10 Obat yang Tidak Boleh Diminum Bersama dengan Kopi

10 Obat yang Tidak Boleh Diminum Bersama dengan Kopi

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 20 April 2024 - 07:00
share

Beberapa jenis obat tidak boleh diminum bersama dengan kopi . Ini karena secangkir kopi dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang Anda minum, dan mengubah seberapa cepat mereka diserap ke dalam aliran darah Anda juga.

Itu berarti bahwa minum kopi pada saat yang sama Anda minum obat dapat memengaruhi seberapa baik mereka bekerja. Pada 2020, sekelompok peneliti meninjau berbagai obat dan bagaimana mereka dipengaruhi oleh kopi.

Hasilnya ditemukan bahwa kopi secara signifikan mempengaruhi penyerapan, distribusi, metabolisme, dan ekskresi banyak obat. Namun, tidak semua obat dipengaruhi oleh minum kopi.

10 Obat yang Tidak Boleh Diminum Bersama dengan Kopi

Berikut daftar obat yang tidak boleh diminum bersamaan dengan kopi dilansir dari Health, Sabtu (20/4/2024).

1. Obat Tiroid

Jika Anda memiliki hipotiroidisme, kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kulit kering, nyeri sendi, rambut rontok, dan menstruasi yang tidak teratur.

Banyak orang diberi resep levothyroxine atau obat tiroid lainnya untuk membantu menyeimbangkan hormon. Studi menunjukkan bahwa minum kopi pada saat yang sama dengan minum obat tiroid dapat mengurangi berapa banyak obat diserap oleh tubuh, membuat obat kurang efektif.

Laporan kasus pasien menunjukkan bahwa kopi bahkan dapat mengurangi penyerapan obat tiroid lebih dari setengahnya.

2. Obat Pilek atau Alergi

Obat untuk pilek atau alergi digunakan oleh jutaan orang, dan sering mengandung stimulan sistem saraf pusat seperti pseudoephedrin. Kopi juga merupakan stimulan, jadi minum obat alergi dengan kopi dapat meningkatkan gejala kegelisahan dan sulit tidur.

Beberapa obat alergi, seperti fexofenadine tidak boleh dikonsumsi bersama kopi. Ini karena dapat merangsang sistem saraf pusat Anda secara berlebihan, meningkatkan gejala kegelisahan.

3. Obat Diabetes

Jika Anda mencampur kopi dengan gula atau susu, itu dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan berdampak pada seberapa baik obat diabetes bekerja. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat memperburuk gejala bagi penderita diabetes.

Menurut studi yang diterbitkan oleh American Diabetes Association, minum apa pun dengan kafein, seperti kopi, dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah. Studi ini kecil, jadi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Namun, para peneliti memperingatkan bahwa minum terlalu banyak kafein dapat membuat lebih sulit untuk mengelola gula darah, dan akhirnya meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

4. Obat Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyebab utama kematian ketujuh di Amerika dan sebagian besar mempengaruhi orang di atas usia 65 tahun. Ini adalah gangguan otak yang mengakibatkan hilangnya fungsi kognitif, membuatnya sulit untuk berpikir, mengingat, atau menjalankan tugas sehari-hari.

Jutaan orang Amerika hidup dengan penyakit alzheimer dan minum obat untuk kondisi tersebut. Obat alzheimer seperti donepezil, rivastigmine, dan galantamine dipengaruhi oleh kafein.

Kafein dalam kopi mengencangkan sawar darah dan dapat mengurangi berapa banyak obat yang masuk ke otak. Obat alzheimer bekerja dengan melindungi neurotransmitter asetilkolin, dan minum kopi dalam jumlah tinggi telah terbukti merusak efek perlindungan itu.

5. Obat Asma

Asma adalah penyakit kronis yang mempengaruhi paru-paru, membuat saluran udara meradang dan teriritasi. Hal ini mengakibatkan kesulitan bernapas, batuk dan mengi, dan perasaan sesak di dada.

Banyak orang dengan asma menggunakan bronkodilator selama flare-up, seperti aminofilin atau teofilin. Bronkodilator bekerja dengan merilekskan saluran udara, membuatnya lebih mudah untuk bernapas, tetapi memiliki efek samping seperti sakit kepala, gelisah, sakit perut, dan lekas marah.

Minum kopi, atau minuman lain yang tinggi kafein, dapat meningkatkan risiko efek samping ini. Kopi juga dapat mengurangi seberapa banyak obat yang diserap dan bermanfaat bagi tubuh.

6. Obat Osteoporosis

Osteoporosis membuat tulang Anda tipis dan rapuh, meningkatkan risiko patah tulang. Jutaan orang menderita osteoporosis dan itu paling sering terjadi pada wanita, terutama wanita yang telah mengalami menopause.

Obat-obatan seperti risedronate atau ibandronate mencegah dan mengobati osteoporosis dan tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi karena membuat obat tersebut kurang efektif.

Disarankan agar minum obat ini sebelum makan atau minum apa pun, dan hanya minum obat dengan air putih. Ini akan memungkinkan tubuh untuk memaksimalkan jumlah penuh obat. Ketika Anda minum kopi dengan jenis obat ini, efektivitasnya dapat dikurangi lebih dari setengahnya.

7. Antidepresan

Antidepresan dapat membantu depresi, gangguan suasana hati yang memengaruhi perasaan dan fungsi Anda. Kopi dapat mempengaruhi bagaimana tubuh menggunakan obat antidepresan.

Beberapa obat, seperti fluvoxamine, amitriptyline, escitalopram, dan imipramine dapat dimetabolisme secara berbeda jika Anda minum kopi pada saat yang sama. Terutama kopi dalam jumlah besar.

Selain itu, kopi dapat mengurangi jumlah obat yang diserap oleh tubuh.

8. Obat Antipsikotik

Obat antipsikotik sangat membantu bagi orang yang hidup dengan skizofrenia, gangguan depresi berat, dan masalah kesehatan mental lainnya. Obat ini bekerja dengan menghambat neurotransmiter tertentu atau memblokir reseptor di otak.

Obat-obatan yang mengobati psikosis meliputi fenotiazin, clozapine, haloperidol, dan olanzapine. Kopi dapat membuat tubuh Anda menyerap lebih sedikit obat-obatan ini daripada biasanya jika Anda menunggu beberapa saat untuk menikmati secangkir kopi.

Studi menunjukkan bahwa banyak dari obat-obatan ini dimetabolisme atau dipecah oleh tubuh secara berbeda dengan adanya kopi. Untuk mendapatkan efek penuh dari obat tersebut, minumlah dengan air alih-alih kopi.

9. Obat Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Ini adalah penyakit yang umum, tetapi diam, karena jarang menunjukkan gejala.

Banyak orang minum obat tekanan darah, seperti verapamil atau propranolol, yang bekerja dengan memperlambat detak jantung Anda. Itu berarti jantung Anda tidak harus bekerja keras untuk memompa darah ke semua sel tubuh.

Namun, minum kopi pada saat yang sama dengan minum obat tekanan darah seperti felodipine dapat menyebabkan lebih sedikit obat yang diserap oleh tubuh. Anda mungkin tidak mendapatkan manfaat penuh dari obat.

10. Melatonin

Melatonin adalah hormon alami yang dibuat tubuh, yang membantu Anda merasa mengantuk di malam hari. Hormon ini dipicu oleh matahari terbenam, memberi sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk beristirahat.

Melatonin juga dijual over-the-counter (OTC) dalam bentuk suplemen, dan digunakan sebagai bantuan tidur. Sebaliknya, kopi bekerja sebagai stimulan, membuat Anda merasa lebih terjaga. Kafein dalam kopi melakukan pekerjaan yang berlawanan dengan melatonin.

Itu bisa membuat Anda lebih waspada dan bisa membuat sulit untuk tertidur. Minum kopi dapat menghambat produksi melatonin dalam tubuh dan membuat hormon menjadi kurang efektif. Jika Anda mengonsumsi melatonin bersamaan dengan minum kopi, mereka bisa saling membatalkan.

Topik Menarik