Nekat Belanja Pakai Uang Palsu, Emak-emak di Pati Diringkus

Nekat Belanja Pakai Uang Palsu, Emak-emak di Pati Diringkus

Infografis | sindonews | Minggu, 28 April 2024 - 10:38
share

Seorang emak-emak berusia 43 tahun, warga Desa Plangitan, Pati, diamankan pedagang di Pasar Kayen, Pati, Jawa Tengah, pada Minggu pagi (28/4/2024). Emak-emak tersebut nekat berbelanja menggunakan uang palsu pecahan Rp50 ribu.

Aksi emak-emak ini terungkap saat ia berbelanja ikan. Pedagang curiga saat uang yang diberikannya berubah warna ketika terkena percikan air. Emak-emak tersebut sempat kabur, namun berhasil diamankan oleh pedagang dan diserahkan ke polisi.

Menurut para pedagang, emak-emak tersebut sudah lima kali berbelanja di pasar tersebut menggunakan uang palsu. Uang palsu yang digunakan mirip dengan uang asli secara sekilas, namun ketika dipegang terasa seperti kertas biasa.

"Uang palsunya mirip, tapi kalau dipegang tipis dan kasar," ujar Siti Kalatin, pedagang ikan yang menjadi korban.

Baca Juga: Edarkan Ribuan Uang Palsu, Pria di Salatiga Ditangkap

Selain itu, nomor seri pada uang pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu semuanya sama. Saat dilakukan penggeledahan di sepeda motor pelaku, ditemukan 60 lembar uang pecahan 50 ribu rupiah dan 28 lembar uang pecahan 100 ribu rupiah, semuanya dengan kondisi fisik dan nomor seri yang sama.

"Pelaku dikenakan Pasal 36 ayat 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dan atau Pasal 245 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara," ujar Kapolsek Kayen, AKP Imam Basuki.

Topik Menarik