Agen BRILink Ini Kembali Bangkit Usai Rumahnya Hancur Akibat Kebakaran Depo Pertamina

Agen BRILink Ini Kembali Bangkit Usai Rumahnya Hancur Akibat Kebakaran Depo Pertamina

Terkini | sindonews | Minggu, 21 April 2024 - 20:36
share

Wawan tidak akan lupa kejadian kelam Jumat malam pada 3 Maret 2023. Ketika itu, rumahnya hangus terdampak kebakaran yang diikuti ledakan hebat di Kilang Pertamina Depo Plumpang Koja Jakarta Utara. Musibah itu mengakibatkan 17 orang tewas dan 50 lainnya mengalami luka-luka.

Bandul jam baru menunjuk angka 19.00 WIB, Wawan saat itu tengah melayani nasabah di rumah sekaligus outlet Agen BRILInknya di Jl Tanah Merah Bawah, RT 12/RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja. Tiba tiba terdengar suara ledakan keras.

Tanpa pikir panjang Wawan langsung meninggalkan rumah untuk menyelamatkan diri bersama istri dan kedua anaknya. Sepersekian detik kemudian, rumah sekaligus semua peralatan Agen BRILink Wawan sudah rata dengan tanah tak tersisa dilalap si jago merah.

Untungnya saat itu saya sudah setoran ke bank sehingga dalam outlet BRILink tidak banyak uang tunai yang musnah kebakar. Cuma memang semua mesin EDC (Electronic Data Center), mesin yang digunakan untuk menerima transaksi pembayaran dengan beragam jenis kartu kebakar semua tak tersisa, cerita Wawan mengenang kejadian setahun lalu tersebut.

Wawan menuturkan, satu sisi dirinya bersyukur dia bersama istri dan kedua anaknya yang masih kecil selamat dari musibah kebakaran depo Pertamina. Namun di sisi lain, dirinya sangat bersedih karena aktivitas Agen BRILink-nya yang saat itu sedang berkinerja bagus harus berhenti karena rumah sekaligus outlet Agen BRILInk beserta isinya semua hancur tak tersisa. Otomatis aktivitas pelayanan BRILink stop semua sejak saat itu, tambah Wawan didampingi istrinya Lilis Sugiyarti.

Pasca musibah kebakaran, Wawan berusaha memutar otak untuk kembali menghidupkan lagi Agen BRILink-nya. Karena bagaimanapun, selama ini pemasukan dirinya sebagai Agen BRILink menjadi penopang utama perekonomian keluarganya.

Karena alasan itulah, dia kemudian memiliki ide untuk mencari kontrakan sementara di wilayah Warakas, Jakarta Utara untuk kembali menjalankan usaha Agen BRILinknya sambil menunggu proses renovasi rumahnya yang kebakaran.

Saya waktu itu berpikir, meski tabungan saya sedikit tetapi bagaimanapun uang ini harus diputar. Dan satu-satunya usaha yang terpikir saat itu ya kembali menjalankan usaha Agen BRILink karena sayang selama ini sudah berjalan bagus, katanya.

Hampir 7 bulan lamanya Wawan menjalankan usaha Agen BRILinknya dari rumah kontrakan. Dia merasakan bagaimana sulitnya mencari nasabah baru karena paska kebakaran otomatis semua nasabah lama meninggalnya. Namun berkat kerja kerasnya, perlahan namun pasti kepercayaan nasabah kembali diraihnya.

Jumlah nasabah terus bertambah dari hari ke hari. Hingga setelah renovasi rumah lamanya selesai, Wawan memutuskan untuk menempati rumah lamanya kembali dengan memboyong semua peralatan Agen BRILInknya. Berbekal nasabah lamanya, tak butuh waktu lama bagi Wawan untuk kembali menjadikan outlet Agen BRILink ramai disambangi nasabah kembali seperti sebelum terjadi musibah kebakaran.

Memang saat ini untuk pulih seratus persen seperti sebelum kebakaran memang belum. Tapi istilahnya sudah bangkit lah menuju ke arah sebelum terjadi musibah kebakaran. Saya sangat bersyukur, secara ekonomi keluarga juga membaik, saya sekarang juga ibaratnya bisa jajan ini itu, cetus pria bernama lengkap Sostro Wandi ini

Lokasi rumah sekaligus outlet Agen BRILinknya di pinggir jalan besar menjadi keuntungan tersendiri yang membuat layanan Agen BRILink Wawan mudah diakses para nasabah. Ditambah lagi para penjual aneka jajanan seperti tukang somai, tukang bakso dan juga pedagang kaki lima (PKL) di sekitar tempat tinggal Wawan di kawasan Tanah Merah Bawah selama ini sudah menjadi nasabah tetap

Wawan mengaku dalam sehari setidaknya Agen BRILinknya mencatat 7 hingga 8 transaksi. Dalam sebulan setidaknya minimal bisa membukukan 100 transaksi. Selain untuk transfer uang, rata-rata nasabah memanfaakan jasa Agen BRILink untuk membayar tagihan listrik, bayar tagihan air hingga membayar angsuran.

Ya alhamdulilah sekarang intinya perlahan-lahan mulai bangkit dari musibah kebakaran. Kerja sama dengan BRI selama ini mantab lah pokoknya, tambahnya

Wawan mengatakan dirinya sangat optimistis dengan perkembangan Agen BRILink seperti dirinya ke depan. Pengetahuan masyarakat tentang pentingya literasi keuangan dan juga adanya kemudahan layanan finansial di luar bank membuat BRILink masih akan dipercaya masyarakat.

Disinggung bermunculannya banyak aplikasi yang bisa menjadi kompetitor BRILink, menurut Wawan hal itu tidak perlu terlalu dicemaskan. Terlebih selama ini BRI sudah memiliki brand dan keunggulan di tengah masyarakat. Misalnya aplikasi lain, setahu saya mereka ga punya mesin yang bisa tarik tunai, tapi di kita bisa tarik tunai dan ada mesinnya. Intinya BRI sudah dipercaya masyarakat dan lebih unggul, ujarnya.

Roni, tetangga Wawan, mengaku senang dengan layanan agen BRILink karena mudah dan praktis. Nggak perlu repot-repot berdandan rapi atau mengantre di bank, hanya untuk kirim uang misalnya. Saya sudah lama kenal Mas Wawan. Jadi, mau apa-apa juga enak ngomongnya, kata Roni.

Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Kantor Cabang (KC) Jakarta Tanjung Priok Bayu Adityo mengapresiasi agen BRILink, yang terus berupaya mendekatkan layanan BRI dengan masyarakat. Yang untung bukan cuma BRI. Agen BRILink juga diuntungkan oleh pembagian fee, ujarnya.

Mengutip laman resmi BRI, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, hingga awal 2024 total transaksi lewat agen BRILink menyentuh Rp1.400 triliun. Bahkan, perusahaan sudah menggelontorkan dana sebesar Rp3 triliun untuk untuk membayar fee Agen BRILink.

Berapa Fee Agen BriLink?

Dilansir dari laman resmi BRI, agen BRILink menetapkan fee antara Rp1500 hingga Rp6000 untuk setiap transaksi yang dilayani dengan rincian sebagai berikut.

Transfer sesama BRI Rp1500 Transfer antar Bank Rp6000 PLN Post/Prepaid Rp1500 Isi Pulsa Simpati/AS Rp1.575

Sejumlah Manfaat yang Didapat Agen BRILink

1. Mendapatkan fee setiap kali ada nasabah BRI yang melakukan transaksi.2. Agen BRIlink tidak harus membeli alat khusus, semua bisa dilakukan dengan smartphone3. Fitur yang disediakan lengkap.4. Memperoleh asuransi yang memproteksi Agen BRILink dari kecelakaan atau kebakaran tempat usaha yang merangkap tempat tinggal.5. Bisa mendapatkan cuan tambahan dari rumah.

Persyaratan Agen BRILink

1. Belum menjadi agen dari bank penyelenggara Laku Pandai 2. Mempunyai surat keterangan legalitas usaha atau SK pengangkatan pegawai tetap atau SK pensiunan 3. Mempunyai sumber penghasilan dan kegiatan usaha dan/atau kegiatan tetap lainnya minimal 2 tahun 4. Mempunyai rekening simpanan berkartu di Bank BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp3 juta yang akan diblokir selama menjadi agen 5. Memiliki rekening pinjaman di Bank BRI dengan kolektibilitas lancar selama 6 bulan terakhir.

Topik Menarik