Jika Raja Charles Meninggal Dunia, Apakah Camilla Tetap Jadi Ratu?

Jika Raja Charles Meninggal Dunia, Apakah Camilla Tetap Jadi Ratu?

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 28 April 2024 - 17:35
share

JAKARTA - Apakah Camilla akan tetap menjadi Ratu jika Raja Charles III meninggal sebelum dia? Kabar ini menjadi perbincangan usai kesehatan Raja Charles III semakin mengkhawatirkan pihak Kerajaan Inggris setelah penyakit kanker yang diidapnya semakin buruk.

Perjalanan Camilla menjadi Ratu

Camilla dan Charles menikah pada 2005. Meski menjadi Putri Wales, Camilla memilih untuk tidak menggunakan gelar tersebut.

Baca Juga: Justin Bieber Tampil dengan Jenggot dan Kumis Pirang, Fans Wanita Makin Tergila-gila

Setelah kematian Ratu Elizabeth II pada September 2022, Charles naik takhta dan Camilla menjadi Permaisuri.

Sebelum kematiannya, Ratu Elizabeth II meninggalkan rekaman surat pada Februari 2022 untuk memberikan persetujuannya kepada Camilla menjadi Permaisuri.

“Dan ketika, setelah genap waktunya, putra saya Charles menjadi raja, saya tahu Anda akan memberi dia dan istrinya Camilla dukungan yang sama seperti yang Anda berikan kepada saya; dan merupakan harapan tulus saya bahwa, ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri karena dia melanjutkan pengabdian setianya,” tulis Ratu Elizabeth II dikutip stars insider.

Camilla dinobatkan sebagai permaisuri di Westminster Abbey di London, mendampingi Charles III Pada 6 Mei 2023.

Apa tugas Camilla saat ini?

Istana Buckingham mengungkapkan bahwa Yang Mulia Ratu (sebelumnya HRH The Duchess of Cornwall) mendukung suaminya, yang sebelumnya adalah Pangeran Wales, sekarang Yang Mulia Raja, dalam menjalankan pekerjaan dan tugasnya. Dia juga melakukan keterlibatan publik atas nama Kerajaan Inggris dan badan amal yang dia dukung.

Jika Raja Charles meninggal sebelum Camilla, apakah dia akan menjadi Ratu?

Tidak, Ratu Camilla bukan anggota keluarga kerajaan (garis keturunan Windsor) dan dia tidak termasuk dalam garis keturunan raja. Jadi, Pangeran William, putra tertua Charles III akan menjadi Raja.

Jika Camilla dilahirkan dalam keluarga kerajaan dan berada dalam garis suksesi langsung, dia akan menjadi Ratu dan memiliki kekuasaan berdaulat. Namun, hal ini tidak terjadi.

Siapa yang akan menjadi Ratu yang berkuasa?

Putri Charlotte, pewaris takhta ketiga, mungkin akan menjadi Ratu di masa depan. Namun, jika Pangeran George memiliki anak, peluang tersebut menjadi lebih kecil.

Akankah Camilla mempertahankan gelarnya?

Jika Raja meninggal, gelar Camilla akan diubah menjadi Janda Ratu, gelar yang diberikan kepada istri seorang raja yang menjanda.

Kekuasaan apa yang dimiliki Janda Ratu?

Camilla, sebagai Janda Ratu, tidak akan memiliki kedaulatan Charles apa pun, termasuk pengaruh atau otoritas politik dan militer.

Baca Juga: Rio Reifan Kembali Terlibat Narkoba, Diciduk Polisi untuk Kelima Kali

Jika hal ini terjadi, Camilla akan menyandang gelar yang sama dengan mendiang Ibu Suri yang menikah dengan George VI dan ibunda Ratu Elizabeth II.

Istilah ini diciptakan oleh Ratu Adelaide pada tahun 1830 setelah kematian suaminya, Raja William IV. Ratu Victoria, keponakan William IV, kemudian naik takhta.

Topik Menarik