Cerita Mantan Mata-mata Seks Rusia Dilatih Sebagai Manipulator Ulung

Cerita Mantan Mata-mata Seks Rusia Dilatih Sebagai Manipulator Ulung

Global | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 09:39
share

Aliia Roza, mantan mata-mata seksi Rusia, angkat bicara perihal pelatihannya menjadi agen Kremlin. Roza, yang dijuluki sebagai "mata-mata seks" Moskow ini telah bungkam selama dua dekade terkait perannya.

Perempuan menawan yang bukan lagi berstatus sebagai warga negara Rusia itu mengungkap kisahnya tentang spionase dalam podcast baru dari Tenderfoot TV dan iHeartPodcasts : "To Die For ."

Foto/Courtesy of Aliia Roza

Podcast tersebut mengeklaim sebagai pertama kalinya seorang seduction agent (agen rayuan) yang dilatih oleh Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia berbicara tentang pelatihan, teknik, target, dan misinya".

Ini diluncurkan oleh Neil Strauss, penulis "The Game" yang juga menulis "The Dirt" tentang band rock Mtley Cre.

Sudah lebih dari dua dekade saya bungkam, kata Roza kepada Fox News Digital , yang dilansir Senin (29/4/2024).

Tetapi karena beberapa alasan, saya tidak dapat berdiam diri. Saya tidak dapat hidup dengan rasa sakit ini lagi, meskipun saya telah melalui semua trauma ini. Jika bukan saya yang [berbicara], lalu siapa yang akan berbicara?"

Dalam podcast tersebut, pendengar akan mengetahui bagaimana Roza berhasil melarikan diri dari Moskow bersama putranya yang masih kecil. Roza mengaku ingin memberikan kehidupan yang lebih baik kepada anaknya.

Prestasi terbesar dalam hidup saya adalah menjadi orang tua, jelas Roza, yang kini tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Saya ingin mengalami hal itu. Saya ingin menciptakan sebuah keluarga. Saya ingin memiliki anak. Dan saya tidak diizinkan melakukan itu. Dan kemudian saya menyadari, 'Tunggu sebentar. Saya hanya menjalani satu kehidupan. Saya tidak ingin menghabiskan hidup saya berkorban demi sesuatu yang tidak saya yakini lagi'. Itulah saat ketika saya mencari kemungkinan untuk melarikan diri."

Foto/Courtesy of Aliia Roza

Roza dilahirkan dalam keluarga Kazakh-Tatar dari seorang perwira militer berpangkat tinggi di Uni Soviet.

Kakeknya berperang melawan Nazi selama Perang Dunia II, dan ayahnya adalah seorang perwira tinggi selama lebih dari 45 tahun.

Semasa kecil, kata Roza, dia pernah mengikuti program khusus pemerintah untuk anak-anak perwira tinggi.

Roza menceritakan bagaimana dia pernah mempunyai impian besar untuk menekuni dunia desain fesyen. Namun ayahnyalah, katanya, yang memperingatkannya: "Tidak ada pilihan lain."

Saya dilatih sejak usia dini untuk melakukan berbagai hal seperti seni bela diri, aktivitas fisik, klaim Roza.

Saya belajar, kita tidak boleh menyerah, tidak boleh rentan, tidak boleh lemah, tidak boleh menangis. Tidak ada yang boleh mengikuti program ini. Kalau tidak ada anggota keluarga yang berpangkat tinggi, tidak mungkin," paparnya.

"Saya tidak pernah berpikir saya akan [nantinya] mengikuti program seks," imbuh dia.

Pada usia 18 tahun, kata Roza, dia terpilih dari 350 siswa untuk berpartisipasi dalam program rahasia yang dikembangkan oleh mantan psikolog KGB dan perwira tinggi.

Di sana, kata Roza, dia belajar bagaimana menggunakan rayuan dan persuasi untuk mendapatkan informasi dari sasaran musuh.

Bukan sekedar sekssebenarnya sangat jauh dari seks, jelas Roza. Ini semua tentang seni komunikasi. Kita diajari cara berdandan, cara merias wajah, cara menampilkan diri, cara berbicara dengan target, cara membuat target percaya dan memercayai Anda. Ini adalah tentang psikologi manusia, penjahat, laki-laki. Ini tentang memahami perspektif laki-laki dan apa sebenarnya yang mereka inginkan," paparnya.

Saat Anda merayu, itu sesederhana memulai dengan pujian yang baik, lanjutnya.

"Bukan hanya, 'Saya suka jaket Anda'. Itu harus menjadi sesuatu yang benar-benar spesifik dan pantas sejak saat itu. Ini akan membuat orang-orang tertarik pada Anda. Mereka akan mulai menyukai Anda. Dan kapan Anda tahu cara memimpin percakapan, orang akan menjadi sangat terbuka kepada Anda. Mereka akan menjadi sangat ramah. Anda belajar bagaimana bersikap sopan, ramah, dan penuh hormat dalam masyarakat," imbuh Roza.

"Dan ada teknik seksnya," godanya. "Ini benar-benar hardcore . Tapi ini membuat target Anda terobsesi pada Anda. Itu permainan yang benar-benar berbeda."

Foto/Courtesy of Aliia Roza

Roza mengatakan butuh waktu bertahun-tahun baginya untuk kemudian menyadari bahwa dia telah "dicuci otak" sebagai manipulator ulung.

"Itu membuat target Anda terobsesi pada Anda," katanya.

Saya dibuat percaya bahwa saya adalah pahlawan yang berjuang melawan perdagangan manusia dan narkoba, menyelamatkan semua anak di bawah umur yang diculik dari keluarga mereka, katanya.

Saya melihat semua orang tua datang ke departemen kami sambil menangis, memohon agar kami membantu."

Kami sebagai agen memiliki gaji yang sangat rendah. Kami mendapat sekitar USD100 sebulan dengan bekerja enam hari seminggu. Tapi saya merasa patriotik. Saya merasa seperti pahlawan yang menyelamatkan nyawa seseorang. Dan saya merasa sangat berkuasa. Saya merasa tidak ada seorang pun yang bisa melakukannya. Saya mengorbankan tubuh saya untuk melakukan semua misi ini. Jadi, saya melepaskan emosi saya dari tubuh saya," paparnya.

Pada akhirnya, ketika saya menyelamatkan nyawa seseorang, saya merasa senang karenanya, lanjut Roza.

Tetapi saya tidak pernah bertanya pada diri sendiri bagaimana perasaan saya berada di tubuh yang terus-menerus dianiaya dan diperkosa oleh laki-laki secara acak. Salah satu mantan agen FBI mengatakan saya adalah mainan rusak, bahwa saya sendiri adalah korban perdagangan seks. Tapi semua teman sekelas saya, kami tidak merasa seperti ini. Kami merasa patriotik. Kami siap berkorban dan melakukan apa pun untuk pemerintah kami. Itulah yang saya rasakan," katanya.

Strauss mengatakan kepada Fox News Digital bahwa, pada awalnya, sulit mempercayai cerita Roza. Namun setelah melakukan penelitian dan berbicara dengan sumber, sulit untuk mengabaikan klaimnya.

Saya hanya meliput cerita Aliia selama di Rusia, jelasnya. Tetapi ada dunia yang berbeda, cerita yang berbeda. Ada pengalaman yang sangat intens, trauma, PTSD. Terjadi di tempat yang tidak diharapkan oleh siapa pun," katanya.

"Saya ingat pertama kali saya diperkenalkan dengan Aliia saat makan malam," kenang Strauss.

Ketika dia mulai berbicara, semua orang menghentikan apa yang mereka lakukan. Mereka hanya mendengarkannya. Dia terdiam selama sisa makan. Hanya itu yang bisa saya pikirkan setelahnya. Ada sebuah cerita di sini yang perlu diceritakan. Dan itu juga cara dia menceritakan kisahnya. Saya belum pernah mendengar hal seperti itu sebelumnya," ujarnya.

Pada tahun 2004, Roza jatuh cinta dengan seorang pria yang ingin dia kumpulkan informasi intelijennya, menurut laporan New York Post . Menurut outlet tersebut, rekan pria tersebut mengetahui bahwa dia adalah mata-mata. Dengan bantuan kekasihnya, Roza melarikan diri dari Moskow dan akhirnya menetap di Los Angeles.

Roza belum kembali ke Rusia selama lebih dari satu dekade, katanya.

Dia menggunakan nama baru, nama yang masih dia gunakan sampai sekarang.

Roza mengatakan meski berupaya menghentikan perdagangan manusia dan narkoba sebagai mata-mata, dia juga merasa dimanfaatkan oleh pemerintah Rusia.

Saya melihat semua agen perempuan lainnya yang mencapai usia tertentu, seperti 56 tahun, katanya.

Mereka sangat sengsara, sangat kesepian. Mereka tidak diizinkan memiliki kehidupan pribadi. Mereka tidak bisa memiliki keluarga. Saya tidak bisa membiarkan hal itu terjadi pada saya.

Hari ini, Roza mengajarkan tips rayuannya bukan kepada agen yang sedang dalam pelatihan, tetapi kepada wanita yang ingin meningkatkan harga diri mereka. Dia memiliki lebih dari satu juta pengikut di Instagram.

Dia menggambarkan dirinya "kecewa" dengan perang Rusia-Ukraina.

Putin yang memulai perang, katanya, merujuk pada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Semua orang yang tidak bersalah ini meninggal tanpa alasan. Mengerikan. Kita perlu menyuarakan hal ini karena ini belum berakhir. Siapa yang akan menentang kejahatan ini? Apa yang terjadi di dunia? Saya berharap cerita saya akan mendorong perempuan untuk terinspirasi, saling mendukung dan berbagi cerita. Saya harap kita bisa bersatu," paparnya.

Strauss berharap podcast ini akan meminta mantan mata-mata wanita lainnya untuk melapor.

Apa yang menonjol bagi saya? Kebanyakan orang takut untuk berbicara, jelasnya. Dan jika program intelijen Rusia begitu luas, mengapa hanya sedikit orang yang mau melapor? Dan saya pikir banyak orang tidak memahami bagaimana rasanya bagi seorang perempuan yang tumbuh di komunitas intelijen militer Rusia, kurangnya hak, kurangnya hak pilihan, pelecehan dan kengerian yang terjadi di sana," katanya.

Saya dapat memberitahu Anda dari meneliti kisah Aliia itu tidak berjalan baik bagi siapa pun, tambahnya.

"Para agen sama-sama dieksploitasi seperti halnya targetnya. Saya pikir tidak ada pemenang di sini jika Anda menggunakan seks dan cinta sebagai senjata perang."

Topik Menarik