Jalan Braga Bandung Bakal Bebas Kendaraan, Khusus Pejalan Kaki

Jalan Braga Bandung Bakal Bebas Kendaraan, Khusus Pejalan Kaki

Infografis | sindonews | Kamis, 25 April 2024 - 12:00
share

Jalan Braga bakal bebas dari kendaraan bermotor dan parkir, baik sepeda motor maupun mobil, terutama pada Sabtu dan Minggu atau akhir pekan. Kawasan wisata heritage itu hanya dikhususkan untuk pejalan kaki.

Saat ini, Pemkot Bandung tengah menggodok payung hukum agar Jalan Braga, Kota Bandung bebas dari kendaraan, termasuk parkir.Untuk menampung kendaraan para pengunjung, Pemkot Bandung akan menyiapkan kantung-kantung parkir di sekitaran Jalan Braga.

Diketahui, setiap akhir pekan dan libur panjang, Jalan Braga selalu dipadati wisatawan. Kepadatan di kawasan itu menyebabkan kemacetan arus lalu lintas. Apalagi para pengunjung memarkirkan kendaraannya di sepanjang Jalan Braga.

Baca Juga: Cerita Masyhur Jalan Braga dan Noni-noni Cantik yang Melegenda

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan, rencana Jalan Braga bebas dari kendaraan tersebut bertujuan untuk menjaga bangunan heritage di kawasan Jalan Braga.

”Sesuai arahan pimpinan, untuk Braga tanpa kendaraan kami kolaborasi. Jadi, menjaga heritage tempo dulu di (jalan) Baga panjang tidak ada lewat kendaraan. Jalan Braga khusus untuk pejalan kaki,” kata Plt Kadishub di Balai Kota Bandung, Kamis (25/4/2024).

Saat ini, Dishub Kota Bandung tengah mematangkan kantong-kantong parkir bagi kendaraan pengunjung imbas kebijakan Jalan Braga kendaraan dan parkir. Area parkir di gedung-gedung pemerintahan sekitar Jalan Braga bakal dimanfaatkan untuk menampung kendaraan pengunjung.

”Kami akan koordinasi dengan kantor pemerintah ada Bank Bandung, Bank BJB lalu di Jalan Naripan ada parkir on street, di Jalan Asia Afrika ada kantor keuangan, bina marga,” ujar Asep Kuswara.

Baca Juga: Geger! Kuda Delman Lepas di Jalan Braga Bandung Bikin Warga Panik

Selain itu, terdapat kantong parkir di basement Alun-alun Bandung. Termasuk di kawasan Cikapundung dan gedung eks Matahari. Dishub Kota Bandung juga akan mengantisipasi dampak kemacetan akibat Jalan Braga bebas kendaraan dan parkir.

”Mungkin Jumat akan rapat bersama TNI dan Polri bagaimana mengantisipasi kemacetan,” tuturnya.

Kemacetan akibat Jalan Braga bebas kendaraan dan parkir diprediksi terjadi di Jalan Tamblong, Naripan, Asia Afrika, Lengkong Kecil, dan Banceuy. Sebelum kebijakan diterapkan, Dishub Kota Bandung akan terlebih dulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

”Apabila kebijakan ini berhasil, program Jalan Braga bebas dari kendaraan dan parkir akan terapkan permanen setiap akhir pekan. Untuk Sabtu dan Minggu, bisa digabung dengan Car Free Day,” tutupnya.

Topik Menarik