7 Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan

7 Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 5 Mei 2024 - 15:39
share

Mengonsumsi makanan tinggi kalori bisa membantu menambah berat badan. Namun, pastikan asupan yang dimakan merupakan makanan sehat, seperti halnya kacang, alpukat, hingga susu.

Di sisi lain, menambah berat badan bisa menjadi tantangan jika Anda memiliki metabolisme yang cepat atau memiliki pola makan yang terbatas atau nafsu makan yang buruk. Namun, menambahkan beberapa makanan berkalori tinggi dapat membantu menambah berat badan, dan massa otot.

Namun, Anda harus melakukan latihan kekuatan secara konsisten untuk mencegah peningkatan massa lemak. Mengonsumsi makanan yang membantu Anda menambah berat badan dalam diet juga membantu meningkatkan stamina dan tingkat energi.

Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan

Berikut makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan dilansir dari Stylecraze, Minggu (5/5/2024).

Baca Juga: 7 Makanan yang Meningkatkan Hormon Kebahagiaan, Bikin Happy Tiap Hari

1. Selai Kacang

Selai kacang dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk menambah berat badan. Dua sendok makan selai kacang mengandung 191 kalori, 7 g protein, 16 g lemak, dan 7 g karbohidrat.

Mengonsumsi selai kacang jenis apa pun setiap hari sebagai camilan atau dengan irisan buah tidak menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan. Namun, konsumsi rutinnya dapat memberi Anda pengendalian berat badan yang lebih baik.

2. Produk Susu Penuh Lemak

Susu penuh lemak adalah yang terbaik, baik Anda sedang mencoba menurunkan atau menambah berat badan. Saat Anda mencoba menambah berat badan, Anda mendapat manfaat dari lemak sehat, mineral, dan protein yang ada dalam susu utuh atau susu penuh lemak.

Satu cangkir (244 g) susu utuh atau susu penuh lemak memberikan 149 kalori energi, 8 g protein, dan 8 g lemak. Susu penuh lemak dengan suplemen protein atau bubuk protein whey dan buah-buahan (seperti pisang atau beri) merupakan smoothie berkalori tinggi terbaik untuk menambah berat badan, membentuk massa otot, dan meningkatkan pemulihan otot.

3. Pisang

Pisang kaya akan serat makanan, potasium, protein, vitamin A, vitamin C, folat, dan lemak sehat. Satu buah pisang berukuran sedang (118 g) menyediakan 105 kalori energi dan 27 g karbohidrat. Sebuah penelitian yang dilakukan pada pengendara sepeda pria menunjukkan bahwa konsumsi pisang membantu meningkatkan tingkat energi.

Anda dapat mengonsumsi pisang dengan secangkir susu dan beberapa kacang untuk sarapan yang kaya energi atau membuat smoothie dengan bahan yang sama dan meminumnya sebelum berolahraga.

Baca Juga: 7 Makanan yang Menyehatkan Rahim, Tingkatkan Peluang Hamil

4. Kentang dan Pati Lainnya

Menambahkan kentang ke hidangan apa pun adalah cara hemat biaya untuk menambah lebih banyak kalori ke dalam makanan Anda. Kentang dan sayuran bertepung lainnya kaya akan karbohidrat dan harus dimasukkan dalam daftar makanan sehat berkalori tinggi Anda.

Studi menunjukkan bahwa asupan makanan kaya karbohidrat bersama dengan suplemen protein membantu membangun massa otot. Konsumsilah kentang rebus, panggang, atau panggang untuk mendapatkan nutrisi terbaiknya.

5. Nasi

Nasi adalah cara hemat biaya untuk menambah lebih banyak kalori ke piring. 100 g nasi putih menyediakan 130 kalori energi dan 28 g karbohidrat dengan jumlah lemak yang sangat sedikit.

Saat Anda sedang terburu-buru, cukup masukkan semangkuk nasi dengan kari ke dalam microwave. Ini menambah jumlah besar pada diet tinggi kalori Anda dan cukup mengenyangkan.

6. Salmon dan Ikan Berlemak

Salmon dan ikan berlemak lainnya merupakan sumber protein yang baik, yang membantu meningkatkan massa otot dan membantu penambahan berat badan. 100 g salmon memberikan 142 kkal energi bersama dengan 20 g protein dan 6 g lemak.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea menemukan bahwa mengonsumsi ikan dengan sayuran dapat membantu meningkatkan massa otot. Konsumsilah satu hingga dua potong ikan per hari dengan sayuran hijau dan kacang-kacangan untuk menambah berat badan atau otot tanpa lemak dengan cepat.

Baca Juga: 7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi setelah Usia 30 Tahun, Nomor 2 Bisa Bikin Mandul

7. Alpukat

Alpukat adalah sumber energi yang kaya. Oleh karena itu, buah ini membantu Anda menambah berat badan bila dikombinasikan dengan makanan yang tepat. 100 g alpukat menawarkan energi padat 160 kalori dan 15 g lemak.

Nikmati smoothie alpukat atau irisan alpukat di atas roti gandum untuk sarapan. Anda juga bisa membuat guacamole dan memakannya bersama makanan Anda.

Topik Menarik