Awas! Efek Samping Memakai Earphone Bervolume Keras Bisa Merusak Telinga

Awas! Efek Samping Memakai Earphone Bervolume Keras Bisa Merusak Telinga

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 15:00
share

Memakai earphone dengan volume yang terlalu keras dapat menyebabkan beberapa efek samping yang merugikan pada telinga. Sayangnya, tak banyak orang menyadari bahaya di balik kebiasaan ini.

Certified health coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K mengatakan bahwa mendengarkan musik dengan earphone atau headphone dengan volume yang keras bisa memicu noise induced hearing loss (NIHL).

NIHL merupakan sebuah gangguan pendengaran akibat kebisingan yang terjadi dalam frekuensi yang terlalu sering. Kondisi ini termasuk serius karena sulit untuk diperbaiki.

Bahkan dr. Dion Haryadi mengungkap NIHL bisa memicu kemunculan sensasi telinga berdenging yang bisa berlangsung dalam waktu yang sebentar maupun lama. Kondisi ini dikenal dengan istilah tinitus.

Baca Juga: Kenali Bahaya Akibat Ketergantungan Pakai Earphone

“NIHL itu serius banget, karena kerusakannya itu sulit untuk diperbaiki. Kalau udah kena itu jadi susah mendengar dan bisa bikin tinitus juga,” kata dr. Dion dikutip dari akun Instagram @dionharyadi, Sabtu (4/5/2024).

Hal ini telah terbukti dengan adanya beberapa penelitian yang menyatakan hasil yang serupa. Selain itu, ketika Anda mendengarkan musik dengan volume yang kencang, sering kali Anda merasa tak sadar dan sudah terhanyut dengan suara tersebut.

Sehingga secara tidak sadar, Anda melukai atau merusak telinga dengan sendirinya. Idealnya, volume earphone maupun headphone yang aman ketika masih bisa mendengar suara orang yang ada di sekitar.

“Sebaiknya turunin volume earphone atau headphone. Kalo sudah bisa mendengar suara orang lain di sekeliling, berarti caranya sudah pas,” sarannya.

Baca Juga: Waspada, Menggunakan Earphone Terlalu Lama Bisa Picu Gangguan Pendengaran

Selain itu, hindari penggunaan earphone maupun headphone terus-menerus, tanpa mengistirahatkan telinga. Oleh karenanya, sisihkan waktu 15 menit setelah satu jam penuh menggunakan earphone maupun headphone.

Lebih lanjut, kesalahan yang paling sering dilakukan yaitu menggunakan earphone maupun headphone sampai terlelap. Menurut dr. Dion, hal ini sangat membahayakan kesehatan telinga dan bisa merusaknya.

“Jangan pakai earphone atau headphone sampai ketiduran, soalnya kita nggak bisa ngontrol volume saat sedang tidur. Jadi bisa merusak telinga tanpa sadar,” jelasnya.

Untuk menghindari efek samping tersebut, disarankan untuk menggunakan earphone dengan volume sedang atau rendah, beristirahat secara teratur dari penggunaan earphone, dan memperhatikan lingkungan sekitar saat menggunakan earphone. Jika Anda mengalami tinnitus, gangguan pendengaran, atau infeksi telinga, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga: Ini Bedanya Nyeri Pundak karena Otot dan Kolesterol Tinggi

Topik Menarik