Lagi Viral di China, Kopi Dicampur Irisan Daun Bawang

Lagi Viral di China, Kopi Dicampur Irisan Daun Bawang

Berita Utama | sindonews | Minggu, 5 Mei 2024 - 02:45
share

China belakangan terkenal dengan berbagai macam kuliner ekstrem. Salah satunya minuman kopi yang baru-baru ini viral di jagat maya.

Meski tidak seekstrem kuliner lain di China, namun minuman kopi tersebut cukup sukses membuat para netizen penasaran. Pasalnya, kopi ini disajikan bersama potongan daun bawang yang melimpah. Minuman kopi daun bawang tersebut belakangan viral dan digandrungi oleh masyarakat di sana.

Hal itu turut diungkapkan oleh salah seorang content creator asal China bernama Mia melalui akun TikToknya, @chinesewithmia.

Baca Juga: Yummy! Kemenpora Sajikan Makanan dan Camilan Tradisional di Acara Nobar Final Uber Cup 2024Melalui salah satu kontennya, Mia menjelaskan mengapa kopi bertabur irisan daun bawang cukup viral di negaranya. Antara lain karena cita rasanya yang begitu unik.

Mia menyebut, kopi itu memiliki cita rasa pahit sekaligus sensasi pedas yang berasal dari potongan daun bawang. Menurutnya, kopi tersebut belakangan juga digandrungi karena disebut-sebut kaya akan kandungan energi dan kalsium.

“Kopi daun bawang menjadi viral di Tiongkok! Setelah kafe mulai menyajikan secangkir kopi daun bawang, dan mulai banyak diperbincangkan,” ujar Mia melalui akun TikToknya, dikutip Minggu (5/5/2024).

“Ada yang berpendapat bahwa rasa pedas kopi itu unik. Dan itu adalah sumber energi dan kalsium,” lanjutnya.

Meski demikian, Mia juga menyebut bahwa banyak netizen yang justru ‘jijik’ dan merasa aneh dengan sajian kopi berpadu dengan taburan irisan daun bawang.

“Sedangkan ada pula yang mengatakan bahwa minuman tersebut membuat mereka ingin muntah. Kopi daun bawang adalah tambahan terbaru dalam tren ‘Masakan Gelap’ Tiongkok,” tuturnya.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat BadanDalam potongan video yang Mia bagikan, terlihat proses peracikan kopi daun bawang tersebut. Kopi susu yang disajikan di dalam sebuah cup transparan bersama potongan es batu itu tampak diberikan topping taburan irisan daun bawang. Warna hijau daun bawang berpadu kontras dengan kopi susu yang berwarna cokelat muda.

Sekilas, penampakan kopi daun bawang ini mengingatkan warganet Tanah Air pada es cendol, salah satu minuman khas Jawa Barat. Tidak sedikit juga yang dibuat ‘eneg’ duluan saat melihat dan membayangkan penampakan kopi daun bawang tersebut.

“Ini maksudnya cendol?“ tanya @un****.

“Kirain cendol,” kata @en****.

“Belum minum uda huwek duluan guaa,” komentar @lo****.

“Kemarin kecap.. ini daun bwg,,besook ap lgii,” timpal @ne****.

“Gue suka daun bawang sm kopi tp ga gini jg,” imbuh @ra*****.

“Sesukanya w sma perbawangan gk smpe kepikiran njir buat dicampur ke minuman,” tutur @ev****.

Topik Menarik