Info Penting! Ini Bocoran Jadwal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah 2024

Info Penting! Ini Bocoran Jadwal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah 2024

Terkini | sindonews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 11:50
share

Ini info jadwal asesmen kompetensi guru madrasah 2024 yang perlu diketahui. Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) RI menyebutkan jadwal asesmen kompetensi guru madrasah 2024 akan dilakukan mulai Juni mendatang. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, asesmen kompetensi tahun ini akan dilakukan berbasis digital melalui Aplikasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK). Untuk info lengkapnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Didahului Uji Coba Asesmen

Mengutip laman resmi Kemenag, sebelum uji kompetensi para guru berlangsung, AKGTK telah melalui proses uji coba. Uji coba asesmen berlangsung di Jakarta selama tiga hari pada 25-27 April 2024 oleh penulis soal AKG, review, serta Tim Pengembang Aplikasi.

Hal ini perlu dilakukan agar memastikan sistem berjalan dengan baik, data yang disajikan komprehensif serta mudah diakses pengguna (user friendly) nantinya. Selain sebagai alat ukur, sistem ini juga memiliki banyak manfaat seperti bagi para pengawas.

"Sistem ini juga akan digunakan pengawas agar proses pelaksanaan dan pelaporan tugasnya bisa dilakukan berbasis digital," kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Thobib Al-Asyhar seperti dikutip laman resmi Kemenag, Senin (29/4/2024).

Baca juga:Asesmen Nasional, Kemendikbud Ingin Lakukan Evaluasi Pendidikan

Kasubdit Bina GTK MI/MTs, Fakhrurrozi menambahkan, kegiatan ini adalah bagian dari Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Setelah adanya pemetaan kompetensi guru, langkah lanjutan bisa dilakukan termasuk dalam hal pembinaan sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guru.

"Kita akan tetap konsen untuk terus melakukan pelatihan peningkatan SDM di madrasah. Dengan begitu, maka perluasan peningkatan SDM guru dan tenaga kependidikan bisa tercapai," tegasnya.

Asesmen Siswa Madrasah

Tidak hanya guru, siswa juga akan menjalani Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2024 pada 9- 31 Agustus 2024. Peserta AKMI yaitu siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI), kelas VII Madrasah Tsanawiyah (Mts), dan kelas XI Madrasah Aliyah (MA).

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia terdiri dari literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya. Siswa madrasah bisa coba mengerjakan contoh soal AKMI di https://portal-akmi.kemenag.go.id/web/soal. Hasil asesmen ini nantinya akan dijadikan referensi akademik dalam mendiagnosis kekurangan dan keunggulan siswa sehingga perbaikan bisa dilakukan.

Tidak hanya itu, hasil AKMI bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas guru hingga sarana dan prasarana madrasah hingga rencana penilaian untuk Rapor Pendidikan Madrasah tahun berjalan.

Topik Menarik