10 Jurusan S2 Paling Dibutuhkan di Masa Depan, Referensi Buat Ambil Pascasarjana

10 Jurusan S2 Paling Dibutuhkan di Masa Depan, Referensi Buat Ambil Pascasarjana

Terkini | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 12:24
share

Ini daftar 10 jurusan S2 paling dibutuhkan di masa depan. Salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah jurusan kuliah adalah prospeknya di masa depan. Termasuk dalam hal ini jurusan jenjang S2 (magister) yang dibutuhkan di masa depan.

Menurut data The BLS, The National Association of College and Employers, Payscale and The Association of American Colleges and Universities di Amerika Serikat yang dikutip dari akun Instagram Schoters, setidaknya ada 10 jurusan S2 paling dibutuhkan di masa depan hingga tahun 2026. Apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

10 Jurusan Kuliah S2 Paling Dibutuhkan di Masa Depan

1. Akuntansi

2. Ilmu Komputer

3. Ilmu Gizi

4. Ilmu Sosial

5. Ilmu Perpustakaan

6. Teknik Mesin

7. Matematika dan Statistika

8. Ilmu Keperawatan

9. Kesehatan Masyarakat

10. Ilmu Rekayasa Perangkat Lunak

Baca juga:Biaya Kuliah S2 Fakultas Hukum UI 2022/2023, Segini Setiap Kelasnya

Kuliah S2 di Indonesia Berapa Tahun?

Strata-2 atau S2 adalah jenjang pendidikan yang ditempuh setelah lulus sarjana (S1). Maka, tak heran jika kuliah S2 dikenal juga dengan Sekolah Pascasarjana.

Gelar S2 disebut dengan Magister atau disingkat "M". Gelar magister ditulis di belakang nama lulusan program studi Magister. Contoh penulisan gelar S2 yaitu Magister Psikologi (M.Psi.) atau Magister Ekonomi (M.E.).

Jika S1 menyusun skripsi, untuk bisa lulus S2 menyusun tesis. Lulusan S2 bisa kerja di mana saja, bukan hanya untuk menjadi dosen di kampus.

Umumnya, program magister atau kuliah S2 di Indonesia adalah sekitar 2 tahun dengan 4 semester. Lama kuliah S2 waktu 2 tahun itu, berlaku bagi mahasiswa/i yang telah mengikuti dan bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

Apabila mahasiswa/i tidak bisa selesai kuliah S2 dalam waktu 2 tahun, akan ada tambahan masa studi. Biasanya menjadi 8 semester atau 4 tahun.

Jumlah Semester Kuliah S2

Secara umum, jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) kuliah S2 adalah 36 SKS. Perlu diingat lagi, peraturan akademik program Magister tiap fakultas di universitas akan berbeda-beda.

Sebagai contohnya, mengutip laman Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Indonesia (UI), lama kuliah atau beban studi program magisternya adalah 40-44 SKS yang dijadwalkan untuk 4 semester.

Jumlah SKS tersebut bisa ditempuh sekurang-kurangnya dalam 2 semester, dan selama-lamanya 6 semester. Jumlah SKS maksimum per semester, yang bisa diikuti oleh mahasiswa program magister di FIB UI adalah 15 SKS.

Topik Menarik