Minum Kopi Bisa Menyembuhkan Diabetes? Ini Kata Dokter

Minum Kopi Bisa Menyembuhkan Diabetes? Ini Kata Dokter

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 23 April 2024 - 14:00
share

Minum kopi dipercaya bisa menyembuhkan diabetes dan memperbaiki fungsi pankreas. Hal ini menyusul minuman tersebut telah menjadi gaya hidup baru bagi sejumlah orang.

Namun faktnya, kopi tidak dapat menyembuhkan diabetes. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang moderat bisa terkait dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, kopi bukanlah obat untuk mengobati kondisi ini.

Diabetes adalah kondisi kronis yang membutuhkan perawatan yang komprehensif. Termasuk perubahan gaya hidup seperti pola makan sehat, olahraga teratur, dan pengelolaan berat badan. Kandungan kafein dan senyawa lain dalam kopi telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk peningkatan metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin.

Namun, efek ini mungkin bervariasi antara individu, dan penting untuk diingat bahwa konsumsi kopi haruslah seimbang dan disertai dengan gaya hidup sehat lainnya. Hal senada diungkap oleh praktisi kesehatan, dr. Hendri Andreas, Sp BP-RE bahwa kopi tidak bisa memperbaiki diabetes.

Baca Juga: 10 Obat yang Tidak Boleh Diminum Bersama dengan Kopi

“Minum kopi bisa memperbaiki fungsi pankreas, bisa menormalkan orang yang diabetes? Menurut saya kopi nggak bisa memperbaiki,” kata dr. Hendri dikutip dari akun Instagram @drhendriandreas, Selasa (23/4/2024).

Jika seseorang telah didiagnosis menderita diabetes, mereka harus mengikuti rekomendasi perawatan yang diberikan oleh dokter. Termasuk pengaturan pola makan, pengelolaan berat badan, pengukuran kadar glukosa darah, dan mungkin penggunaan obat-obatan.

“Minum kopi tapi aktivitas terus yang terlalu panjang, lifestylenya tinggi radang, makan yang manis-manis, tidurnya cuman 3 atau 4 jam, ya sama aja rusak juga badannya,” jelasnya.

Sebagian orang yang mengonsumsi kopi memang merasakan efek seperti lebih rileks dan lebih ringan menjalani hari. Jika ditambah dengan gaya hidup yang lebih sehat, pola istirahat yang baik, serta mengurangi makanan tinggi karbohidrat, maka kondisi diabetes dan pankreas bisa membaik.

Baca Juga: Manfaat Mengejutkan Minum Kopi sebelum Tidur Siang

Namun hal ini tidak serta merta terjadi akibat kopi saja. Akan tetapi ada perubahan gaya hidup dan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

“Jadi tidak ada fungsi apa-apa. Kecuali kalau dengan kopi tubuh bisa lebih rileks, lebih santai, tidurnya enak, relaksasinya enak, yang kita makan juga rendah karbohidrat, berubah semua ya berubah,” ujarnya.

“Bukan gara-gara kopinya. Tapi gara-gara makannya, lifestylenya yang dijaga bukan karena kopi,” sambungnya.

Oleh karenanya, dr. Hendri menjelaskan bahwa kopi saja tidak bisa mengobati diabetes dan pankreas. Terlebih jika tidak diiringi dengan gaya hidup serta mengatur konsumsi gula dan karbohidrat hariannya.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Kaki Gatal karena Diabetes, Jangan Asal Garuk

“Jadi kopi menurut saya tidak bisa memperbaiki keadaan diabetes. Tidak bisa memperbaiki pankreas, tidak bisa memperbaiki metabolisme,” tandasnya.

Topik Menarik