Juara Dunia Junior Alwi Farhan Perkuat Indonesia di Piala Thomas 2024

Juara Dunia Junior Alwi Farhan Perkuat Indonesia di Piala Thomas 2024

Olahraga | sindonews | Sabtu, 20 April 2024 - 15:21
share

Juara dunia junior Alwi Farhan mendapat kepercayaan membela Indonesia di Piala Thomas 2024 . Dia bahkan sudah memiliki gambaran jika nantinya dimainkan di partai penentu pada ajang yang akan berlangsung di Chengdu, China pada 27 April - 5 Mei 2024.

Sebagai tunggal putra keempat Indonesia, Alwi secara otomatis akan menjadi tunggal ketiga jika diturunkan di Piala Thomas 2024. Sebab berdasarkan peraturan, penempatan pemain akan ditentukan lewat peringkat per 9 April 2024.

Sejauh ini berdasarkan peringkat tersebut, tunggal pertama Indonesia adalah Anthony Sinisuka Ginting. Sedangkan tunggal putra kedua adalah Jonatan Christie. Sementara Chico Aura Dwi Wardoyo mengisi spot tunggal ketiga.

Namun, perubahan dalam susunan tersebut bisa terjadi. Jika salah dari tiga pemain di atas tersebut tidak diturunkan, maka Alwi akan menggantikannya dan menjadi tunggal ketiga.

Jika order of play menggunakan urutan normal, maka Alwi bisa ditempatkan di partai kelima yang kerap menjadi penentu. Berbicara soal itu, Alwi hanya diminta untuk mempersiapkan diri dengan baik, terutama dari sisi mental.

"Itu belum tahu (bakal diturunkan atau tidak) cuma dari pelatih, dari bang Aboy dan ko Harry pastinya cuma bilang persiapin diri aja," kata Alwi saat ditemui di Pelatnas PBSI.

"Bukan cuma siap ada di tim tapi siap untuk penentuan juga. Instruksi dari pelatih suruh siap kalau diturunkan," lanjut pemain berusia 18 tahun tersebut.

Meski begitu, Alwi juga sudah mencari gambaran tentang lawan-lawannya di tunggal ketiga atau keempat jika diturunkan. Lawan terberat ada di sisi India yang terbilang memiliki tunggal putra merata pada saat ini.

"Kalau lihat dari pemain-pemain Thailand Inggris sama India pastinya sudah ada gambaran siapa yang akan main di tunggal ketiga, itu gambaran aja sih," tutup Alwi.

Topik Menarik