9 Fakta Gempa Garut Menurut BMKG, Salah Satunya Spektrum Luas

9 Fakta Gempa Garut Menurut BMKG, Salah Satunya Spektrum Luas

Nasional | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 07:50
share

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan fakta-fakta tentang gempa M6,2 yang berpusat di Samudera Hindia, selatan Jawa Barat, Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29.47 WIB. Salah satunya, gempa memiliki spektrum luas yang mencakup wilayah selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Gempa Garut berkekuatan M6,2 terasa cukup kuat hingga Jakarta. Gempa ini juga menyebabkan 110 unit rumah rusak dengan korban luka 8 orang. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari merinci tingkat kerusakan rumah, meliputi 3 unit rumah rusak berat (RB), 21 unit rumah rusak sedang (RS), 34 unit rumah rusak ringan (RR), 11 unit rumah terdampak, dan 41 unit rumah rusak.

Baca juga: Gempa Garut Sebabkan 110 Rumah Rusak

9 Fakta Gempa Garut

1. Berpusat di Laut

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya, Senin (29/4/2024), mengatakan, gempa berpusat di laut (Samudera Hindia) pada jarak 156 Km arah barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman hiposenter 70 km.

2. Gempa Kedalaman Menengah

Menurut Daryono, jenis gempa kedalaman menengah, yang dipicu deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Lempeng Eurasia di selatan Jawa barat, dengan mekanisme sumber gempa pergerakan geser-naik (oblique thrust).

3. Gempa Dalam Lempeng

Daryono mengatakan, para ahli lazim menyebutnya sebagai gempa dalam lempeng (intra-slab earthquake) akibat pecahnya batuan dalam slab lempeng. Salah satu keistimewaan gempa intra slab adalah sanggup meradiasikan guncangan gempa (ground motion) yang lebih dahsyat dari gempa lain dengan sumber lain.

4. Bukan Gempa Megatrust

Daryono menegaskan bahwa gempa M6,2 ini bukan gempa megathrust, yang dibuktikan dengan data penampang melintang hiposenter (cross-section) yang menunjukkan hiposenter gempa terletak di dalam slab Lempeng Samudra Indo-Australia.

5. Hanya Diikuti Satu Gempa Susulan

Gempa utama hanya diikuti oleh satu gempa susulan (aftershock), dengan magnitudo 3,1 yang terjadi pada 27 April 2024 pukul 23.45.13 WIB.

6. Miskin Gempa Susulan

Daryono menjelaskan, gempa utama miskin gempa susulan (lack of aftershock) karena batuan slab Lempeng Samudra Indo-Australia bersifat homogen, elastis, dan tidak mudah rapuh (ductile).

7. Bersifat Destruktif

Gempa Garut bersifat destruktif. Gempa mengguncang kuat di Tegalbulued, Pamulihan, Sukanagara, Cempaka, Langkaplancar dan Lembang dengan skala intensitas V MMI dan menimbulkan kerusakan di Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, dan Ciamis.

8. Spektrum Luas

Karena hiposenternya dalam, maka gempa ini memiliki spektrum luas yang mencakup daerah Kebumen, Banyumas, Cilacap dan Purwokerto, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Trenggalek, hingga Malang.

9. Tidak Berpotensi Tsunami

Hasil monitoring Tide Gauge milik Badan Informasi Geospasial (BIG) di Pantai Tasikmalaya dan Cilacap tidak menunjukkan adanya anomali muka laut. Gempa yang terjadi belum mampu menyebabkan gangguan kolom air laut/ tsunami, salah satunya karena hiposenternya yang cukup dalam.

Topik Menarik