Ilmuwan Ungkap Misteri Penyebab Terjadinya Lubang Raksasa di Antartika

Ilmuwan Ungkap Misteri Penyebab Terjadinya Lubang Raksasa di Antartika

Teknologi | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 15:08
share

Para ilmuwan akhirnya memecahkan misteri yang membingungkan mereka selama beberapa dekade: apa yang menyebabkan lubang raksasa di es Antartika?

Seperti dilansir dari Science Alert, lubang ini terletak di lapisan es di atas Laut Weddell Antartika, dekat puncak terendam bernama Maud Rise.

Lubang ini pertama kali terlihat pada tahun 1974 dan tidak selalu muncul setiap tahun, membuat para ilmuwan bertanya-tanya tentang kondisi yang diperlukan untuk membuatnya muncul.

Beberapa tahun setelah lubang muncul kembali pada tahun 2016 dan 2017, para ilmuwan mulai menemukan jawabannya.

Dengan menggunakan kombinasi citra satelit, instrumen otonom terapung, anjing laut dengan topi, dan pemodelan komputer, mereka menemukan bahwa anginlah yang menyeret lapisan air, menciptakan spiral Ekman.

"Transportasi Ekman," kata ahli kelautan Alberto Naveira Garabato dari Universitas Southampton di Inggris, "adalah elemen penting yang hilang yang diperlukan untuk meningkatkan keseimbangan garam dan mempertahankan pencampuran garam dan panas ke permukaan air."

Lubang-lubang di lautan es Antartika, yang dikenal sebagai polynyas, sering terlihat di dekat pantai dan digunakan sebagai jendela oleh mamalia laut seperti anjing laut dan paus untuk mengatur napas.

Topik Menarik