10 Jurusan Teknik dengan Prospek Karier Cerah Alumninya di Masa Depan, Ada Prodimu?

10 Jurusan Teknik dengan Prospek Karier Cerah Alumninya di Masa Depan, Ada Prodimu?

Terkini | sindonews | Selasa, 30 April 2024 - 13:59
share

Ini daftar 10 jurusan teknik dengan prospek karier cerah di masa depan. Teknik selama ini dikenal sebagai salah satu jurusan kuliah dengan banyak peminat baik di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Prospek kerja menjanjikan lulusannya disebut menjadi salah satu alasan kenapa jurusan satu ini banyak difavoritkan calon mahasiswa baru. Artikel kali ini akan membahas daftar 10 jurusan teknik dengan prospek karier cerah di masa depan, simak ya!

10 Jurusan Teknik dengan Prospek Karier Cerah di Masa Depan

1. Teknik Informatika

Melalui jurusan kuliah ini mahasiswa akan mempelajari berbagai ilmu teknologi terkini dan juga mengembangkan kreativitas di bidang teknologi.

Prospek karier: Developer, Programmer, Technopreneur, Data Scientist, dan masih banyak lagi.

2. Teknik Sipil

Sudah tidak diragukan lagi jika jurusan Teknik Sipil dikenal menawarkan peluang karir cerah bagi lulusannya. Teknik Sipil sendiri merupakan cabang dari keteknikan yang mempelajari tentang bagaimana untuk membangun, merenovasi, merancang tidak hanya gedung maupun infrastruktur tetapi juga lingkungan guna kemaslahatan hidup manusia.

Prospek karier: Kontraktor, Peneliti dan Pengembang Properti, Analis Sistem, Sektor, dan sejenisnya.

3. Teknik Industri

Di jurusan Teknik Industri, mahasiswa akan belajar tentang bagaimana cara untuk mengoptimalisasi kegiatan manusia yang meliputi pengelolaan, produksi, serta ekonomi.

Prospek karier: Quality Control Manager, Market Research, Product Manager, dan sejenisnya.

4. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin sendiri mempelajari banyak hal, seperti konversi energi yang berkonsentrasi pada berbagai mesin misalnya sistem internal, mesin fluida, dan lain-lain.

Prospek karier: Pertambangan, otomotif, Insinyur Teknik Mesin di Manufaktur, dan masih banyak lagi.

Prospek karier: Land Surveyor, Site Investigator, atau Environmental Consultant.

6. Teknik Perminyakan

Mengembangkan ilmu pengolahan perminyakan, tambang minyak, panas bumi, dan juga gas seperti eksplorasi, pengeboran, serta distribusi migas akan dipelajari oleh mahasiswa yang memilih jurusan ini.

Prospek karier: Oil Exploration Engineer, Oil Well engineer, Natural Gas Engineer, Industri Pertambangan, Industri Perminyakan, dan sejenisnya.

7. Teknik Pertambangan

Melalui jurusan Teknik Pertambangan mahasiswa akan belajar tentang proses penggalian dan juga pengolahan mineral berharga dengan menerapkan teknologi, contohnya batubara atau minyak bumi.

Prospek karier: Insinyur Bor, Insinyur Energi, Konsultan Pertambangan, Industri Migas, Industri Tambang, dan sejenisnya.

8. Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia merupakan salah satu prodi yang mempelajari tentang teknologi perancangan pabrik

Prospek karier: Dosen, Perminyakan, Farmasi, atau Konsultan Industri Kimia.

9. Teknik Fisika

Sementara untuk di jurusan Teknik Fisika, para mahasiswa akan belajar tentang ilmu fisika dan teknik, mulai dari desain hingga perencanaan konstruksi alat berat.

Prospek karier: industri migas dan tambang, telekomunikasi, professional control sistem, mesin, otomotif, property, dan masih banyak lagi.

10. Teknik Perkapalan

Program studi yang satu ini akan memberikan materi bagi mahasiswanya tentang eksplorasi sains serta teknik pada bidang, desain, hidrodinamika, dan struktur berikut pembangunan kapal.

Prospek karier: industri lepas pantai, reparasi kapal, sektor pembangunan kapal baru

Topik Menarik