Ruzana, Tunggal Putri Indonesia Debutan di Piala Uber 2024

Ruzana, Tunggal Putri Indonesia Debutan di Piala Uber 2024

Olahraga | sindonews | Sabtu, 27 April 2024 - 11:11
share

Tunggal putri Indonesia, Ruzana, menceritakan pemanggilan debutnya ke Tim Putri Indonesia untuk tampil di ajang Piala Uber 2024. Dia mengaku tak menyangka dan bertekad untuk tak menyia-nyiakan kesempatan emas situ.

Tim Putri Indonesia membawa 10 pemain ke Piala Uber 2024 yang akan digelar di Chengdu, China, pada 27 April hingga 5 Mei mendatang. Dari nama-nama yang ada, ada salah satu yang mencuri perhatian yakni Ruzana.

Pasalnya, Ruzana lebih dipilih ketimbang Putri Kusuma Wardani (Putri KW) yang jauh lebih berpengalaman bermain di level senior. Bahkan, ini akan menjadi debut pemain berusia 19 tahun itu di Piala Uber.

Baca Juga: BWF Prediksi Indonesia Bakal Bangkit di Piala Thomas 2024

Ruzana pun membeberkan bagaimana proses pemanggilannya ke Tim Uber Indonesia. Kata dia, Pelatih Kepala Pelatnas PBSI, Rionny Mainaky, yang kali pertama menghubunginya di saat libur lebaran.

"Saat itu saya ditelpon kak Rionny (Mainaky) karena posisi saya masih di rumah untuk libur Lebaran. Kak Rionny menanyakan kondisi dan kesiapan saya untuk masuk ke dalam tim Uber," kata Ruzana dilansir dari rilis PBSI, Jumat (26/4/2024).

"Saya menjawab kondisi saya baik dan siap untuk menjalankan tugas. Pastinya senang bisa mewakili Indonesia di ajang sebesar dan sebergengsi Piala Uber," tambahnya.

Pemain kelahiran 22 Januari 2005 itu pun mengaku tak menyangka bisa dipanggil ke Tim Uber Indonesia tahun ini. Sebab, dia sendiri memiliki target pribadi mampu tampil di turnamen bulutangkis beregu putri paling bergengsi di dunia itu pada 2026 mendatang.

“Saya tidak pernah berpikiran untuk masuk tim Uber tahun ini tapi memang saya menargetkannya untuk tahun 2026. Jadi sangat-sangat tidak menyangka," jelasnya.

Di Piala Uber 2024 nanti, Ruzana bakal menjadi tunggal keempat Indonesia setelah Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Komang Ayu Cahya Dewi. Untuk diketahui, saat ini dia duduk di peringkat 108 dunia.

Ruzana pun menyambut debutnya di Piala Uber 2024 dengan semangat yang tinggi. Dia bertekad untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan emas yang didapatnya ini.

"Ini menjadi kesempatan yang luar biasa untuk saya jadi saya tidak ingin menyia-nyiakannya. Secara persiapan kemarin saya ada ekstra latihan, ada tambahan-tambahan," ucap pemain asal Lubuklinggau, Sumatera Barat itu.

Lebih lanjut, Ruzana mengaku mendapatkan dukungan yang besar dari Apriyani Rahayu dkk. Alhasil, kepercayaan dirinya semakin meningkat sehingga dia ingin menyumbangkan poin untuk Indonesia jika diberi kesempatan untuk tampil.

"Kakak-kakak di sini sangat mendukung dan merangkul adik-adiknya terutama saya yang menjadi debutan. Ini membuat saya semakin termotivasi dan percaya diri. Bila diturunkan saya ingin menyumbang poin untuk tim Uber Indonesia," pungkasnya.

Tim Putri Indonesia sendiri tergabung di Grup C Piala Uber 2024 bersama Jepang, Hong Kong dan Uganda. Dalam pertandingan pembuka, mereka akan bersua dengan Hong Kong pada Sabtu (27/4/2024) pukul 12.00 WIB.

Topik Menarik