5 Makanan untuk Membantu Berhenti Merokok, Termasuk Permen Karet

5 Makanan untuk Membantu Berhenti Merokok, Termasuk Permen Karet

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 28 April 2024 - 07:00
share

Makanan untuk membantu berhenti merokok bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin terbebas dari tembakau. Melawan keinginan merokok memang sulit, namun bukan tidak mungkin, lantaran ada banyak hal yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut.

Meskipun makanan tertentu tidak secara langsung membantu Anda berhenti merokok, makanan tersebut dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok. Makanan ini memiliki efek positif terhadap penghentian tembakau dan nikotin, yang dapat membantu orang berhenti merokok .

Jika Anda ingin berhenti merokok atau sedang mencoba, dapat mencoba menambahkan makanan dan minuman ini ke dalam menu makanan sehari-hari. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa rokok merenggut lebih dari 8 juta jiwa setiap tahunnya.

Makanan untuk Membantu Berhenti Merokok

Berikut rekomendasi makanan untuk membantu berhenti merokok dilansir dari Health Shots, Minggu (28/4/2024).

1. Makanan Kaya Vitamin C

Makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk, stroberi, dan paprika, dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok. Vitamin C diketahui meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nikotin dan mengeluarkannya dari sistem dengan lebih efisien.

Faktanya, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang melemah karena merokok, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selama proses berhenti merokok. Selain itu, makanan yang mengandung vitamin D dan vitamin B12 juga baik untuk perokok, karena merokok diketahui menyebabkan penurunan penyerapan nutrisi sehingga menyebabkan defisiensi.

2. Produk Susu

Produk susu seperti susu, krim, mentega, yogurt, dan keju, mengandung senyawa yang disebut kasein, yang terbukti mengurangi keinginan merokok. Susu dan produk susu diketahui dapat mengubah rasa merokok, sehingga dapat membantu seseorang untuk berhenti merokok jika seseorang mau.

3. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling efektif untuk menghindari rokok. Teh hijau kaya akan antioksidan dan mengandung senyawa yang disebut epigallocationchin gallate (EGCG), yang telah terbukti mengurangi keinginan akan nikotin dan gejala penarikan diri seperti keinginan kuat untuk merokok, kegelisahan, sulit tidur, dan lainnya.

Minum teh hijau sepanjang hari dapat membantu mengekang mengidam dan memberikan efek menenangkan. Sehingga minuman ini bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk merokok.

4. Permen Karet

Mengunyah permen karet berfungsi sebagai pengalih perhatian dari nafsu makan dan membuat mulut Anda sibuk, sehingga mengurangi keinginan untuk merokok. Pilihlah permen karet bebas gula untuk menghindari kalori yang tidak perlu dan menjaga kesehatan mulut.

Mengunyah permen karet juga merangsang produksi air liur yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan mengurangi keinginan untuk merokok.

5. Buah-buahan dan Sayuran

Mengemil buah-buahan dan sayur-sayuran dapat membantu memuaskan nafsu makan sekaligus menyediakan vitamin, mineral, dan serat penting untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Sayuran renyah seperti wortel dan seledri bisa sangat membantu untuk memuaskan fiksasi mulut yang berhubungan dengan merokok.

Selain itu, buah-buahan menawarkan rasa manis alami tanpa bahan tambahan berbahaya yang ditemukan dalam rokok. Ini menjadikannya alternatif yang lebih sehat untuk memuaskan keinginan untuk merokok.

Topik Menarik