8 Artis Indonesia Ini Punya Sekolah Gratis, dari Ruben Onsu hingga Celine Evangelista

8 Artis Indonesia Ini Punya Sekolah Gratis, dari Ruben Onsu hingga Celine Evangelista

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 13:59
share

JAKARTA - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap 2 Mei. Momen ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di Tanah Air.

Bahkan, tak hanya Pemerintah, sederet artis cukup peduli pada pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan mendirikan sekolah atau yayasan gratis bagi anak-anak.

Baca Juga: 7 Makanan yang Meningkatkan Hormon Kebahagiaan, Bikin Happy Tiap Hari

Lantas, siapa saja artis yang membangun sekolah gratis untuk anak-anak? Berikut di antaranya, melansir dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2024).

Artis Indonesia yang Punya Sekolah Gratis

1. Cinta Laura

Cinta diketahui telah mendirikan sekolah gratis serta Yayasan Soekarseno. Sekolah gratis yang didirirkan oleh Cinta Laura ini diketahui berada di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

Tak hanya itu saja, aktris sekaligus penyanyi ini juga turut serta membangun sekolah yang telah lama terbengkalai hingga bisa difungsikan kembali.

2. Ruben Onsu

Ruben Onsu memilih untuk membangun sekolah saat merayakan ulang tahun pernikahannya dengan Sarwendah yang ke-6.

Sekolah tersebut pun berfokus pada anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis. Sekolah dengan nama Tempat Belajar Bunda Sarwendah ini diketahui terletak di Desa Cicareuh, Kabupaten Sukabumi.

3. Zaskia Adya Mecca

Usai menikah, Zaskia Adya Mecca memang milih untuk mengurangi kegiatannya di dunia hiburan. Namun, dirinya tetap aktif melakukan berbagai kegiatan lain yang bermanfaat.

Salah satunya ialah dengan membangun sebuah sekolah gratis serta pesantren kilat. Istri dari Hanung Bramantyo ini diketahui mendirikan Taman Pendidikan Al Quran Online.

4. Dian Sastrowardoyo

Artis yang peduli pendidikan selanjutnya yaitu Dian Sastrowardoyo. Dian mempunyai yayasan non-profit yang didirikan sejak 2009 bernama Yayasan Dian. Yayasan ini memiliki tiga fokus utama, yaitu memberi kontribusi positif dalam bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan, dan budaya Indonesia.

5. Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata mendirikan sekolah peduli alam karena kecintaan dan kepeduliannya kepada alam.

Tujuan Nadine membangun sekolah alam untuk mengajak masyarakat lebih peduli pada biota laut. Sekolah alam yang didirikan Nadine ini berada di daerah pelosok yang dikunjunginya saat travelling.

6. Yuni Shara

Artis yang peduli pendidikan datang juga dari Yuni Shara, kakak kandung dari Krisdayanti ini juga memiliki sekolah dengan biaya yang terbilang murah.

Hanya dibutuhkan biaya Rp2.500 untuk setiap siswa yang ingin sekolah di sana. Bahkan Yuni Shara juga mengizinkan muridnya untuk tidak membayar dengan uang melainkan memakai sayur dan buah-buahan.

7. Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi kakak dari YouTube Ria Ricis dan penceramah perempuan ini juga mendirikan sekolah sebagai bentuk kepedulian dirinya terhadap pendidikan.

Oki Setiana Dewi mendirikan pondok pesantren Maskanul Huffadz yang diartikan adalah tempat tenang untuk para penghafal Al Quran.

Yayasan pendidikan tersebut menyediakan tempat tinggal dan beasiswa bagi muslimah yatim, anak yatim piatu, mualaf, dan dhuafa dengan jarak usia dari 17 tahun hingga 22 tahun.

Baca Juga: AstraZeneca Akhirnya Akui Vaksin Covid-19 Produksinya Punya Efek Samping, Bisa Sebabkan Kematian

8. Celine Evangelista

Artis cantik mantan istri Stefan William ini diketahui memiliki jiwa sosial yang tinggi. Celine Evangelista bahkan mendirikan yayasan di bidang pendidikan yang diberi nama 'Yayasan Pendidikan Bunga Kasih'.

Yayasan tersebut bertempat di Sidoarjo, Jawa Timur untuk membantu anak yang kurang mampu secara gratis.

Celine diketahui mengandalkan penghasilannya dari dunia entertainment dan beberapa bantuan dari para donatur untuk menjalankan yayasan ini.

Topik Menarik