Devin Haney Sulit Kembali ke Pertarungan Tinju Pound-for-Pound

Devin Haney Sulit Kembali ke Pertarungan Tinju Pound-for-Pound

Olahraga | sindonews | Minggu, 28 April 2024 - 07:06
share

Devin Haney tidak mungkin kembali masuk dalam pertarungan tinju pound-for-pound setelah kekalahan memalukan dari Ryan Garcia menurut Paulie Malignaggi. Menurutnya, tidak ada yang menyangka Ryan Garcia akan mengalahkan Devin Haney pada akhir pekan lalu.

Bukan karena ia tidak memiliki kemampuan fisik atau bakat - namun karena sebelum laga, ia terlihat berantakan, dan karena setahun sebelumnya ia menyerah saat menghadapi Gervonta Davis dan tampil jauh dari kata spektakuler saat mengalahkan Oscar Duarte. Sangat tepat untuk mempertanyakan apakah ia seharusnya bertarung melawan Devin Haney.

Namun bukan berarti saya pikir kemenangan Garcia merupakan sebuah kejutan besar seperti James Douglas yang mengalahkan Mike Tyson di tahun 1990. Ada kekecewaan yang mirip dengan Garcia yang mengalahkan Haney setiap tahun; mereka yang melihatnya mungkin bersalah karena benar-benar menilai Haney secara berlebihan.

Lebih dari sekadar kekecewaan, atau menunjukkan betapa hebatnya Garcia, Haney-Garcia mengekspose keterbatasan Haney. Garcia memang menunjukkan bahwa ia memiliki potensi nyata ketika ia termotivasi - apakah ia berjuang dengan berat badannya atau hanya tidak percaya pada dirinya sendiri saat melawan Davis, ia jarang terlihat termotivasi - seperti saat ia melawan Luke Campbell pada tahun 2021, ketika ia terjatuh, bangkit dan menang.

Ketika ia kalah dari Davis, saya pikir ia telah kehilangan cintanya pada olahraga ini dan hampir menyerah - ia mudah dikalahkan, baik secara mental maupun fisik. Melawan Haney, ia terkena pukulan kanan yang keras, dan bahkan di ronde pertama ketika ia melukai Haney, Anda dapat melihat bahwa ia terkunci, secara psikologis, dengan cara yang berbeda dengan saat melawan Davis.

Ia menolak untuk terintimidasi oleh momen tersebut, dan ia memastikan bahwa jika Haney ingin menang, Haney harus mendapatkannya - anda dapat melihat tekadnya dalam bahasa tubuhnya. Ia juga tidak harus menurunkan berat badannya hingga 61,6 kilogram, atau menghormati klausul rehidrasi. Ia adalah salah satu petarung paling misterius di dunia; dalam banyak hal, ia mengingatkan saya pada Victor Ortiz.

Haney dan Garcia berbagi ring enam kali sebagai petinju amatir, dan persaingan mereka, serta pengetahuan tentang pertarungan tersebut, memberi Garcia kepercayaan diri dan motivasi. Terkadang, berjalan ke dalam ruangan yang gelap dapat menjadi hal yang menakutkan. Meskipun itu terjadi beberapa tahun yang lalu, Garcia telah berpengalaman berbagi ring dengan Haney.

Seorang petinju harus selalu percaya pada diri mereka sendiri - tidak peduli kesulitan apa pun yang mereka alami selama pertarungan, mereka memiliki kemampuan untuk menyelamatkan diri mereka sendiri. Ketika Garcia termotivasi, ia bersedia untuk bertahan di saat-saat sulit; kombinasi keduanya, yang tidak ada saat melawan Davis, membuatnya sangat berbahaya.

Garcia juga berpotensi memiliki keuntungan besar jika ia tidak kehilangan 1,45 kg terakhir untuk mengurangi berat badannya. Bukan hanya 1,45 kg, namun 1,45 kg saat seorang petarung sudah mengalami dehidrasi, saat hanya ada sedikit yang harus dikeluarkan. Hal ini dapat menguras tenaga seorang petarung - dan mempertahankan berat badan tersebut merupakan keputusan yang sudah diperhitungkan.

Haney menerima kompensasi tersebut; mungkin Haney lebih bersalah dari siapapun karena meremehkan Garcia - bahkan jika, mengingat lintasan mereka baru-baru ini, sulit untuk menyalahkannya karena melakukan hal itu. Anda dapat melihat seberapa besar energi yang masih dimiliki Garcia di akhir ronde, saat ia terus melukai dan menjatuhkan Haney, namun, dari segi teknis, Haney sangat mengecewakan.

Saat anda melawan seorang pemukul, anda tidak boleh bertarung dengan posisi berdiri seperti dirinya; anda harus selalu bertanggung jawab secara bertahan. Berdiri seperti yang dia lakukan membuatnya menjadi sasaran hook kiri - namun mungkin jika Garcia tidak memiliki banyak energi di ronde-ronde akhir, Haney akan mampu melakukan dorongan di menit-menit akhir untuk meraih kemenangan. Ini adalah kemenangan terbaik dalam karir Garcia - dan terasa seperti pesta kemenangannya.

Haney sebelumnya tidak pernah melawan seseorang yang mampu menandingi dirinya dalam hal usia dan fisik. Saat ia melawan Vasiliy Lomachenko, Jorge Linares dan Yuriorkis Gamboa, semuanya telah melewati masa jayanya. Tidak ada yang pernah membuat Regis Prograis terlihat begitu tua, namun Prograis berusia 34 tahun saat mereka bertarung, dan mungkin tidak pernah sama lagi sejak ia kalah dari Josh Taylor.

Sebelumnya, saya dikritik karena mengatakan bahwa Haney sama seperti saya, yaitu memiliki lebih banyak dukungan finansial. Maksud saya, dia adalah petarung yang bagus dengan sumber daya untuk melawan lawan yang sesuai, seperti pensiunan juara dunia, yang menghabiskan lebih banyak uang dan berada di luar jangkauan promotor yang kurang berpengaruh, seperti promotor yang pernah bekerja sama dengan saya.

Dukungan seperti itu adalah sebuah berkah dan digunakan, dalam kasus Haney, untuk memberi lawan-lawan terkenal pada saat semua petarung lain seharusnya dapat mengalahkan mereka, serta membangun nama Haney. Ia juga beruntung karena Lomachenko tidak dapat bertarung dan menggantikannya melawan George Kambosos, seorang juara yang tidak biasa. Haney adalah petarung solid yang telah dibimbing dengan sangat baik - dan saya pikir itu terlihat saat melawan Garcia.

Ada beberapa kali Haney dibandingkan dengan Floyd Mayweather, namun saat Floyd Mayweather terluka oleh Shane Mosley pada tahun 2010, ia terus memenangkan setiap detik dari sisa pertarungan mereka. Haney menerima sebuah pukulan telak pada ronde pertama melawan Garcia dan tampil seperti orang yang lupa cara bertinju. Ia kehilangan kendali atas jab-nya, dan ia pun terjebak. Melawan lawan yang kuat di tingkat tertinggi, para petarung harus percaya pada kekuatan mereka; Haney berada dalam kondisi terbaiknya bukan saat ia mencoba memukul dengan kekuatan, namun saat ia menggunakan jabnya.

Dengan mengorbankan kekuatannya saat ia berada di bawah tekanan terbesar yang ia ketahui, melawan lawan yang eksplosif, ia menunjukkan keterbatasannya - yang bukan berarti Haney bukan petarung kelas dunia atau petarung kejuaraan yang solid, hanya saja ia bukanlah talenta yang mampu bertarung dalam jarak dekat. Cedera di awal laga membuatnya berpikir bahwa ia harus mendapatkan respek dari Garcia, dan itu adalah pendekatan yang salah.

Ia dapat kembali dan memenangkan gelar di masa depan, namun ia juga akan menghadapi lawan yang memiliki kekuatan yang mirip dengan Garcia, maka ia harus belajar untuk menjadi lebih licik. Ia harus percaya pada dirinya sendiri; ia juga harus mengabaikan orang-orang yang mengatakan bahwa ia telah menjalani pertarungan yang sulit sehingga ia tidak akan pernah sama lagi. Pada usia 25 tahun, Haney masih cukup muda untuk pulih dan bangkit kembali - ia adalah petarung yang sangat bagus. Saya hanya tidak yakin dia akan kembali masuk dalam daftar pound-for-pound lagi, atau dia memang layak masuk dalam daftar tersebut.

Shakur Stevenson, yang tidak seperti Haney, sepertinya akan terbukti mampu menggantikan Mayweather, akan dengan mudah mengalahkan Garcia. Dia juga akan mengalahkan Haney. Apa yang kita lihat dari Haney-Garcia lebih kepada apa yang tidak dimiliki oleh Haney, daripada apa yang dimiliki oleh Garcia - dia menunjukkan cara berpikirnya saat berada di bawah tekanan. Ia juga menunjukkan semangat yang besar untuk terus bangkit setelah terkena KO, dan ia berjuang keras - wajahnya bengkak.

Namun saya kira ia mengira ia telah mencapai tingkatan tertinggi, padahal sebenarnya ia tidak siap secara mental. Penyesuaian yang seharusnya dilakukan namun tidak dilakukan, juga berarti tim pojoknya - yang dipimpin oleh ayahnya, pelatih dan manajernya, Bill - layak disalahkan atas kekalahan pertamanya.

Devin Haney mendapatkan dukungan untuk menjalani pertarungan ulang sebelum ia melakukan pertandingan ulang dengan Garcia, dan itulah yang harus ia lakukan. Secara psikologis dan fisik, ia harus bertarung dan mengalahkan lawan lain sebelum itu - dan kemudian melawan Garcia dengan game plan yang lebih cerdas. Laga mereka akan menjadi salah satu laga terbaik di tahun 2024, maka jelas ada alasan untuk sebuah laga ulang.

Topik Menarik