Fenomena Aneh, Puluhan Ikan Mati di Muara Sungai Marana Maros

Fenomena Aneh, Puluhan Ikan Mati di Muara Sungai Marana Maros

Infografis | sindonews | Minggu, 5 Mei 2024 - 19:47
share

Fenomena aneh terjadi di aliran muara Sungai Marana di Desa Marannu, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Puluhan ikan dari berbagai jenis ditemukan mati mendadak di saat air muara sungai terlihat berwarna kecoklatan pada bagian permukaan.

Kejadian ini mulai mengkhawatirkan sebagian pemilik tambak ikan yang berada di sekitar aliran Sungai Marana. Nelayan menemukan banyak ikan dari berbagai jenis mati mendadakyang terbawa arus air dari laut.

Puluhan ikan mati mendadak ini terjadi sejak beberapa hari dan belum diketahui penyebab pastinya. Sebab, ini merupakan fenomena baru dan baru kali pertama terjadi.

Baca juga; Pemandangan Horor, Jutaan Ikan Mati Menyumbat Sungai Australia

Warga menduga puluhan ikan mati berhubungan dengan air muara sungai yang mendadak berubah warna kecoklatan pada bagian permukaan. Diduga aliran air muara yang mendadak berubah warna telah tercemar.

Selain ikan, hewan lainnya seperti kepiting dan kerang juga ditemukan mati mendadak. Kondisi ini membuat pemilik tambak ikan di wilayah pesisir sepanjang Sungai Marana mulai khawatir.

“Mereka takut ikan di tambak juga mati mendadak setelah tercampur dengan air dari muara sungai tersebut,” kata Rudi, seorang warga, Minggu (5/5/2024).

Baca juga; Cuaca Panas Ekstrem Akibatkan Jutaan Ikan Mati Terebus di Sungai

Akibat kejadian ini warga berharap pihak terkait dan pemerintah setempat untuk mencari solusi dan mencari tahu penyebab kejadian tersebut. Tujuannya agar tidak merugikan para nelayan pencari ikan maupun pemilik tambak ikan yang berada di pesisir muara Sungai.

Topik Menarik