Bagaimana Operasi Rahasia Putin Membunuh Musuh-musuhnya di Luar Negeri?

Bagaimana Operasi Rahasia Putin Membunuh Musuh-musuhnya di Luar Negeri?

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 02:30
share

Pembelot militer itu tewas dalam hujan tembakan dan kemudian ditabrak mobil di Spanyol. Tokoh oposisi berulang kali dipukul dengan palu di Lituania. Jurnalis itu jatuh sakit karena dugaan keracunan di Jerman.

Sejak Presiden Vladimir Putin melancarkan invasi ke Ukraina, serangan dan pelecehan terhadap warga Rusia – baik yang menonjol maupun tidak – telah disalahkan pada agen intelijen Moskow di seluruh Eropa dan negara lain.

Bagaimana Operasi Rahasia Putin Membunuh Musuh-musuhnya di Luar Negeri?

1. Menebar Ketakutan bagi Musuh Putin

 

Foto/AP

Meskipun ada upaya pemerintah Barat untuk membongkar jaringan mata-mata Rusia, para ahli mengatakan Kremlin tampaknya masih mampu mengejar orang-orang yang dianggap pengkhianat di luar negeri dalam upaya membungkam perbedaan pendapat. Para penentang Putin semakin takut dengan tindakan dinas keamanan Moskow, termasuk di negara-negara yang mereka anggap aman.

“Kami baru saja melarikan diri dari Rusia dan mempunyai ilusi bahwa kami telah lolos dari penjara,” kata jurnalis Irina Dolinina, yang bekerja untuk outlet independen Important Stories, yang berbasis di ibu kota Ceko, Praha, dilansir AP.

Dolinina dan rekannya Alesya Marokhovskaya dilecehkan pada tahun 2023, sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa mereka berada di bawah pengawasan. Mereka dikirimi pesan ancaman melalui komentar di situs media tersebut dan diberitahu untuk tidak melakukan perjalanan ke konferensi di Swedia. Untuk menggarisbawahi hal ini, ancaman tersebut mencakup nomor tiket pesawat, lokasi kursi, dan pemesanan hotel.

“Adalah suatu kesalahan bagi kami untuk berpikir bahwa di sini kami aman,” kata Dolinina kepada The Associated Press.

Kremlin, yang secara rutin menyangkal melakukan serangan terhadap lawan-lawannya di luar negeri, telah disalahkan selama beberapa dekade atas serangan semacam itu.

2. Tradisi Soviet Yakni Pembangkang Layak Dibunuh

 

Foto/AP

Kasus yang paling terkenal termasuk pembangkang revolusioner Soviet yang menjadi pengasingan, Leon Trotsky, yang terbunuh pada tahun 1940 di Meksiko setelah diserang dengan kapak es oleh agen Soviet, dan Georgi Markov, seorang pembangkang yang bekerja untuk layanan bahasa Bulgaria BBC, yang meninggal. pada tahun 1978 di London setelah ditusuk dengan payung berujung racun.

Inggris juga menjadi lokasi terjadinya keracunan lain yang diduga dilakukan oleh dinas keamanan Rusia di bawah kepemimpinan Putin. Pembelot dan mantan perwira intelijen Alexander Litvinenko meninggal setelah minum teh yang dicampur dengan radioaktif polonium-210 pada tahun 2006, dan mantan mata-mata Sergei Skripal dan putrinya jatuh sakit parah tetapi pulih setelah serangan dengan agen saraf era Soviet pada tahun 2018. Kremlin berulang kali membantah keterlibatannya dalam kasus-kasus Inggris.

Baca Juga: Siapa Samuel Bateman? Pemimpin Sekte Poligami yang Memiliki 20 Istri dan Menganjurkan Jemaatnya Menikah dengan Anak-anak

3. Musuh Putin Dikejar hingga ke Ujung Dunia

 

Foto/AP

Kini, dengan tindakan keras dalam negeri berskala penuh yang sedang berlangsung di Rusia, sebagian besar lawan politik Kremlin, jurnalis independen, dan aktivis telah pindah ke luar negeri. Ada kecurigaan kuat, serta tuduhan dari para pejabat, bahwa Moskow semakin menargetkan mereka.

Banyaknya orang-orang yang dikejar oleh Rusia, “meskipun mereka terlihat dan terdengar tidak berarti,” adalah karena pihak berwenang Rusia percaya bahwa mereka “mungkin akan kembali ke negara tersebut dan menghancurkannya sepenuhnya,” kata pakar keamanan Andrei Soldatov.

Ada banyak laporan mengenai orang-orang buangan yang dianiaya tidak hanya di negara-negara bekas Uni Soviet yang memiliki banyak diaspora Rusia, namun juga di Eropa dan sekitarnya.

Aktivis dan jurnalis independen telah melaporkan gejala yang mereka curigai sebagai keracunan.

Jurnalis investigasi Elena Kostyuchenko jatuh sakit di kereta dari Munich ke Berlin pada tahun 2022, dan jaksa Jerman kemudian mengatakan mereka sedang menyelidikinya sebagai percobaan pembunuhan.

Natalia Arno, kepala Free Russia Foundation yang berbasis di AS, mengatakan kepada AP bahwa dia masih menderita kerusakan saraf setelah dugaan keracunan di Praha pada bulan Mei. Dia yakin dinas keamanan Rusia mencoba “membungkam” dia karena upaya pro-demokrasinya.

Dalam insiden yang sangat brutal, tubuh pilot Maksim Kuzminov yang penuh peluru ditemukan di La Cala, Spanyol, dekat pelabuhan timur Alicante, setelah ditembak dan ditabrak dengan mobil. Ancaman terhadapnya muncul segera setelah dia mencuri helikopter Mi-8 Rusia pada bulan Agustus, menerbangkannya ke Ukraina dan membelot.

Kuzminov, 33, menjadi “mayat moral” saat dia merencanakan “kejahatan kotor dan mengerikan”, kata Sergei Naryshkin, kepala dinas intelijen luar negeri Rusia.

Pada bulan Maret, Leonid Volkov, kepala staf mendiang politisi oposisi Alexei Navalny, mengalami patah lengan akibat serangan palu di ibu kota Lituania, Vilnius.

Dinas keamanan Lituania mengatakan serangan itu mungkin “diorganisir dan dilaksanakan oleh Rusia.” Pada 19 April, polisi Polandia menahan dua orang karena dicurigai menyerang Volkov atas perintah badan intelijen asing.

Selama beberapa dekade Putin berkuasa, Kremlin telah berkali-kali membantah bahwa mereka menargetkan musuh-musuhnya di dalam dan luar negeri. Mereka belum mengomentari dugaan peracunan dan juru bicara Putin, Dmitry Peskov, menolak mengomentari kasus Volkov, dengan mengatakan bahwa ini adalah urusan Kementerian Dalam Negeri Lituania.

Bahkan kelompok-kelompok anti-perang yang masih baru pun menjadi sasaran perhatian Moskow.

Warga Rusia di Stockholm, Swedia, yang pada Mei 2022 membentuk salah satu organisasi pertama yang mendukung Ukraina dan tahanan politik, membakar patung Putin yang diberi label “penjahat perang” di luar Kedutaan Besar Rusia.

Enam bulan kemudian, pihak berwenang Rusia menetapkan kelompok tersebut sebagai organisasi yang tidak diinginkan, dan mengancam anggotanya dengan denda dan penjara. Kerabat mereka dikunjungi di rumahnya di Rusia oleh polisi, dan data pribadi mereka dibocorkan, kata para anggota kepada AP, yang berbicara tanpa menyebut nama karena kekhawatiran akan keamanan mereka.

Media Ortodoks Rusia di Tsargrad menyatakan bahwa anggota kelompok tersebut mungkin direkrut oleh badan intelijen asing dan menjuluki mereka “teroris.” Media pro-Kremlin memperingatkan mereka akan kejutan buruk jika mereka terus menentang perang.

Beberapa hari kemudian, saat mengunjungi kerabatnya di St. Petersburg, seorang anggota kelompok bernama Marina mengatakan sebuah mobil polisi berhenti tepat di depannya ketika dia keluar dari sebuah toko. Tiga pria keluar, meminta dokumennya, memaksanya masuk ke dalam mobil dan pergi ke kantor polisi, sirene meraung-raung.

“Itu sangat menakutkan. Bagaimana mereka bisa tahu lokasiku sebenarnya?” Marina mengatakan kepada AP, menolak memberikan nama belakangnya karena dia khawatir akan keselamatannya.

Dia dihadapkan dengan data dan video protes kedutaan yang bocor, dan penyelidik menuntut dia mengidentifikasi anggota lain dari kelompok tersebut, mengungkapkan sumber pendanaannya dan menanyakan pandangannya tentang perang. Bahkan ada yang mempertanyakan mengapa dia meninggalkan Rusia sebelum ulang tahun ayahnya – dengan menjelaskan bahwa mereka mengetahui identitas keluarganya.

Dia didakwa melakukan pelanggaran administratif, biasanya dapat dihukum dengan denda. Saat polisi bersiap mengantarnya ke apartemen orang tuanya, dia disarankan untuk “bekerja sama” dan menjadi informan jika dia ingin bertemu keluarganya lagi tanpa takut ditahan, kata Marina.

4. Aksi Intelijen Rusia yang Sangat Rapi

 

Foto/AP

“Ini merupakan modus operandi yang diketahui oleh intelijen Rusia dan rezim Rusia untuk mengikuti lawan diaspora Rusia di negara lain dan menjadikan mereka sasaran berbagai jenis pelecehan atau pekerjaan intelijen,” Fredrik Hultgren-Friberg, juru bicara Dinas Keamanan Swedia, mengatakan kepada AP .

Soldatov mengatakan Kremlin memburu banyak penentang karena mereka takut akan pemberontakan pro-Barat seperti yang terjadi di Georgia dan Ukraina dan ingin mencegah benih perbedaan pendapat berkembang menjadi “sesuatu yang baru.”

Meskipun negara-negara Barat mengusir ratusan mata-mata Rusia dalam tindakan terkoordinasi setelah peracunan Skripal pada tahun 2018 dan invasi ke Ukraina pada tahun 2022, pihak Rusia di luar negeri mengatakan mereka khawatir Moskow masih dapat menjangkau mereka.

5. Musuh Putin Tetap Melanjutkan Perjuangan

Marokhovskaya, jurnalis investigasi di Praha, menerima ancaman anonim, termasuk ancaman yang mengindikasikan pengawasan ketat yang mengatakan, “Kami akan menemukannya di mana pun dia mengajak anjingnya berjalan-jalan.”

Dia dan Dolinina mengatakan kepada AP bahwa mereka mengalami pengamatan serupa di Rusia, termasuk setelah menerbitkan investigasi korupsi yang memenangkan penghargaan di keluarga Putin.

Setelah pindah ke Eropa, Dolinina mengatakan awalnya dia mengira dia mengalami “paranoia terus-menerus.” Namun, ketika dia mendapat ancaman anonim dan diikuti di jalan-jalan Praha, dia menyadari bahwa ketakutannya beralasan.

Tidak ada jurnalis yang memiliki bukti nyata bahwa dinas keamanan Rusia menargetkan mereka, namun mereka yakin data pribadi – informasi penerbangan, nomor paspor dan alamat rumah – dan pengawasan fisik kami kemungkinan besar diatur oleh aktor negara.

“Saya sangat terkejut hal ini terjadi di Eropa,” kata Dolinina.

 

Meskipun banyak insiden yang dituduhkan Barat kepada Kremlin memicu spekulasi bahwa Moskow masih bisa mengintimidasi warga Rusia di luar negeri, tidak semua orang bisa diam.

“Ini bukan alasan untuk berhenti,” kata Marokhovsky. “Itulah alasan untuk terus bekerja.”

Topik Menarik