10. Perlindungan Sinar UV

Kulit pisang kaya akan senyawa bioaktif seperti fenolik, flavonoid, tanin, karotenoid, dan alkaloid yang membantu mencegah radikal bebas dan juga melindungi kulit dari radiasi UV.

11. Membersihkan Peralatan Makan

Kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan peralatan makan dari perak, noda tinta, noda kulit, dan bahkan perabotan kayu.

12. Penangkal Nyamuk

Bagian dalam kulit pisang mengandung khasiat menenangkan yang dapat membantu meringankan rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk. Gosok bagian dalam kulitnya pada area yang terkena untuk meredakan nyeri.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Madu, Lebih Manis dan Renyah!

13. Pengusir Hama Tanaman

Menempatkan potongan kulit pisang di sekitar tanaman dapat membantu mengusir kutu daun dan hama lainnya. Bau yang kuat dari kulitnya bertindak sebagai pencegah alami, menjauhkan serangga dari tanaman yang rentan.

Topik Menarik