5 Jurusan Kuliah Langka PTN di Indonesia, Apa Kelebihannya?

5 Jurusan Kuliah Langka PTN di Indonesia, Apa Kelebihannya?

Terkini | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 13:34
share

Ini daftar 5 jurusan kuliah langka yang ada di perguruan tinggi di Indonesia. Biasanya, calon mahasiswa akan memilih program studi yang familiar atau sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.

Namun ternyata ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Tanah Air yang menawarkan jurusan langka di kampusnya. Apa saja jurusan langka tersebut? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Jurusan Kuliah Langka PTN di Indonesia

1. Teknik Nuklir - UGM

Mungkin belum banyak yang mendengar tentang jurusan Teknik Nuklir. Jurusan ini hanya tersedia di Universitas Gadjah Mada (UGM)! Program studi ini mempelajari inti atom berdasarkan prinsip fisika nuklir dan interaksi radiasi dengan materi.

2. Rekayasa Nanoteknologi - Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga (Unair) juga menawarkan jurusan langka, yaitu Jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Keahlian dalam bidang nanoteknologi memiliki potensi untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru yang memberikan nilai tambah pada berbagai produk.

Baca juga:Jurusan Kuliah Antimainstream yang Diminati, tapi Masih Langka

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan - Unair

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, para ahli di bidang teknologi, terutama dalam bidang robotika dan kecerdasan buatan, semakin diminati. Jurusan ini menggabungkan berbagai ilmu seperti mekanika, elektronika, dan komputer dalam pengembangan teknologi robotika.

4. Astronomi - Institut Teknologi Bandung (ITB)

Salah satu jurusan langka yang ada di Indonesia adalah Astronomi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam pengamatan dan penelitian tentang fenomena alam semesta. Lulusan jurusan ini dibutuhkan oleh lembaga-lembaga penelitian, observatorium, hingga badan antariksa.

5. Teknik Transportasi Laut - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Mahasiswa di jurusan Teknik Transportasi Laut di ITS belajar tentang perencanaan dan analisis transportasi laut, multimoda, infrastruktur pelabuhan, dan desain kapal. Jurusan ini menawarkan pengetahuan yang mendalam tentang transportasi laut yang memiliki orientasi internasional.

Topik Menarik