5 Negara yang Dilanda Banjir Bandang selama 2024

5 Negara yang Dilanda Banjir Bandang selama 2024

Berita Utama | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 02:45
share

Semester awal 2024 dipenuhi dengan banyak tragedi bencana alam, seperti banjir bandang yang melanda banyak negara. Itu disebabkan perubahan iklim dan cuaca ekstrem yang memicu curah hujan meningkat drastis.

Apalagi, bencana banjir bandang juga melanda banyak negara yang maju. Seperti halnya Uni Emirat Arab yang dilanda banjir dan badai sehingga melumpuhkan bandara di Dubai. Selain itu, bencana banjir di Inggris juga mengakibatkan banyak kerugian besar.

5 Negara yang Dilanda Banjir Bandang selama 2024

1. Uni Emirat Arab

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, hujan dengan rekor tertinggi yang terjadi di Uni Emirat Arab pada April ini. Itu memicu banjir dan kekacauan yang mematikan, sebagian disebabkan oleh krisis iklim.

Sebuah tim yang terdiri dari 21 ilmuwan dan peneliti, di bawah inisiatif Atribusi Cuaca Dunia, menemukan bahwa perubahan iklim menyebabkan curah hujan ekstrem di kedua negara yang biasanya terjadi selama tahun-tahun El Nio menjadi 10 hingga 40 lebih intens dibandingkan tanpa curah hujan yang tinggi. pemanasan global.

Selama periode kurang dari 24 jam antara tanggal 14 dan 15 April, Uni Emirat Arab mengalami curah hujan terberat sejak pencatatan dimulai 75 tahun lalu. Dubai sebuah kota gurun mewah yang terbiasa berbulan-bulan tanpa curah hujan sama sekali mengalami curah hujan yang setara dengan lebih dari satu setengah tahun pada waktu itu, kata analisis tersebut.

Dengan menggunakan model ilmiah, tim tidak dapat menentukan secara pasti seberapa besar kemungkinan terjadinya banjir akibat perubahan iklim.

Namun, mereka menyimpulkan bahwa pemanasan global adalah faktor yang paling mungkin mendorong tingginya curah hujan, karena atmosfer di dunia yang lebih hangat 1,2 derajat kini dapat menampung 8,4 lebih banyak kelembapan, sehingga membuat kejadian hujan ekstrem menjadi lebih intens. Perubahan pola sirkulasi yang disebabkan oleh pemanasan global juga meningkatkan intensitas curah hujan, kata analisis tersebut.

2. Pakistan

Foto/Reuters

Petir dan hujan lebat telah menewaskan ratusan orang di seluruh Pakistan pada April. Sedikitnya 50 orang tewas di Pakistan akibat badai yang menerjang negara itu.

Sebagian besar kematian di Pakistan dilaporkan terjadi di provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhwa, di mana hujan lebat dan banjir bandang memicu tanah longsor, merusak rumah, dan menumbangkan pohon.

Hujan menyebabkan puluhan rumah runtuh di barat laut dan timur provinsi Punjab. Juru bicara badan penanggulangan bencana provinsi mengatakan 21 orang tewas.

3. Inggris

Sungai-sungai besar di seluruh Inggris dilanda banjir pada April setelah hujan lebat, dan pemerintah mengeluarkan lebih dari 300 peringatan banjir, operator perjalanan mengumumkan gangguan serius dan sekitar 1.000 rumah mengalami kerusakan sejauh ini.

Badai yang terjadi berturut-turut dalam beberapa minggu terakhir menyebabkan curah hujan berkepanjangan menyebabkan tanah jenuh air dan dengan cepat menyebabkan sungai dan saluran air yang sudah meluap meluap di seluruh Inggris dan Wales.

Badai juga menyebabkan banjir di wilayah lain Eropa dalam beberapa hari terakhir.

Sungai Trent di Inggris tengah banjir, mendorong pemerintah setempat mengumumkan insiden besar. Dinas pemadam kebakaran London mengatakan pihaknya harus mengawal sekitar 50 orang ke tempat aman pada Kamis malam setelah sebuah kanal di timur ibu kota meluap.

"Kita sadar, seperti yang akan dilihat banyak orang, situasi yang sangat basah di seluruh negeri," kata Caroline Douglass, direktur yang bertanggung jawab atas pengelolaan banjir di Badan Lingkungan Hidup, kepada BBC.

4. Tanzania

Banjir telah menewaskan 58 orang di Tanzania selama bulan April, sehingga mendorong negara Afrika Timur tersebut untuk mencari solusi melalui proyek-proyek infrastruktur besar.

Pemerintah mengumumkan jumlah korban tewas pada Minggu malam ketika hujan lebat terus melanda negara itu. Bulan April menandai puncak musim hujan di Tanzania, dan tahun ini diperburuk oleh fenomena El Nino, yang menyebabkan kekeringan dan banjir di seluruh dunia.

Dari 1 April hingga 14 April 2024, ada 58 kematian yang disebabkan oleh hujan lebat yang menyebabkan banjir, kata juru bicara pemerintah Mobhare Matinyi dalam konferensi pers, menekankan bahwa wilayah pesisir negara itu adalah salah satu yang paling parah terkena dampaknya.

Dampak banjir yang serius dialami di wilayah pesisir dimana sejauh ini 11 orang telah meninggal dunia, tambahnya.

Tanzania berencana membangun 14 bendungan untuk mencegah banjir di masa depan, kata juru bicara tersebut.

Empat bulan lalu, setidaknya 63 orang tewas akibat banjir di Tanzania utara yang juga memicu tanah longsor yang menghancurkan.

5. China

Melansir CNN, hujan lebat selama beberapa hari telah melanda China selatan, memicu banjir mematikan dan mengancam kehidupan puluhan juta orang ketika tim penyelamat bergegas mengevakuasi penduduk yang terjebak oleh naiknya air.

Provinsi Guangdong, pusat perekonomian yang menampung 127 juta orang, dilanda banjir besar yang memaksa lebih dari 110.000 orang harus direlokasi pada April.

Sejak tanggal 16 April, hujan deras yang berkepanjangan telah mengguyur Delta Sungai Pearl, jantung manufaktur Tiongkok dan salah satu wilayah terpadat di negara tersebut, dengan empat stasiun cuaca di Guangdong mencatat rekor curah hujan tertinggi pada bulan April.

Lembah Sungai Pearl sering dilanda banjir tahunan mulai bulan April hingga September, namun wilayah ini menghadapi badai hujan yang lebih deras dan banjir besar dalam beberapa tahun terakhir karena para ilmuwan memperingatkan bahwa krisis iklim akan memperburuk cuaca ekstrem, menjadikannya lebih mematikan dan lebih sering terjadi.

Topik Menarik