Singkirkan Korea Selatan U-23, Pengamat: Timnas Indonesia U-23 Curi Perhatian Dunia

Singkirkan Korea Selatan U-23, Pengamat: Timnas Indonesia U-23 Curi Perhatian Dunia

Berita Utama | sindonews | Minggu, 28 April 2024 - 03:15
share

Pengamat sepak bola Tanah Air, Mohamad Kusnaeni, melempar pujian setinggi langit atas pencapaian Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 . Bung Kus, sapaan akrabnya, mengatakan Marselino Ferdinan cs sukses mencuri perhatian dunia usai singkirkan Korea Selatan U-23.

Berstatus sebagai debutan, Timnas Indonesia U-23 sukses mencuri perhatian. Tim yang dinahkodai Shin Tae-yong itu secara mengejutkan berhasil melangkahkan kakinya ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

Tak main-main, Skuad Garuda Muda memastikan tiket semifinal setelah berhasil bungkam Korea Selatan U-23 di babak perempat final. Timnas Indonesia U-23 menyingkirkan skuad muda Taeguk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan- lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 2-2.

Pencapaian manis Timnas Indonesia U-23 ini membuat publik Tanah Air bangga, tak terkecuali Bung Kus. Pasalnya, mereka berhasil membuat Korea Selatan U-23 absen di Olimpiade Paris 2024. Sementara Skuad Garuda Muda memiliki asa untuk tampil di ajang tersebut andai mampu mengunci posisi tiga teratas.

Timnas Indonesia U-23 membuat kita semua bangga. Penampilan mereka di Piala Asia U-23 telah membuat mata publik sepak bola Asia, bahkan mungkin dunia, berpaling ke negeri kita, tutur Bung Kus dalam keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Sabtu (27/4/2024).

Bung Kus menerangkan, pencapaian Timnas Indonesia U-23 bukan hanya tentang mengukir sejarah. Melainkan menurutnya, performa Skuad Garuda Muda yang terlihat mengalami peningkatan dan sangat ciamik dalam menghadapi lawan-lawannya.

Ini bukan soal sejarah lolos pertama kalinya ke fase gugur, bahkan semifinal. Bukan juga soal mengalahkan tim raksasa sekelas Australia dan kemudian Korea Selatan, ujarnya.

Yang lebih membanggakan adalah bagaimana mereka tampil. Sebagai tim debutan di Piala Asia, Indonesia U-23 tampil ada seperti tim yang telah bertahun-tahun main di level tersebut, sambung Bung Kus.

Di babak semifinal, Timnas Indonesia U-23 akan melawan Uzbekistan U-23. Laga pamungkas itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) mendatang. Tentunya diharapkan Skuad Garuda Muda bisa meraih kemenangan guna melaju ke partai final sekaligus memastikan tiket Olimpiade Paris 2024.

Sebagaimana diketahui, ada tiga tim yang akan otomatis lolos ke Olimpiade Paris 2024, yakni juara, peringkat kedua, dan peringkat ketiga. Sedangkan tim peringkat keempat masih punya asa untuk merebut tiket. Namun, mereka nantinya harus lebih dulu bermain di playoff dengan melawan wakil Afrika, yakni Guinea.

Topik Menarik