Apakah Harimau Adalah Kucing? Ini Jawabannya!

Apakah Harimau Adalah Kucing? Ini Jawabannya!

Teknologi | sindonews | Selasa, 30 April 2024 - 16:30
share

Banyak yang bertanya-tanya, apakah harimau adalah kucing? Sebab, hewan tersebut sering sekali dijuluki kucing besar.

Harimau (Panthera tigris), adalah anggota terbesar dari keluarga kucing (Felidae), menurut Britannica. Meskipun harimau adalah kucing terbesar dan terkuat di dunia, mereka tetap memiliki banyak kesamaan dengan kucing rumahan. Harimau adalah hewan tercepat di darat, mampu berlari hingga 65 km/jam dalam jarak pendek.

Harimau memiliki penglihatan malam yang 6 kali lebih baik daripada manusia.

Harimau adalah salah satu hewan paling langka di dunia, dengan hanya tersisa sekitar 3.900 individu di alam liar. Harimau hanya bisa disaingi oleh singa (Panthera leo) dalam kekuatan dan keganasan. Hewan ini adalah predator puncak, artinya tidak memiliki predator atau musuh alami.

Keluarga Kucing

Harimau adalah anggota terbesar dari keluarga kucing dan dapat langsung dikenali berkat garis-garis oranye dan hitamnya yang mencolok. Predator puncak ini mampu memangsa semua ukuran, mulai dari hewan pengerat hingga anak gajah. lam beberapa dekade terakhir, aktivitas manusia seperti perburuan liar telah mendorong harimau ke jurang kepunahan. Jangkauan mereka di Asia hanyalah sebagian kecil dari sebelumnya, dan semua populasi harimau yang tersisa terancam punah.

Harimau tumbuh dengan panjang antara 2 meter hingga 3 meter dan berat hingga 300 kilogram, menurut World Wildlife Fund (WWF). Singa dapat mencapai panjang tubuh mirip harimau, tetapi singa lebih ringan, dengan berat hingga sekitar 250 kg, menurut Smithsonian's National Zoo.

Tidak ada dua harimau yang memiliki tanda yang sama, dan seperti sidik jari manusia, garis-garis mereka unik, menurut Wildlife Conservation Society. Di alam liar, garis-garis harimau berfungsi sebagai kamuflase untuk membantu hewan ini berbaur dengan lingkungannya.

Harimau liar hidup di Asia. Sebagian besar populasi mendiami daerah tropis di negara-negara seperti Thailand, India, dan Indonesia, tetapi harimau juga dapat ditemukan di lingkungan yang jauh lebih dingin, termasuk di timur jauh Rusia, menurut Panthera, sebuah organisasi konservasi kucing liar. Habitat harimau termasuk hutan tropis, hutan kering, hutan bakau yang banjir, dan taiga (hutan dingin dengan pohon cemara), menurut Kebun Binatang San Diego.

Saat ini, para ilmuwan memperkirakan bahwa harimau menempati kurang dari sekitar 6 dari tanah yang pernah mereka tempati, menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Kucing Terbesar di Dunia

Meski terlihat garang dan ganas, harimau sebenarnya termasuk dalam keluarga kucing (Felidae). Berikut beberapa fakta menarik yang menunjukkan bahwa harimau adalah kucing:

1. Anatomi:

Struktur Tulang: Harimau memiliki struktur tulang yang sama dengan kucing lain, seperti tulang belakang yang fleksibel dan kaki yang kuat dengan cakar yang dapat ditarik.

Gigi: Harimau memiliki 30 gigi, sama seperti kucing lain. Susunan giginya pun mirip, dengan gigi seri yang tajam untuk menggigit dan gigi geraham yang kuat untuk mengunyah daging.

Kumis: Harimau memiliki kumis panjang dan sensitif yang membantu mereka menavigasi dalam gelap dan berburu mangsa.

Lidah Kasar: Lidah harimau dilapisi dengan duri kecil yang membantu mereka merobek daging dan membersihkan tulangnya.

2. Perilaku

Mendengkur: Sama seperti kucing rumahan, harimau juga bisa mendengkur untuk menunjukkan rasa nyaman atau puas.

Mandi: Harimau suka mandi dan berenang untuk menyegarkan diri dan menjaga kebersihan tubuh mereka.

Berburu: Harimau adalah predator soliter yang berburu mangsa besar seperti rusa, babi hutan, dan kerbau. Mereka menggunakan teknik berburu yang mirip dengan kucing lain, seperti menguntit, menerkam, dan mencekik mangsanya.

Tidur: Harimau menghabiskan sekitar 16 jam sehari untuk tidur. Mereka biasanya tidur di tempat tersembunyi seperti gua, semak belukar, atau di bawah pohon.

Kehamilan: Masa kehamilan harimau sekitar 100 hari.

Anak Harimau: Anak harimau dilahirkan buta dan tidak berdaya. Mereka disusui oleh induknya selama sekitar 6 bulan.

Kedewasaan: Harimau mencapai kedewasaan secara seksual padausia3-4tahun.