Angela Tanoesoedibjo Beberkan Pentingnya Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Angela Tanoesoedibjo Beberkan Pentingnya Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Berita Utama | sindonews | Jum'at, 3 Mei 2024 - 04:20
share

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menghadiri The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and The Pacific atau konferensi regional pariwisata PBB kedua yang membahas pemberdayaan perempuan dalam pariwisata di Asia dan Pasifik. Konferensi ini dihadiri ratusan peserta yang berasal dari UN Tourism Officials, para menteri pariwisata perempuan, tokoh-tokoh perempuan industri pariwisata, akademisi, hingga pemangku kepentingan di wilayah Asia Pasifik.

Konferensi menekankan peran perempuan pada sektor pariwisata dengan menghadirkan sejumlah tokoh penting perempuan sebagai pembicara.

The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and The Pacific yang berlangsung di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (2/5/2024), diselenggarakan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam industri pariwisata. Event ini juga sejalan dengan tujuan yang lebih luas dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan dan merupakan implementasi salah satu komponen dari sustainable development goals, yakni kesetaraan gender dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Wonosobo, Kota yang Kerap Viral karena KeindahannyaKonferensi ini diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat peran perempuan dan kesetaraan gender di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Saat memberikan sambutan pada pembukaan konferensi, Angela Tanoesoedibjo mengatakan, pemberdayaan perempuan bukan sekadar soal pencapaian kesetaraan dan hak asasi manusia, namun pemberdayaan perempuan harus menghasilkan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan.

"Penelitian dari IMF menunjukkan bahwa dengan mempersempit kesenjangan umum di pasar tenaga kerja, dapat meningkatkan PDB di negara-negara berkembang sebesar hampir 8 persen. Sedangkan keuntungan yang diperoleh dari pengurangan kesenjangan gender hasilnya akan lebih besar lagi. Yaitu meningkatkan PDB di negara-negara tersebut rata-rata sebesar 23 persen," kata Angela.

Wamenparekraf juga mengungkapkan, Indonesia berada di peringkat 87 dalam kesenjangan gender global, yang menunjukkan bahwa kesetaraan gender di Tanah Air telah mencapai 69,7 persen. Melihat tantangan global, kata Angela, maka perlu ada percepatan dengan memberdayakan berbagai potensi yang ada.

Baca Juga: Viral! Penampakan Pemandangan ala Jurrasic Park di Bukit Trunyan Bali"Banyaknya peluang yang diberikan akan memberikan kesempatan bagi perempuan untuk berpartisipasi di sektor tersebut. Pariwisata merupakan salah satu jawaban atas kesenjangan ketidaksetaraan gender," ujar Wamenparekraf.

Angela merasa senang bisa menjadi salah satu pembicara pada konferensi tersebut karena membahas peran integral perempuan dalam industri pariwisata dan mendorong kurva yang berkelanjutan serta inklusif. Yang terpenting juga, ujar dia, ada dialog untuk menjadi tindakan nyata dan menciptakan kemajuan di sektor pariwisata hingga pemberdayaan perempuan.

Konferensi ini juga diharapkan menjadi katalisator perubahan dan pemberdayaan yang berarti bagi perempuan di sektor pariwisata.

Topik Menarik