8 Tanda Gejala Stroke, dari Pusing hingga Mati Rasa

8 Tanda Gejala Stroke, dari Pusing hingga Mati Rasa

Berita Utama | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 05:40
share

JAKARTA - Tahukah Anda tanda-tanda gejala stroke ? Ya, stroke menjadi penyebab kematian kedua terbanyak di dunia menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Stroke juga menjadi penyebab kecacatan ketiga paling umum.

Namun, meski penyakit stroke ini sangat umum terjadi, masih sulit untuk membedakan gejala stroke dari penyakit lainnya.

Dikutip stars insider, menurut WHO, stroke menyebabkan kematian 6,2 juta orang pada 2015. Peringkat ini menempatkan stroke pada urutan kedua dalam daftar 10 penyebab kematian utama di seluruh dunia, kedua setelah penyakit jantung iskemik.

Apa itu stroke? Menurut (WHO), stroke terjadi ketika sel-sel otak tertentu mati mendadak karena kekurangan oksigen. Hal ini terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu baik karena penyumbatan atau pecahnya arteri di otak.

Dalam hal mendeteksi stroke dan mendapatkan bantuan, kecepatan adalah segalanya. Hal ini karena pengobatan yang segera dapat memberikan perbedaan antara hidup dan mati atau perbedaan antara kesembuhan total dan kecacatan jangka panjang.

American Stroke Association (ASA) merekomendasikan penggunaan F.A.S.T. penilaian untuk mengenali gejala stroke. Hal ini meliputi pemeriksaan tanda-tanda wajah terkulai (F), kelemahan pada lengan (A), dan kesulitan berbicara (S).

Jika Anda memperhatikan semua ini maka inilah saatnya (T) melakukan panggilan darurat. Kebanyakan kasus stroke hanya dapat diidentifikasi dengan tes ini.

Gejala stroke

1. Wajah Untuk memulai F.A.S.T., Anda harus mengamati apakah salah satu sisi wajah terkulai. Minta orang tersebut untuk tersenyum dan menilai, apakah senyumannya tampak tidak rata atau miring.

2. Lengan Apakah ada kelemahan pada lengan individu tersebut? Minta mereka untuk mengangkat kedua tangannya. Apakah salah satu lengannya tampak lebih rendah dari yang lain atau apakah mereka tidak mampu mengangkat salah satu lengannya?

3. Ajak bicara Mintalah mereka untuk mengucapkan kalimat yang lugas. Apakah ada kata-kata yang tidak jelas dalam ucapan mereka?

4. Waktu ASA menyarankan, jika seseorang menunjukkan gejala-gejala tersebut, meskipun gejalanya sudah hilang, penting untuk menghubungi layanan darurat dan memberi tahu mereka bahwa itu mungkin stroke. Bantuan akan segera disalurkan.

Selalu hubungi bantuan darurat, terlepas dari ketidakpastian apa pun mengenai gejalanya, karena waktu bisa menjadi sangat penting. Saat menghubungi layanan darurat, jelaskan gejalanya kepada operator telepon.

ASA mengatakan bahwa gejala tambahan mungkin muncul secara individual atau bersamaan dengan tanda F.A.S.T.

5. Disorientasi Apakah tiba-tiba timbul kebingungan, kesulitan berbicara atau kesulitan memahami saat berkomunikasi?

6. Mati rasa pada tubuh Gejala lain yang mungkin terjadi adalah rasa mati rasa atau kelemahan yang tiba-tiba pada wajah, lengan, atau kaki, terutama pada satu sisi tubuh.

7. Pusing Tanda-tanda stroke lainnya adalah kesulitan berjalan, merasa pusing dan kehilangan keseimbangan atau koordinasi.

8. Sakit kepala Apakah orang tersebut menderita sakit kepala hebat tanpa sebab yang jelas? Ini bisa menjadi tanda gejala stoke.

Topik Menarik