Berapa Hari setelah Haid Masa Subur? Begini Cara Menghitung Siklus Ovulasi

Berapa Hari setelah Haid Masa Subur? Begini Cara Menghitung Siklus Ovulasi

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 27 April 2024 - 18:35
share

Masa subur pada siklus haid atau menstruasi penting untuk diketahui oleh mereka yang tengah merencanakan memiliki anak. Siklus menstruasi rata-rata orang adalah antara 28-32 hari. Beberapa orang memiliki siklus yang lebih pendek, sementara yang lain memiliki siklus yang lebih panjang.

Hari pertama haid seseorang dianggap sebagai hari pertama siklus menstruasi mereka. Periode mereka biasanya berlangsung selama 3–7 hari. Variasi dalam siklus menstruasi biasanya terjadi pada fase folikuler yang terjadi sebelum ovulasi.

Dilansir dari Medical News Today, Sabtu (27/4/2024) fase luteal, yang terjadi dari ovulasi ke periode berikutnya biasanya berlangsung selama 14 hari. Ovulasi terjadi ketika salah satu ovarium melepaskan sel telur dan bergerak ke arah tuba, dan melakukan perjalanan ke rahim sekitar 24 jam.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum seseorang mengharapkan untuk memiliki menstruasi berikutnya jika siklus bulanan mereka adalah 28 hari.

Baca Juga: Cara Menghitung Masa Subur Berdasarkan Periode Menstruasi

Kebanyakan orang berovulasi antara hari 11-21 dari siklus mereka. Hari pertama periode menstruasi terakhir mereka (LMP) adalah hari ke 1 dari siklus. Ovulasi tidak selalu terjadi pada hari yang sama setiap bulan dan dapat bervariasi satu hari atau lebih pada kedua sisi tanggal yang diharapkan.

Dokter menyebut bagian dari siklus di sekitar ovulasi sebagai jendela subur karena kemungkinan kehamilan paling tinggi saat ini. Misalnya, jika ovulasi terjadi pada hari ke-14, seseorang dapat hamil pada hari itu atau dalam 24 jam berikutnya.

Namun, masa subur mereka dimulai beberapa hari sebelum ovulasi karena sperma dapat bertahan hingga 5 hari di dalam tubuh wanita. Jadi, bahkan jika seseorang tidak berhubungan seks pada hari ke-14 atau 15, masih mungkin untuk hamil jika mereka berhubungan seks tanpa menggunakan kontrasepsi pada hari 9-13.

Menurut penelitian dari 2018, kemungkinan pembuahan meningkat dari hari ke-8, mencapai maksimumnya pada hari ke-13 dan menurun menjadi nol pada hari ke-30. Namun, penting untuk dicatat bahwa temuan ini seharusnya hanya bertindak sebagai pedoman. Setiap orang dan setiap siklus berbeda.

Baca Juga: Cara Menghitung Masa Subur menurut Dokter Boyke, Penting Dipahami agar Cepat Hamil

Ini dapat membantu bagi seseorang untuk memetakan siklus bulanan mereka dan mencatat tanda-tanda ovulasi untuk membantu menentukan hari ovulasi yang tepat setiap bulan. Melacak tanda-tanda ovulasi dapat membantu seseorang menentukan hari yang tepat mereka berovulasi setiap bulan.

Adapun tanda ovulasi di antaranya kram ringan di perut bagian bawah, keputihan yang lebih basah, lebih jernih, dan lebih licin mirip dengan putih telur, peningkatan kecil dalam suhu tubuh basal, dan dorongan seks yang lebih tinggi. Beberapa dari tanda ini, seperti suhu tubuh basal, akan terus berubah setelah ovulasi.

Untuk alasan ini, seseorang tidak boleh menggunakan suhu untuk memprediksi jendela subur. Mungkin akan membantu bagi seseorang untuk melacak tanda-tanda selama beberapa bulan untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang khas untuk tubuh mereka.

Namun, harus diingat adalah beberapa variabel, dan waktu ovulasi dapat berubah, dari bulan ke bulan. Pilihan lainnya adalah menggunakan alat prediktor ovulasi atau monitor kesuburan untuk mengukur kadar hormon spesifik dalam urine untuk menentukan hari ovulasi setiap bulan.

Baca Juga: 4 Tips Miliki Keturunan Anak Laki, Nomor 1 Berhubungan Intim di Hari Ovulasi

Topik Menarik