6 Strategi Wali Kota Muslim Sadiq Khan Sukses Menang pada Pemilu, Salah Satunya Makan Siang Gratis

6 Strategi Wali Kota Muslim Sadiq Khan Sukses Menang pada Pemilu, Salah Satunya Makan Siang Gratis

Berita Utama | sindonews | Minggu, 5 Mei 2024 - 01:15
share

Bagi Sadiq Khan, ketakutan terburuknya tidak menjadi kenyataan. Rekor kemenangannya yang ketiga sebagai wali kota terjadi setelah ancaman kebangkitan Partai Konservatif di pinggiran kota menguap begitu saja.

Margin kemenangan Khan adalah 275.000 suara dan 44 suara yang ia peroleh setara dengan apa yang diraihnya pada tahun 2016.

Namun ada kepahitan dalam pidato kemenangannya, mengutuk “negatif tanpa henti” dari lawannya dari Partai Tory. Kampanye ini tampaknya telah membuahkan hasil.

6 Strategi Wali Kota Muslim Sadiq Khan Sukses Menang pada Pemilu, Salah Satunya Makan Siang Gratis

1. Menjanjikan Kota yang Aman

 

Foto/AP

Dalam sebuah kontes yang dikritik oleh beberapa media London karena tidak bersemangat dan tidak memiliki energi, strategi Khan yang mengutamakan keselamatan berhasil.

Janjinya mengenai ibu kota yang "lebih aman, lebih adil dan lebih hijau" menarik pendukungnya sendiri dan juga tampaknya telah berhasil membujuk para pemilih dari Partai Hijau dan Partai Demokrat Liberal untuk "memberikan" dukungan mereka kepadanya di jabatan walikota sambil memilih pilihan wajar mereka untuk London.

Hal ini terbukti di wilayah barat daya London di mana Partai Demokrat Lib memenangkan kursi Majelis konstituen mereka yang pertama - namun Khan dengan mudah mengungguli Hall.

Angka resmi yang diterbitkan seminggu setelah hari pemungutan suara menunjukkan pelanggaran kejahatan pisau di ibu kota meningkat 20 pada tahun lalu. Selama delapan tahun, peningkatannya masih lebih besar.

Kemudian 48 jam sebelum hari pemungutan suara, terjadi keterkejutan dan rasa muak yang meluas atas kematian Daniel Anjorin yang berusia 14 tahun – terbunuh dalam serangan pedang di Hainault.

Beberapa orang mengira hal itu mungkin berdampak pada pemilu.

2. Membangun Rumah Baru

 

Foto/AP

Di antara janji-janji lainnya, Khan menawarkan komitmen baru untuk membangun 40.000 rumah dewan baru pada akhir dekade ini – bukan akhir dari masa jabatan wali kota empat tahun berikutnya.

Ada label harga besar yang melekat pada tawaran "eceran" utamanya.

3. Menjanjikan Makan Siang Gratis

 

Foto/AP

Pemerintah sudah mendanai makan siang sekolah gratis untuk sebagian besar siswa sekolah dasar, namun perpanjangan program ini bagi anak-anak berusia tujuh hingga 11 tahun yang saat ini tidak berhak untuk empat tahun ke depan oleh Khan akan menelan biaya lebih dari £1 miliar.

Dia juga memutuskan untuk membekukan banyak tarif transportasi tahun ini, meski tidak ada jaminan lebih dari itu. Para pemilih tampaknya menolak upaya lawan-lawannya untuk menampilkan hal ini sebagai gimmick pra-pemilu yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Seorang Pengendara Mobil Tewas setelah Tabrak Gerbang Gedung Putih

4. Mengurangi Polusi

 

Foto/AP

Melansir BBC, kemenangan Khan menunjukkan bahwa ia berhasil mengatasi kontroversi terbesar dalam masa jabatannya sejauh ini, yaitu membebankan tuduhan kepada pengendara yang menyebabkan polusi kendaraan melalui perluasan Zona Emisi Ultra Rendah (Ulez) yang mencakup seluruh wilayah di London.

Di wilayah Bexley dan Bromley yang anti-Ulez, upaya Hall untuk mendapatkan dukungan digagalkan oleh hampir 10.000 suara yang dimenangkan oleh Howard Cox dari Reformasi Inggris.

Setahun yang lalu, wali kota menerbitkan sebuah buku yang menyatakan fokusnya terhadap lingkungan dan membersihkan udara London.

Saat menghadiri konferensi iklim PBB tahun lalu di New York, ia mengaku “mendidik” masyarakat dan mengajak mereka dalam perjalanan menuju emisi karbon Nol Bersih pada tahun 2030.

Tampaknya mengatasi kemacetan lalu lintas, kualitas udara, dan perubahan iklim akan menjadi inti dari visi radikal pada masa jabatan ketiga. Tampaknya jelas itulah yang dia harapkan akan menjadi warisannya.

Kemudian rem tersebut diterapkan setelah hilangnya modal politik secara dramatis yang ia alami selama ekspansi Ulez.

Hal ini merupakan sesuatu yang menurut para ahli independennya tidak akan mengubah arah dalam hal peningkatan kualitas udara, dan hal ini membuat marah sebagian wilayah luar London dan menyebabkan kegagalan Partai Buruh untuk memenangkan pemilihan sela di Uxbridge dan South Ruislip pada bulan Juli lalu.

Kemunduran itu tidak terulang ketika warga London diminta memilih waktu ini.

Kelompok lingkungan hidup memuji kemenangan Khan sebagai kemenangan bagi udara bersih. Namun, dia sekarang mungkin akan dilumpuhkan oleh terbatasnya janji yang dia buat.

Dalam bukunya, ia berbicara tentang penerapan sistem baru tarif bagi pengguna jalan yang memperhitungkan jarak, waktu, dan emisi perjalanan.

Di bawah serangan keras dari lawan Tory-nya, yang mengklaim bahwa dia memiliki rencana rahasia untuk menyerang pengendara mobil dengan "bayar per mil", dia mundur dengan tajam.

Juru bicara energi dan mantan pemimpin Partai Buruh Ed Miliband dikerahkan untuk menyerang kandidat Tory terkait perubahan iklim, sementara wakil pemimpin yang diperangi Angela Rayner bergabung dengan Sadiq Khan untuk meluncurkan manifestonya.

Hal ini mengukuhkan gagasan kemitraan dan dukungan di masa depan, namun tidak ada janji uang tambahan, yang merupakan permohonan yang berulang kali diajukan pada masa jabatan walikota Sadiq Khan sejauh ini.

5. Bersinergi dengan Partai Buruh

 

Foto/AP

Inti dari kampanye Sadiq Khan adalah klaim bahwa ada "momen peluang maksimal" di mana warga London akan segera memiliki wali kota dari Partai Buruh dan pemerintahan Partai Buruh yang bekerja bersama-sama.

Tahap pertama kini telah terjadi.

Tampaknya santai terhadap sinyal jajak pendapat dan kelemahan lawannya dari Partai Konservatif, ia menjalankan kampanye dengan hati-hati.

Karena ingin menghindari kemungkinan terjadinya protes atau permusuhan di jalan, selama enam minggu penuh Khan tidak melakukan interaksi spontan atau tidak terencana dengan anggota masyarakat yang disaksikan oleh media.

Menjelang akhir, terdapat tanda-tanda kegelisahan bahwa strategi yang mengutamakan keselamatan mungkin menjadi bumerang karena gagal memberikan semangat kepada para pendukung Partai Buruh.

6. Mengedepankan Toleransi

Ada tanda-tanda kegelisahan lebih lanjut ketika beberapa hari lagi dia meminta maaf kepada Kepala Rabi atas sebuah wawancara – yang diberikan kepada seorang jurnalis yang berbasis di AS – di mana dia mengklaim bahwa dia diperlakukan berbeda dari Andy Burnham atas pendirian mereka mengenai gencatan senjata karena dia adalah seorang Muslim.

Khan sangat akrab dengan lawannya dari Partai Tory, Hall, yang sering bentrok dengan anggota Majelis London di Balai Kota selama delapan tahun terakhir.

Hal ini mungkin mendasari keputusannya untuk meminimalkan kontak tatap muka selama kampanye. Dia tidak mau menyebutkan namanya.

Pasangan ini berdebat tiga kali di studio siaran dan hanya sekali di acara publik. Tidak ada satupun yang menghadiri selusin acara lainnya, yang membuat marah beberapa penyelenggara.

Untuk pertama kalinya tidak ada pemungutan suara "preferensi kedua" untuk walikota.

Khan mengklaim pemerintah telah melakukan perubahan untuk mempermudah pemecatannya, namun gagal.

 
Topik Menarik