Skenario Formasi dan Improvisasi Shin Tae-yong di Laga Indonesia U-23 vs Yordania

Skenario Formasi dan Improvisasi Shin Tae-yong di Laga Indonesia U-23 vs Yordania

Olahraga | sindonews | Sabtu, 20 April 2024 - 09:09
share

Lini tengah Timnas Indonesia U-23 dipastikan bakal solid saat menghadapi Yordania U-23 pada laga pemungkas Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Minggu (21/4/2024) pukul 22.30 WIB. Ini berkaitan dengan kehadiran Ivar Jenner.

Saat Timnas Indonesia U-23 merebut kemenangan bersejarah dengan melibas Australia U-23, Ivar Jenner hanya bisa menyaksikannya dari tribun penonton. Ini disebabkan lantaran ia menerima kartu merah usai melanggar pemain Qatar di laga pembuka Grup A.

Jelang menghadapi Yordania U-23, jenderal lapangan tengah itu siap tampil membela Timnas Indonesia U-23. Kehadiran Ivar Jenner tentunya disambut baik Shin Tae-yong mengingat Skuad Garuda Muda sangat membutuhkan kemenangan atau minimal hasil imbang di laga pemungkas itu.

Baca Juga: Jadwal Yordania vs Indonesia U-23: Jangan Berharap Hasil Imbang

"Ivar Jenner dihukum bermain sekali, Ramadhan Sananta dihukum dua kali tidak boleh bermain, itu hasilnya," kata Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI.

Lebih lanjut, Erick menuturkan bahwa surat protes yang dilayangkan PSSI sudah dijawab AFC. "Sudah dijawab sama AFC. Jadi, protes kita ditolak."

Skenario Formasi

Berbicara mengenai skenario formasi yang bakal diterapkan Shin Tae-yong sepertinya tidak jauh berbeda saat Timnas Indonesia U-23 menekuk Australia U-23. Skema formasi 3-4-3 masih menjadi andalan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Hanya saja, Shin tae-yong menghadapi situasi yang sulit dalam menentukan pilihan pemain. Ini berkaitan dengan kehadiran Jenner.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024Saat Jenner absen melawan Australia U-23, Shin Tae-yong melakukan improvisasi dengan memainkan Nathan Tjoe-A-On di luar kebiasaannya, yakni bermain di lini tengah.

Padahal Nathan selama ini dikenal sebagai pemain belakang. Tapi kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong mampu dibayar lunas pemain Swansea City yang kini sedang dipinjamkan ke Heerenveen.

Penampilan Nathan menjaga ritme permainan lini tengah Timnas Indonesia U-23 mendapat kepuasan luar biasa dari penggemar sepak bola di Tanah Air. Sehingga tak aneh jika Jenner bisa diduetkan dengan Nathan di lini tengah.

Posisi Marselino Ferdinan digeser ke sayap kanan menggantikan Fajar Fathur Rahman. Sedangkan Pratama Arhan tetap menjaga wilayah sayap kiri Timnas Indonesia U-23.

Sementara di lini belakang, kemungkinan Shin Tae-yong bakal melakukan perubahan dengan menempatkan. Justin Hubner bisa menggantikan posisi Muhammad Ferrari untuk berduet dengan Rizky Ridho, dan Komang Teguh.

Sementara di posisi depan. Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, dan Rafael Struick tetap menjadi pilihan untuk menggedor pertahanan Yordania U-23.

Skenario Formasi Timnas Indonesia U-23 vs Yordania

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari, Justin Hubner, Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan, Nathan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, dan Rafael Struick

Topik Menarik