3 Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Kabupaten Garut

3 Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Kabupaten Garut

Infografis | sindonews | Jum'at, 26 April 2024 - 19:49
share

Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan tiga warga tewas tertimbun material longsordi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (25/4/2024) malam waktu setempat.

“Ketiga korban tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan resminya, Jumat (26/4/2024).

Pusdalops BNPB melaporkan pada Jumat (26/4/2024) pukul 14.32 WIB, peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda dengan durasi cukup lama pada wilayah Desa Talagajaya Kecamatan Banjarwangi.

Baca juga; Bencana Pergerakan Tanah Meluas, 167 Warga Bojongpicung Cianjur Mengungsi

Longsor tersebut juga berdampak pada beberapa bangungan antara satu unit rumah alami rusak berat dan satu unit fasilitas peribadahan rusak berat. Sementara itu dua unit kendaraan roda empat dan tiga unit kendaraan roda dua turut tertimbun material longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut dan tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan penanganan dan melakukan pembersihan material longsor.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat khususnya bagi yang berada di wilayah rawan bencana longsor, agar meningkatkan kesiapsiagaan di masa musim hujan. Antara lain dengan menanam tanaman yang berakar mengikat tanah seperti Vetiver, pohon Alpukat, dan pohon Sukun.

Baca juga; Jalur Kereta di KBB Tertimbun Longsor, 5 Perjalanan KA Sempat Terganggu

Selain itu agar memantau perkiraan cuaca di wilayahnya masing-masing agar dapat mempersiapkan diri jika mengharuskan untuk mengungsi ke tempat lebih aman.