Telkom Gandeng Perusahaan Global F5, Perkuat Keamanan Siber

Telkom Gandeng Perusahaan Global F5, Perkuat Keamanan Siber

Terkini | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 20:30
share

Layanan keamanan siber (cyber security) di dalam negeri terus ditingkatkan otoritas. Hal ini ditandai dengan kerja sama strategis PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dengan perusahaan cyber security global, F5.

Telkom Indonesia dan F5 resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya mengatakan, kedua entitas akan fokus pada layanan keamanan siber Indonesia.

Selain itu, mengakselerasi pembangunan, dan peningkatan kapabilitas Telkom di bidang keamanan siber dan produk digital lainnya.

“Kemitraan strategis Telkom dan F5 menjadi salah satu upaya penguatan kapabilitas Telkom Group sebagai digital telco pilihan utama di Indonesia, khususnya di bidang keamanan siber,” ujar Setyawan Wijaya, Kamis (2/5/2024).

Baca Juga:Syarat dan Cara Daftar Beasiswa LPDP Telkom University yang Perlu Diketahui

Berdasarkan riset dari IDC pada 2023, pangsa pasar cyber security di Indonesia diperkirakan mencapai Rp 6 triliun pada 2028 dengan CAGR 16,6 persen.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi digital dan tingginya permintaan pasar terhadap layanan keamanan digital di Indonesia cukup pesat. Kondisi ini menuntut Telkom menjawab kebutuhan melalui digital connectivity, digital platform, dan digital services.

“Kebutuhan akan keamanan siber di masa depan akan meningkat pesat seiring dengan semakin kuatnya kampanye transformasi digital di Indonesia dan akan mulai berlakunya UU Perlindungan Data Pribadi di bulan Oktober 2024 nanti,” papar Setyawan.

Baca Juga:Tragis, 2 Petugas Telkom Tewas Diduga Hirup Gas Beracun di Gorong-gorong

F5, dengan kemampuan keamanan sibernya, termasuk keamanan aplikasi dan API, serta manajemen multi cloud diyakini dapat memperkuat portofolio layanan IT Services Telkom Group.

Kolaborasi strategis Telkom dan F5 juga diharapkan mendukung perekonomian Indonesia, di mana keamanan siber memiliki peran penting untuk mengembangkan ekonomi digital yang kuat, aman, berdaulat, dan berkelanjutan.

Topik Menarik