9 Peninggalan Kerajaan Bali, Nomor 8 Makam Kuno Berukir Patung Ganesha

9 Peninggalan Kerajaan Bali, Nomor 8 Makam Kuno Berukir Patung Ganesha

Infografis | sindonews | Selasa, 30 April 2024 - 15:39
share

Terdapat cukup banyak peninggalan Kerajaan Bali dimulai dari prasasti, candi, hingga pura. Kerajaan Bali diketahui telah berdiri pada abad ke-8 Masehi dan termasuk kerajaan yang bercorak Hindu.

Masa kejayaan Kerajaan Bali terjadi saat masa pemerintahan Raja Dharmawangsa. Sedangkan keruntuhan kerajaan ini disebabkan oleh tipu daya yang dilakukan Patih Gajah Mada. Membuat wilayah Bali berada dalam kekuasaan Majapahit kala itu.

Untuk mengetahui keberadaan peradaban Kerajaan Bali ini terdapat sejumlah peninggalan yang dipercaya dipercaya sebagai bukti adanya kerajaan nusantara ini di masa lalu.

9 Peninggalan Kerajaan Bali

1. Prasasti Julah

Prasasti ini diketahui telah dibuat pada tahun 987 Masehi. Dalam prasasti Julah menyebut jika Raja Jayasadhu Warmadewa memberikan hadiah berupa desa Sembiran kepada rakyat desa Julah.

2. Prasasti Babahan

Prasasti ini dipercaya telah ada sejak 917 Masehi. Prasasti Babahan berisi tentang pembebasan pajak terhadap tempat-tempat suci yang ada di Bali.

3. Prasasti Blanjong

Prasasti ini berangka 835 Saka atau 914 M. Dalam prasasti ini disebutkan bahwa di Bali telah berkuasa raja-raja dari Dinasti Warmadewa.

4. Prasasti Pandak Bandung

Prasasti yang ditulis menggunakan aksara jawa kuno ini diketahui telah ada sejak 1011 Masehi. Berisi tentang wafatnya Ratu Gunapriya Dharmapatni dan Raja Dharma Sri Udayana Warmadewa.

5. Prasasti Hwang

Prasasti ini diketahui telah ada sejak 1011 Masehi. Berisikan tentang pemerintahan Raja Dharma Sri Udayana Warmadewa di Bali pada tahun-tahun terakhirnya.

6. Pura Agung Besakih

Pura Besakih adalah pura terbesar dan paling suci di Bali. Terletak di lereng Gunung Agung, pura ini adalah tempat pemujaan utama bagi umat Hindu Bali. Pura Besakih memiliki kompleks yang luas dengan banyak candi kecil yang tersebar di seluruh area.

7. Pura Telaga Suci Tirta Empul

Peninggalan Kerajaan Bali yang satu ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Jayasingha Warmadewa. Tempat ini dijadikan sebagai tempat penyucian dan pemujaan kepada Dewa Wisnu.

8. Goa Gajah

Goa Gajah adalah situs arkeologi yang memiliki makam-makam kuno dan gua berukir yang menggambarkan patung Ganesha, dewa Hindu berkepala gajah. Situs ini diyakini berasal dari abad ke-11.

9. Pura Bukit Durga Kutri

Peninggalan ini merupakan pendharmaan Ratu Gunapriya Dharmapatni (Mahendradatta). Lokasi peninggalan ini berada di desa Buruwan, Blahbatuh, Gianyar, Bali.

Itulah sembilan peninggalan Kerajaan Bali yang dipercaya sebagai bukti dasar adanya kerajaan nusantara tersebut di masa lalu.

Topik Menarik