PUPR Targetkan Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang Selesai dalam 4-5 Bulan

PUPR Targetkan Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang Selesai dalam 4-5 Bulan

Berita Utama | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 02:30
share

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan relokasi korban erupsi Gunung Ruang akan selesai dalam empat sampai lima bulan. Hal ini berkaca dari proses relokasi saat Gunung Semeru di Lumajang erupsi pada tahun 2021 lalu.

“Kami Insya Allah bisa kami lakukan sebagaimana dulu juga pernah kami ditugaskan untuk Lumajang itu 2000 rumah selesai dalam 4-5 bulan,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah saat Konferensi Pers di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Baca juga:Gunung Ruang Meletus Lagi, Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup

Pada kesempatan itu, Zainal mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah skenario untuk relokasi masyarakat terdampak erupsi yang terdata sebanyak 301 Kepala Keluarga (KK) di antaranya akan dipindahkan ke Manado maupun ke Minahasa Utara.

“Kemudian untuk skenario relokasi penduduk, kami ditugaskan nanti terutama yang sudah clear tadi sudah ada 301 KK yang akan kita pindahkan ke apakah di Manado tadi, di Minahasa Utara maupun tempat yang lain yang dipilih oleh provinsi,” jelas Zainal.

Zainal memastikan dengan percepatan relokasi ini akan membantu mengurangi kecemasan para korban yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

Baca juga: Menko PMK: Gunung Ruang Masih Berpotensi Erupsi Susulan Lebih Besar

“Mudah-mudahan ini bisa membantu mengurangi kecemasan para korban bencana dan mereka bisa hidup lebih layak sesegera mungkin,” katanya.

Topik Menarik