Awas! Sering Begadang Bahaya untuk Kesehatan Hati

Awas! Sering Begadang Bahaya untuk Kesehatan Hati

Berita Utama | sindonews | Senin, 6 Mei 2024 - 06:20
share

Begadang merupakan aktivitas yang dianggap tidak sehat. Ada banyak risiko kesehatan yang terjadi bila terlalu sering begadang.

Seseorang yang sering begadang biasanya memiliki banyak alasan mengapa mereka tidur larut malam. Mulai dari pekerjaan, menonton film, dan sebagainya.

Melansir laman Health, mereka yang sering begadang berisiko lebih besar terkena depresi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan dampak kesehatan negatif lain. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah kesehatan liver atau hati. Terlalu sering begadang juga akan memberi dampak buruk pada hati Anda.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat BadanHal ini diungkap oleh instruktur yoga Milanda Soenarto. Lewat akun TikToknya, @milanda228, ia menjelaskan bahwa tidur di atas jam 11 malam bisa berbahaya untuk hati.

“Usahakan jangan tidur lebih dari jam 11 malam, karena dari jam 11 malam hingga jam 1 pagi, organ liver atau hati kita lagi bertugas bersih-bersih,” ungkap Milanda.

Ia menjelaskan, liver memiliki 500 fungsi di mana salah satunya adalah detoxifikasi. Saat itu, hati akan melakukan bersih-bersih dan mengurangi racun pada tubuh. Bila tidur terlalu malam, maka hati tidak bisa melakukan perannya secara optimal sehingga dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

“Apa yang terjadi kalau kita memiliki kebiasaan tidur malam? Tentunya akan mengganggu sistem metabolisme kita,” tandasnya.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Kesehatan Tubuh di Tengah Cuaca SuperpanasMelansir laman Times of India, peneliti Yan Liu mengatakan, begadang bisa membuat seseorang semakin tinggi terkena risiko penyakit hati berlemak. Orang dengan waktu tidur malam yang buruk dan tidur siang yang berkepanjangan memiliki risiko tertinggi terkena penyakit hati berlemak ini.

“Studi kami menemukan peningkatan moderat dalam kualitas tidur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit hati berlemak sebesar 29 persen,” kata Liu.

Milanda pun mengimbau masyarakat untuk mengelola waktu tidur mereka dan mengurangi kebiasaan begadang demi kesehatan hati yang penting untuk tubuh.

“Jagalah hati kita ya, karena hati adalah silent killer,” pungkasnya.

Topik Menarik