5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol, Lemak Tak Jenuh Pilihan Terbaik

5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol, Lemak Tak Jenuh Pilihan Terbaik

Berita Utama | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 06:20
share

JAKARTA – Mereka yang memiliki kolesterol tinggi harus waspada. Pasalnya, penyakit ini meningkatkan kemungkinan terkena stroke dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Dikutip stars insider, kolesterol adalah zat mirip lemak yang ditemukan di setiap tubuh manusia. Ini pada dasarnya tidak buruk, tetapi apa pun dalam hidup, mengonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan masalah.

Baca Juga: Sering Pusing Gejala Penyakit Apa? Waspada 10 Kondisi Ini

Kolesterol tinggi sering kali disebabkan oleh pola makan tinggi lemak jenuh, obesitas, dan kurang olahraga. Mereka yang menderita diabetes mempunyai risiko lebih tinggi terkena kolesterol tinggi, dan beberapa orang memang memiliki kecenderungan genetik.

Pengobatan terkadang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, namun perubahan gaya hidup adalah garis pertahanan pertama. Untungnya, ada banyak cara alami untuk meningkatkan keseimbangan kolesterol dalam tubuh Anda.

Cara alami menurunkan kolesterol

Sama seperti lemak, kolesterol merupakan bagian penting dari tubuh manusia dan memiliki banyak fungsi penting. Sama seperti lemak, menjadi masalah jika jumlahnya terlalu banyak, terutama di tempat yang salah.

Kolesterol diproduksi di hati dan digunakan dalam produksi beberapa hormon penting. Kolesterol bergerak ke seluruh tubuh dengan bantuan lipoprotein. Ada dua jenis utama: lipoprotein densitas rendah (LDL), dan lipoprotein densitas tinggi (HDL).

LDL (kolesterol rendah)Kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Mereka dapat meninggalkan timbunan kolesterol di dinding pembuluh darah, yang menyebabkan penyumbatan arteri, stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

HDL (kolesterol tinggi)HDL, di sisi lain, adalah metode transportasi kolesterol yang jauh lebih baik! Ini membawa kolesterol menjauh dari dinding pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit tersebut.

5 Cara Alami Menurunkan KolesterolDalam hal menurunkan kolesterol, penting untuk melakukan dua hal sekaligus. Anda perlu menurunkan kadar kolesterol LDL, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Serangan dua arah ini memiliki manfaat kesehatan paling besar.

1. Lemak tak jenuh tunggal Banyak orang beranggapan bahwa diet rendah lemak adalah cara terbaik untuk meningkatkan kadar kolesterol. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Meski lemak jenuh bisa berbahaya, menghilangkan lemak sama sekali memiliki dampak buruk. Tubuh tetap membutuhkan lemak sehat dan kolesterol HDL.

Mereka yang melakukan diet rendah lemak mungkin menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya dalam darahnya, namun juga menurunkan kadar kolesterol HDL yang bermanfaat. Pilihan terbaik adalah fokus pada lemak tak jenuh tunggal karena dapat menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.

Beberapa sumber lemak tak jenuh tunggal terbaik termasuk minyak zaitun, minyak canola, alpukat, dan kacang pohon seperti kenari, almond dan kacang mete.

2. Lemak tak jenuh ganda dan omega 3 Lemak tak jenuh ganda adalah jenis lemak lain yang mengurangi kolesterol LDL berbahaya dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 13.000 orang dewasa menunjukkan bahwa mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda dalam makanan mengurangi risiko penyakit arteri koroner hampir 20.

Asam lemak omega-3 adalah salah satu bentuk lemak tak jenuh ganda yang paling menyehatkan jantung. Mereka ditemukan dalam suplemen makanan laut dan minyak ikan. Sumber alami omega 3 terbaik adalah salmon, mackerel, herring, dan tuna.

3. Hindari lemak trans Lemak trans adalah sejenis lemak tak jenuh yang telah diubah melalui proses hidrogenasi. Hal ini menjadikan lemak lebih stabil dan cocok untuk produk makanan seperti minyak sayur, mentega, dan margarin.

Lemak trans tetap padat pada suhu kamar, sehingga perusahaan makanan lebih memilih menggunakannya dalam produk seperti kue kering dan kue kering, karena teksturnya lebih baik daripada lemak tak jenuh. Mereka mungkin nyaman bagi produsen, tetapi menyebabkan masalah pada tubuh.

Lemak trans menurunkan kadar kolesterol HDL yang bermanfaat dan meningkatkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya. Temuan studi global menunjukkan bahwa lemak trans bertanggung jawab atas 8 kematian akibat penyakit jantung di seluruh dunia.

4. Serat larut Serat larut merupakan senyawa yang terdapat pada tumbuhan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Namun, bisa dicerna oleh bakteri baik yang hidup di usus! Bakteri baik atau probiotik ini membutuhkan serat larut untuk berkembang.

Usus sehat yang penuh dengan probiotik membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat lebih efektif dalam meningkatkan kadar kolesterol dibandingkan obat resep tertentu.

Beberapa sumber serat larut terbaik termasuk kacang polong, buncis, lentil, buah, oat, dan biji-bijian. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen serat seperti psyllium.

Baca Juga: Berapa Hari setelah Haid Masa Subur? Begini Cara Menghitung Siklus Ovulasi

5. Olahraga Olahraga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain melawan obesitas dan meningkatkan kesehatan jantung, olahraga juga bekerja secara ajaib pada kadar kolesterol. Keduanya mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dan meningkatkan kolesterol HDL yang bermanfaat.

Olahraga dengan intensitas rendah, seperti berjalan kaki dapat meningkatkan kadar HDL. Namun, semakin intens dan sering berolahraga, semakin banyak manfaat yang akan Anda dapatkan.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik 30 menit lima hari seminggu sudah cukup untuk meningkatkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Topik Menarik