Banjir Rendam Puluhan Rumah di Kolaka Utara Akibat Sungai Meluap

Banjir Rendam Puluhan Rumah di Kolaka Utara Akibat Sungai Meluap

Infografis | sindonews | Selasa, 23 April 2024 - 14:04
share

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin malam (22/4/2024) mengakibatkan meluapnya sungai besar di Kecamatan Pakue Tengah pada pukul 01.00 Wita, Selasa (23/4/2024). Akibatnya, puluhan rumah warga dan fasilitas publik terendam banjir setinggi lutut hingga pangkal paha orang dewasa.

Menurut Kepala BPBD Kolut, Andi Faizal, total 43 rumah terendam banjir. Sebanyak 38 rumah di antaranya berada di Desa Lanipa, termasuk satu masjid, sekolah TK, dan sarana air bersih PDAM yang juga terdampak.

"Di Desa Labipi, hanya 5 rumah yang terendam dan sepanjang 200 meter tanggul beronjong sungai setempat rusak," ujar Andi Faizal.

Hujan deras yang memicu banjir ini diakibatkan oleh sungai yang dangkal. Banjir terjadi saat para warga sedang tertidur lelap.

Baca Juga: Sungai Meluap Hanyutkan 2 Bocah, 1 Ditemukan Tewas

"Banjir berlangsung sekitar 6 jam dan perlahan surut. Kami sudah berkoordinasi untuk pengerahan alat berat agar segera dilakukan normalisasi sungai mengingat hujan deras sering terjadi di wilayah ini," kata Andi Faizal.

Pasca banjir surut di pagi hari, warga, termasuk para pelajar, bahu-membahu membersihkan rumah dan fasilitas publik dari lumpur yang mengendap. Wilayah tersebut memang kerap dilanda banjir karena sungainya mudah mendangkal dan berada di dataran rendah.

Meskipun tidak ada korban jiwa, personel BPBD telah dikerahkan ke lokasi untuk membantu warga. Pihak PDAM juga telah melakukan pengecekan dan perbaikan di lapangan agar distribusi air bersih kembali lancar.

Topik Menarik