5 Tips Jaga Kesehatan Tubuh di Tengah Cuaca Superpanas

5 Tips Jaga Kesehatan Tubuh di Tengah Cuaca Superpanas

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 5 Mei 2024 - 15:00
share

Cuaca di Indonesia belakangan ini sangat panas. Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi ini akan terjadi pada Mei hingga Agustus 2024.

Bukan cuma di beberapa wilayah saja, melainkan di seluruh Indonesia akan terjadi suhu yang sangat panas. Maka tak heran, saat ini ketika Anda keluar ruangan, langsung terasa panas yang menyengat hingga membuat tubuh banjir keringat.

Selain itu, tubuh menjadi mudah haus dan kehilangan cairan. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah cuaca yang superpanas seperti sekarang.

Baca Juga: Asia Tenggara Dilanda Panas Ekstrem, Ini Tips Jaga Kulit Tetap Sehat Berikut beberapa tips agar tubuh tetap sehat meski di tengah cuaca superpanas, yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/5/2024).

1. Jaga Hidrasi Tubuh

Cuaca yang panas membuat tubuh mudah kehilangan cairan. Oleh karena itu, sesibuk apa pun, sebaiknya sempatkan waktu untuk minum air putih. Tubuh membutuhkan 2 liter cairan yang masuk ke dalam tubuh setiap hari. Namun, tak ada salahnya jika Anda mengonsumsi lebih banyak air di cuaca superpanas ini.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Sistem kekebalan tubuh bisa terganggu apabila Anda menghadapi cuaca panas tanpa bantuan asupan gizi yang cukup. Beberapa makanan bergizi yang dapat menjaga daya tahan tubuh di tengah cuaca panas yaitu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan seperti melon, tomat, semangka, mentimun, melon, brokoli, kubis, dan pepaya.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga keseimbangan asupan karbohidrat, protein, dan lemak. Karbohidrat bisa didapat dari nasi ataupun bahan makanan lain seperti kentang, ubi, mie, dan lain-lain.

3. Hindari Terkena Langsung Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari memang baik untuk kesehatan tubuh, tapi hanya matahari pagi. Jika Anda terkena paparan langsung sinar matahari di siang hari yang sangat panas, kondisi ini bisa membuat pusing hingga lemas bagi beberapa orang. Oleh karenanya, siapkan topi, payung, dan kacamata hitam untuk menghindari paparan langsungnya.

Baca Juga: PBB Umumkan Cuaca Panas Ekstrem Membakar Asia Tenggara dan Selatan

4. Gunakan Sunscreen sebelum Beraktivitas

Penggunaan sunscreen menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum beraktivitas di luar ruangan, apalagi selama cuaca panas yang ekstrem ini. American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan untuk memilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Anda juga bisa memilih sunscreen yang tahan air dan menawarkan perlindungan dari sinar UVA dan UVB. AAD juga menyarankan penggunaan kembali setiap dua jam, dan segera setelah berenang atau berkeringat.

5. Hindari Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein bisa menyebabkan dehidrasi berlebih pada tubuh. Oleh karenanya, di cuaca superpanas ini, Anda sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein agar tidak semakin dehidrasi. Sebaiknya perbanyak minum air putih saja ketika merasa gerah dan kepanasan.

Topik Menarik