Dibully AS, China Siap Balas Dendam

Dibully AS, China Siap Balas Dendam

Global | sindonews | Selasa, 30 April 2024 - 11:13
share

Beijing menganggap rancangan undang-undang anti-China yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebagai tindakan bullying atau perundungan.

Pemerintah China menyatakan siap melakukan pembalasan yang kuat jika Washington tidak mengubah arahnya terhadap inisiatif yang bermusuhan tersebut.

Beijing mempermasalahkan rencana AS untuk melawan pengaruh China dengan menghabiskan USD8 miliar untuk inisiatif keamanan Indo-Pasifik, termasuk bantuan militer ke Taiwan, serta undang-undang baru yang akan melarang TikTok jika platform berbagi video tersebut tidak dijual oleh perusahaan induknya di China dalam waktu 12 bulan.

Biden telah menyerukan untuk mengakhiri ketergantungan AS pada impor bahan-bahan dari China dan menyebut para pemimpin China sebagai orang jahat yang akan melakukan hal-hal buruk ketika mereka mempunyai masalah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian mengeklaim pada hari Senin bahwa tindakan terbaru AS melanggar kedaulatan China. Kami mendesak AS untuk menghormati kepentingan inti dan kekhawatiran utama China, dan tidak menerapkan pasal-pasal negatif mengenai China, kata Lin di Beijing.

Jika tidak, China akan mengambil tindakan yang kuat dan tegas untuk menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan kami," lanjut Lin, yang dilansir Russia Today , Selasa (30/4/2024).

China mengeklaim kedaulatan atas Taiwan, yang dipandangnya sebagai provinsi yang memisahkan diri--sebuah posisi yang telah diakui, tanpa didukung oleh AS, sejak tahun 1970-an.

Washington juga mempertahankan kebijakan ambiguitas strategis", yang berarti AS berupaya mencegah perebutan Taiwan oleh China dengan membuka kemungkinan bahwa hal itu akan membantu mempertahankan pulau dengan pemerintahan mandiri tersebut.

Menurut Lin, undang-undang bantuan Taiwan yang baru melanggar komunike AS-China mengenai "prinsip satu Tiongkok".

"Hal ini juga mengirimkan sinyal yang sangat salah kepada separatis Taiwan," katanya, seraya menambahkan bahwa Washington kembali mengungkapkan sifat hegemonik dan penindasannya".

Ketegangan baru antara AS dan China terjadi setelah kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Beijing dan Shanghai pekan lalu. Sekembalinya ke Washington, diplomat top AS itu menuduh Beijing mencoba memanipulasi pemilu Amerika.

Lin membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa hal itu berasal dari paranoia dan pengejaran bayangan".

Lin juga kecewa dengan tuduhan Blinken bahwa China mengekspor barang-barang yang dapat digunakan ganda untuk membantu Rusia memproduksi lebih banyak senjata untuk digunakan melawan Ukraina.

Dia mencatat bahwa China telah mendorong perundingan perjanjian damai di Ukraina, berbeda dengan peran AS sebagai penghasutnya.

Hak China atas perdagangan normal dan pertukaran ekonomi dengan negara-negara di dunia, termasuk Rusia, atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan tidak boleh diganggu atau diusik, kata Lin.

AS terus mengalirkan amunisi ke Ukraina sambil menyalahkan perdagangan normal kami dengan Rusia. Sudah cukup jelas siapa sebenarnya yang mengobarkan api dan memperburuk krisis ini," imbuh dia.

Topik Menarik