Momen Basarnas Evakuasi Wanita Gempal yang Terjepit Drainase di Palangkaraya

Momen Basarnas Evakuasi Wanita Gempal yang Terjepit Drainase di Palangkaraya

Infografis | sindonews | Sabtu, 20 April 2024 - 11:30
share

Basarnas Palangkaraya melakukan evakuasi seorang wanita bernama Dede yang kaki terperosok ke dalam drainase dan terjepit beton drainase di Jalan Yos Sudarso, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Evakusi setengah jam tersebut berakhir dramatis.

Peristiwa yang terjadi pada Kamis 18 April 2024 itu sangat menegangkan meski evakuasi berakhir lancar. Peristiwa itu bermula saat Dede sedang berjalan menuju sebuah angkringan. Namun, di tengah jalan terperosok.

Tim Basarnas yang menerima informasi langsung segera bertindak cepat dan mendatangi lokasi untuk membantu korban. ”Proses evakuasi tidaklah mudah. Evakuasi hampir setengah jam,” kata Ketua Regu Basarnas Palangkaraya Febriady, Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga: Evakuasi Dramatis, 3 Korban Kebakaran Loncat dari Rumah Kos Lantai 2

Kesulitan evakuasi itu terjadi lantaran kaki wanita tersebut, yang bertubuh gempal, sulit untuk ditarik keluar karena terjepit pada bagian kawat besi cor bangunan drainase. Sementara itu, korban harus menahan rasa sakit dan ketakutan.

Menurut dia, proses evakuasi berlangsung cukup lama karena korban terus menangis akibat menahan sakit kakinya yang masih terjepit beton bangunan. Sehingga pihaknya harus menunda evakuasi beberapa saat.

Untuk mengevakuasi korban dengan aman, petugas terpaksa menggunakan peralatan khusus pemecah beton yang dimiliki oleh Basarnas. Setelah setengah jam berjuang, akhirnya petugas berhasil mengevakuasi kaki korban dan menenangkannya.

Setelah diselamatkan, korban yang mengalami luka lecet di bagian kakinya harus segera mendapatkan pengobatan dari tim medis. Selanjutnya tim medis relawan segera memberikan pertolongan pertama dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Topik Menarik