Pentingnya Pencegahan Stunting untuk Bantu Siswa Meraih Prestasi

Pentingnya Pencegahan Stunting untuk Bantu Siswa Meraih Prestasi

Terkini | sindonews | Selasa, 23 April 2024 - 21:17
share

Pentingnya kesadaran masyarakat akan gizi anak berguna untuk mencegah stunting. Dengan gizi yang cukup anak akan tumbuh optimal untuk meraih prestasi dan cita-citanya.

Danone Indonesia bersama dengan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah pun berkolaborasi guna meningkatkan kesadaran gizi masyarakat untuk mencegah stunting dengan program Aku Suka Isi Piringku.

Salah satu sekolah sasaran program ini adalah SD Muhammadiyah Kottabarat di Surakarta. SD Muhammadiyah Kottabarat juga merupakan salah satu sekolah yang berperan aktif dalam mendukung upaya kesadaran siswa dan orang tua terhadap gizi seimbang, dalam hal ini makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh para siswa. Baca juga: Pentingnya Asupan Protein untuk Dukung Anak Capai Potensi Maksimal dan Terhindar dari Stunting

"Kami setiap hari memberikan siswa makanan catering dengan gizi seimbang sebagai upaya penerapan dari hasil pelatihan program Isi Piringku yang diinisiasi oleh MPKU Muhammadiyah dan Danone Indonesia," ujar Nursalam, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kottabarat, Solo, dalam keterangan resmi, Selasa (23/4/2024).

Hal ini, jelas Nursalam, merupakan sebagai penerapan gizi seimbang guna masa depan siswa dengan menyediakan infrastruktur yang memadai.

Dia melanjutkan, selain itu sekolah juga memperhatikan kebersihan lingkungan secara menyeluruh untuk menciptakan lokasi belajar yang sehat dan nyaman bagi siswa. Langkah-langkah ini merupakan bagian dari komitmen sekolah dalam memberikan perlindungan terhadap kesehatan siswa.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan fasilitas sanitasi yang bersih dan layak, seperti toilet dan wastafel, guna mencegah penularan penyakit melalui kontaminasi lingkungan," jelas Nursalam.

Nursalam mengaku program kolaborasi ini telah memberikan manfaat pada lingkungan sekolah. Dia mengungkapkan, program memberikan kesempatan bagi siswa dan juga tenaga pendidik untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi seimbang dalam menjaga kesehatan.

"Hal ini berkontribusi pada peningkatan kesadaran akan pola makan yang sehat di antara semua warga sekolah. Dan dengan demikian, sekolah dapat menjadi teladan dalam mempromosikan kebiasaan makan yang baik dan memperkuat kesehatan siswa serta staf pendidiknya," katanya.

Baca juga: Kepala BKKBN Dorong Percepatan Penurunan Stunting di Nabire Papua

Salah satu siswa penerima manfaat, Astranarenda Pramoedya Ananta Kusuma mengaku program Aku Suka Isi Piringku sangat bermanfaat. Dia mengungkapkan bahwa program tersebut membuat dirinya lebih sadar akan kesehatan dan porsi makanan seimbang guna mencegah stunting.

"Saya mendapatkan dampak positif. Apalagi pas belajar lebih fokus dan lebih bisa mendengarkan," katanya.

Siswa kelas 5A ini telah menerapkan makan-makanan bergizi di rumah dengan komposisi yang seimbang bagi tubuh. Program tersebut juga mengajarkan dirinya untuk menjaga kesehatan dengan mencuci tangan, buang sampah pada tempat dan olahraga.

"Ini sangat mempengaruhi saya untuk menggapai cita-cita menjadi ilmuwan. Isi piringku membuat saya jadi mengetahui makanan sehat untuk mencapai cita-cita," katanya.

Menjaga asupan nutrisi seimbang tubuh menjadi salah satu isu yang masuk dalam perhatian Danone Indonesia. Hal tersebut sekaligus mendukung target pembangunan berkelanjutan (SDGs) pemerintah.

Baca juga: Apakah Anak yang Stunting Bisa Diobati? Ini Faktanya

"Dengan komitmen dan kolaborasi dengan berbagai pihak, kami memastikan bahwa setiap langkah yang kami ambil dapat menghadirkan dampak positif yang berkelanjutan bagi kesehatan dan lingkungan di Indonesia," kata Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo.

Dia mengatakan, saat ini program tersebut telah menyasar tiga wilayah di Jawa Tengah, salah satunya adalah SD Muhammadiyah Kottabarat di Surakarta. "Ke depan akan dikembangkan lagi ke wilayah lain," lanjut Karyanto.

Program tersebut memberikan edukasi gizi, kesehatan, dan pola asuh untuk anak usia sekolah dasar. Kolaborasi dengan MPKU Muhammadiyah dilaksanakan dalam bentuk keterlibatan dalam upaya peningkatan kesadaran gizi masyarakat untuk mencegah stunting.

Karyanto berharap inisiatif ini dapat menghadirkan dampak positif yang berkelanjutan dan dirasakan secara nyata bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Topik Menarik