Naik Tangga Tiap Hari Bisa Bikin Panjang Umur dan Lebih Sehat

Naik Tangga Tiap Hari Bisa Bikin Panjang Umur dan Lebih Sehat

Berita Utama | sindonews | Senin, 6 Mei 2024 - 05:05
share

Menurut penelitian terbaru yang dipresentasikan pada pertemuan Kardiologi Pencegahan Masyarakat Kardiologi Eropa, melakukan penyesuaian sederhana setiap hari dengan menaiki tangga bisa membantu panjang umur dan hidup lebih sehat.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Sophie Paddock dan timnya di University of East Anglia dan Norfolk dan Norwich University Hospital Foundation Trust, naik tangga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Menurut European Society of Cardiology, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian dini di seluruh dunia. Namun sebagian besar penyakit ini dapat dicegah melalui aktivitas fisik yang teratur.

Dilansir dari Times of India, Minggu (5/5/2024), sesuatu yang sederhana seperti menaiki tangga, yang sering diabaikan sebagai salah satu bentuk olahraga, dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sehat Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur

Dr Paddock dan timnya melakukan meta-analisis terhadap sembilan penelitian yang melibatkan lebih dari 480.000 peserta, baik individu sehat maupun mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung. Hasilnya sangat mengejutkan.

Di mana naik tangga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat sebab apa pun sebesar 24 persen. Hal ini dikaitkan dengan kemungkinan 39 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Menaiki tangga secara teratur juga mengurangi risiko kondisi kardiovaskular tertentu. Termasuk serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Manfaat menaiki tangga lebih dari sekadar kesehatan jantung. Bahkan aktivitas singkat, seperti menaiki tangga, dapat mengurangi risiko kematian dini secara signifikan.

Baca Juga: 5 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat hingga Usia Senja

Dr Paddock menekankan bahwa menambahkan menaiki tangga ke dalam rutinitas harian adalah tujuan yang dapat dicapai dan memberikan manfaat kesehatan yang besar. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan setidaknya 150 menit olahraga dengan intensitas sedang per minggu atau 75 menit aktivitas dengan intensitas kuat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, latihan ini sebaiknya dilakukan selama 4 hingga 5 hari, atau dilakukan setiap hari. Mengurangi perilaku menetap, seperti duduk atau berbaring dalam waktu lama, sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Memasukkan naik tangga ke dalam rutinitas sehari-hari adalah cara sederhana dan efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan harapan hidup.

Baik di tempat kerja, di rumah, atau di tempat lain, memilih untuk menggunakan tangga dibandingkan lift dapat memberikan perbedaan yang signifikan terhadap kesehatan dan kesejahteraan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Malam Hari yang Bikin Panjang Umur, Perhatikan Jadwal Tidur

Topik Menarik