DSI Buka-bukaan Program Ramadan InspirAction yang Bawa Dampak Besar

DSI Buka-bukaan Program Ramadan InspirAction yang Bawa Dampak Besar

Nasional | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 18:11
share

Yayasan Dampak Sosial Indonesia (DSI) buka-bukaan terhadap program Ramadan InspirAction, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini membawa dampak besar berupa 1.513 aksi dengan 12.299 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

DSI berkolaborasi dengan berbagai komunitas dalam menggelar kegiatan untuk mengisi Ramadan 2024 lalu. Tema yang diangkat Act for #BeyondKindness, Impact for Happiness.

Baca juga: Inspirasi Sajian Ramadan Lezat Bernutrisi Berbasis Keju agar Anak Semangat Puasa

“Ramadan InspirAction berhasil mendorong anak muda untuk dapat melakukan aksi kebaikan secara konsisten, berdampak luas, dan kolaboratif. Anak muda dikumpulkan dalam satu wadah suportif dan positif untuk melakukan impact challenge yang berdampak mulai diri sendiri hingga masyarakat,” ujar Project Manager Program Ramadan InspirAction DSI Muthia Nurul saat memberikan laporan keberhasilan program tersebut awak media, Kamis (2/5/2024).

“Anak muda pun memiliki pengalaman bermakna selama Ramadan melalui Impact Trip dan Impact Project,” tambahnya.

Program ini berlangsung sejak 12 Maret hingga 7 April 2024 meliputi kegiatan daring seperti #30DaysImpactChallenges dan Impact Talk, serangkaian kegiatan luring termasuk Impact Project, Impact Trip, dan penyaluran Zakat Mal.

Hasil laporan kegiatan #30DaysImpactChallenges memperlihatkan berbagai tantangan yang diberikan peserta untuk berbuat baik selama 30 hari.

Kegiatan Impact Talk dilakukan melalui platform Zoom Meeting yang diselenggarakan pada 23 Maret 2024 mengusung tema “Impactful Project, Powerful Social Media” dengan dihadiri 56 peserta.

Secara luring, Impact Project merupakan kegiatan kompetisi antarkelompok impact rangers untuk merencanakan dan mengimplementasikan social project. Kemudian, Impact Trip yaitu kegiatan penuh misi sosial dalam melakukan kebaikan.

Selain itu, kegiatan Berbagi Kebahagiaan yakni penyaluran sembako yang berasal dari zakat mal orang baik yang dititipkan kepada DSI untuk disalurkan kepada kaum duafa sebanyak 141 paket yang tersebar di Padang, Semarang, Jakarta, Makassar, dan Solo. DSI yakin melalui kolaborasi, kita mampu menciptakan perubahan yang lebih besar daripada kita lakukan secara individu.

Topik Menarik